Cara Merubah Permalink Search Pada WordPress

Cara Merubah Permalink Search Pada Wordpress

Cara merubah permalink search kali ini untuk blog wordpress. Bagaimana cara melakukan perubah permalink search di wordpress? Ini dia caranya. Pada artikel kali ini kita akan sedikit merubah settingan code pada editor kita dan memasukan sedikit code tambahan. Semoga teman-teman mendapatkan ilmu baru setelah membaca artikel sederhana saya ini.

Cara Merubah Permalink Search Pada WordPress

Cara Merubah Permalink Search Pada WordPress

Apa sih arti permalink ini? Apakah sulit untuk mengubah permalink search? Untuk merubah permalink search di blog wordpress yang kalian kelola, sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya terletak pada pengaturan kode yang berada di editor wordpress yang kita miliki.

Kalau begitu, mari kita lihat bagaimana cara merubah permalink search ini agar teman-teman mendapatkan ilmu baru lagi. Berikut ini cara merubah permalink search pada wordpress:

  • Masuklah kedalam dashboard WordPress teman-teman.
  • Pilih Opsi Appearance lalu kemudian klik Editor.
  • Pilih pada tulisa search ( search.php ) pada bagian sebelah kanan layar teman – teman.
  • Masukan code dibawah ini pada bagian paling atas.

<?php

if($_GET[‘s’]!=”){

$urlredirect = get_settings(‘home’) . ‘/search/’ . str_replace(‘ ‘, ‘+’ ,$_GET[‘s’]) . ”;

header(“HTTP/1.1 301 Moved Permanently”);

header( “Location: $urlredirect” ) ;

} ?>

  • Kemudian teman-teman bisa langsung saved saja code yang telah diubah atau tambahkan tadi.

Efek Merubah Permalink Untuk Blog

Cara ini telah saya praktekan pada blog saya yang lainnya, untuk blog yang ini saya tidak pernah merubah settingan permalink dari yang sudah ada dikarenakan agak terlalu riskan jika digunakan pada blog yang sudah lama. Dibawah ini adalah efek mengganti permalink search untuk blog kalian:

Trafik blog Anjlok

Trafik atau pengunjung blog tentu saja anjlok. Apalagi jika permalink tersebut tidak diredirect ke link yang baru.  Untuk bisa mulai mendapatkan trafik dari permalink baru itu, minimal anda harus menunggu selama 3-5 bulan. Ini adalah waktu standar bagi Google untuk melakukan crawling situs kalian dan mulai memberikan peringkat bagi situs anda bersama permalink baru tersebut.

Peringkat di SERP akan menurun

Meskipun nama blog anda punya ranking di SERP yang cukup baik, tetapi dengan mengganti permalink membuat peringkat SERP blog anda turun. Memang sih, ini tidak mempengaruhi domain authority dan page authority blog anda. Tetapi memiliki dampak yang khusus dan spesifik terhadap peringkat SERPs.

URL lama tidak lagi ditemukan

Karena anda mengganti permalink, maka secara otomatis URL lama blog anda tidak akan lagi ditemukan saat seorang pengguna mengklik link di mesin telusur. Biasanya, kode akan ditandai dengan 404 [Halaman tidak ditemukan/page not found]. Dampaknya tentu saja bagi situs web anda. Sebab bisa saja dianggap situs web anda sudah tidak aktif, sehingga orang-orang bisa saja menghafal nama situs web tersebut.

Link seluruh url akan berubah

Jika anda mengganti permalink, maka seluruh link url anda juga akan ikuti berubah. Pengaruhnya juga termasuk pada laman situs web. Namun, link ini terbatas pada dua hal diatas dan tidak mempengaruhi gambar lama dan juga Navigasi serta nomor halaman postingan. Namun biasanya ini tergantung dari template yang digunakan. Karena template memiliki pengaruh yang signifikan terhadap navigasi dan juga penomoran laman.

Ada potensi duplikat URL

Karena biasanya url menggunakan judul post sebagai kode, maka ada kemungkinan dengan mengganti URL akan terdeteksi sebagai duplikat url. Duplikat ini sebenarnya sangat berbahaya bagi sebuah situs web.

Biasanya karena menargetkan kueri yang sama di domain yang sama. Apalagi jika penggantian url tersebut hanya untuk menambahkan url kostum ditengah link, maka bisa saja akan dianggap oleh Google sebagai duplikat.

Semoga teman-teman semuanya mendapatkan tambahan ilmu baru dalam dunia blogging. Kalau masih ada yang bingung bagaimana melakukan percobaan ini, silahkan kalian tanyakan dikolom komentar, ya. Tapi, pastikan dulu sebelum kalian mengubah permalink, kalian sudah tau apa saja efeknya.

Jadi, sampai disini masih mau merubah permalink untuk blog kalian? Semoga kalian bisa mempertimbangkan apa yang gue berikan disini ya. Kalau ada cara lain untuk mengubah permalink search, boleh dishare ya. Gimana cara merubah permalink search yang kalian lakukan untuk blog wordpress kalian.

5 Replies to “Cara Merubah Permalink Search Pada WordPress”

  1. salam kenal gan ikut gabung dari tetangga anak purworejo lagi di jakarta mampir gan di blog saya barang kali bermanfaat artikel blog saya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini