Cara Install Driver Secara Manual

Cara install driver secara manual ini masih banyak yang belum tahu. Kali ini, gue akan kasih caranya dengan mudah dan tentunya lengkap.


Cara install driver secara manual ini masih banyak yang belum tahu. Kali ini, gue akan kasih caranya dengan mudah dan tentunya lengkap. Buat yang belum tahu, beberapa waktu yang lalu gue sudah membuatkan artikel bagaimana cara install driver motherboard. Kali ini, gue akan bahas yang lebih general yaitu instalasi driver.

Install driver secara manual sebenarnya gampang – gampang susah, tergantung dari ketelitian kita dalam membaca tutorial atau tips yang akan saya berikan ini. Jika teman-teman semua teliti membaca artikel ini, teman-teman semua pasti bisa melakukannya.

Apa Itu Driver Komputer

Driver komputer adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer, agar setiap perangkat keras yang terpasang bisa berinteraksi dengan Sistem Operasi ,aplikasi dan berinteraksi dengan perangkat yang lain.

Cara Install Driver Secara Manual

Cara Install Driver Secara Manual

Baca Juga  Cara Menukarkan LINE POINT menjadi LINE COIN

Berikut ini adalah langkah untuk melakukan instalasi driver dengan cara yang manual.

  • Buka Properties Komputer. Kalau di Windows XP, klik kanan My Computer dan pilih Properties. Kalau di Windows 7, klil tombol Start, Pilih Computer, klik kanan dan pilih Properties.
  • Selanjutnya, klik tombol Device Manager.
  • Klik kanan salah satu device yang drivernya belum teinstall dengan sempurna dan lanjutkan dengan memilih Update Driver.
  • Pada bagian Welcome to the Hardware Update Wizard, pilih Yes this time only dan lanjutkan dengan klik tombol Next.
  • Selanjutnya, pilih Install from list or specific location (Advanced) yang diikuti dengan klik tombol Next.
  • Pada bagian Please choose your search and installation options, klik tombol Browse dan pilih di mana lokasi di mana anda menyimpan file driver.
  • Setelah lokasi file driver sudah ketemu, lanjukan dengan klik tombol OK yang diikuti dengan tombol Next. Pastikan anda sudah memilih folder yang tepat sebelum melanjutkan proses install driver.
  • Tunggu sampai proses selesai dan terakhir klik tombol Finish.
  • Jika komputer/notebook anda meminta restart, ikuti saja prosesnya agar keseluruhan proses update bsia berjalan dengan maksimal.

Bagaimana? Ada yang terlewat? Kalau tidak terlewat, maka kalian akan dengan mudah melakukan instalasi driver yang kalian butuhkan. Semoga teman-teman semua dapat terbantu dan tidak bingung lagi untuk melakukan instalasi driver komputer kalian, ya. Punya cara lain? Boleh share yuk, gimana kalian melakukan cara install driver secara manual.

Baca Juga  Cara Upgrade Blackberry OS

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Install Driver Secara Manual

Waktu Untuk Membaca 1 min
1