Pengertian Atau Arti Permalink

Arti Permalink

Apa sih arti permalink atau URL link ini? Terus, apa fungsi permalink ini? Buat yang masih bingung, gue jelasin semua di artikel ini kok. Jika diungkapkan dengan sebuah kata-kata yang kita gunakan sehari-hari, permalink atau url link itu sendiri adalah sebuah format yang berada dibelakang domain kita. Gimana tuh?

Arti Permalink

Arti Kata Permalink

Permalink adalah URL yang menunjuk ke suatu blog atau forum tertentu masuk setelah berlalu dari halaman depan ke arsip. Karena permalink tetap tidak berubah tanpa batas waktu, itu kurang rentan terhadap link membusuk.

Jenis website lain menggunakan istilah link permanen, tetapi istilah permalink yang paling umum dalam dunia blog atau website, permalink adalah kata portmanteau terbuat dari link permanen.

Fungsi Permalink

Kalau sudah paham apa itu permalink, sekarang waktunya mengetahui apa sebenarnya fungsi atau kegunaannya? Fungsi utama sebuah URL permalink adalah memudahkan kalian untuk masuk ke dalam halaman sebuah website. Kalian tidak perlu membuka halaman utama dari website yang sedang kalian kunjungi. Berbeda, kalau kalian menggunakan halaman statis ya.

Fungsi lainnya adalah untuk memudahkan pemilik blog atau website untuk menjalankan optimasi SEO untuk artikel mereka masing-masing. Misalnya, menambahkan kategori, tanggal, judul dll. Sehingga, mesin pencari lebih mudah menemukan artikel yang sudah kalian tulis.

Cara Membuat Permalink SEO Friendly

Untuk hal ini, ada beragam pandangan karena setiap orang memiliki pengetahuan berbeda terkait SEO ya. Kalau gue, sudah dari awal menggunakan urutan seperti namadomain/tahun/bulan/judulpermalink.

Tentu akan berbeda dengan yang lain, biasanya kebanyakan diantara mereka menggunakan format seperti namadomain/kategori/judulpermalink atau bahkan tanpa menggunakan kategori.

Untuk kalian yang menggunakan wordpress, kalian bisa mengubah permalink search yang ada disana. Gimana caranya? Silahkan dibaca saja artikelnya ya biar kalian makin tahu tentang cara mengubah permalink itu sendiri.

Tips Membuat Permalink SEO Friendly

Kalau kalian udah tahu bagaimana membuat agar permalink itu seo friendly, dibawah ini tips agar permalink menjadi seo friendly:

Keep Short and Simple

Agar permalink menjadi seo friendly, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat permalink artikel tersebut menjadi singkat namun tetap mendeskripsikan mengenai konten. 

Bukan hanya singkat dan simple, kalian juga harus memikirkan kata kunci yang ada didalam artikel kalian agar masuk dalam permalink kalian.

Selipkan Kata Kunci

Seperti yang gue bilang diatas tadi, selain simple, permalink juga harus mengandung kata kunci didalamnya. Apabila kalian menuliskan tentang arti kata permalink, kalian bisa masukan dalam permalink kalian dengan dua kata -arti permalink- atau memasukan semuanya dalam permalink tersebut.

Gunakan Huruf Kecil

Pada dasarnya, ketika kalian menggunakan wordpress ketika kalian memasukan judul artikel maka secara otomatis permalink kalian akan menjadi huruf kecil semuanya. Bagaimana dengan blogspot? Gue rasa akan sama hasilnya ketika memasukan judul dan akan menjadi huruf kecil.

Relevan dengan Konten

Menulis prermalink yang relevan dan sesuai dengan isi konten tidak hanya akan menimbulkan efek positif dari segi SEO. Melainkan juga akan meningkatkan kepercayaan pengguna jika artikel tersebut dibagikan via sosial media.

Bagaimana teman-teman? Sampai sini sudah mengerti belum apa itu permalink? Jika belum, coba kalian semuanya langsung menuju ke wikipedia untuk membaca lebih jelas mengenai pengertian permalink disana.

Sekian dulu informasi sederhana saya ini, semoga kalian semua yang mencari informasi tentang permalink dapat bertambah pengetahuannya dalam dunia blog dan untuk yang sudah mengetahui lebih jauh mengenai hal ini. Kalau ada yang ingin ditambahkan, silahkan tulis dikolom komentar ya. Menurut kalian, apa itu arti permalink?

22 Replies to “Pengertian Atau Arti Permalink”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *