Mengenal Laser Keyboard dan Bagaimana Cara Kerjanya

Mengenal Laser Keyboard dan Bagaimana Cara Kerjanya

Keberadaan laser keyboard atau papan ketik diawali dengan penemuan punched card reader sebagai alat input dan output pada komputer ENIAC di tahun 1946. Semakin lama perangkat input komputer ini mengalami banyak sekali perkembangan. Dan saat ini sudah semakin banyak sekali variasi bentuk keyboard. Salah satunya adalah laser keyboard.

Pengenalan Keyboard Laser

Salah satu perangkat praktis yang mudah dibawa kemanapun Anda pergi dan bisa digunakan untuk berbagai perangkat komputer atau gadget. Perlu Anda ketahui bahwa laser keyboard ini adalah papan ketik berbentuk non-fisik. Keyboard yang satu ini merupakan terobosan baru dalam teknologi proyeksi. Papan ketik bisa ditampilkan di atas alas yang permukaannya datar, seperti meja misalnya.

Syaratnya Anda tidak boleh menggunakan alas yang reflektif atau bersifat memantulkan sinar. Paslanya sinar laser pasti akan memantul ke permukaan lain yang tidak memantulkan sinar. Sinar yang keluar perangkat ini akan membentuk seperti keyboard sungguhan. Sehingga nantinya yang Anda tekan bukanlah tombol fisik, melainkan seperti tombol virtual.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan keyboard laser ini. Selain praktis, perangkat yang terintegrasi dengan keyboard ini juga banyak. Mulai dari PC, laptop, HP, smartphone, PDA, tablet PC, dan sebagainya. Intinya, keyboard ini support untuk perangkat yang memiliki port USB, Bluetooth dan WiFi.

Kelebihan Laser Keyboard

Mengenal Laser Keyboard dan Bagaimana Cara Kerjanya

Selain bisa digunakan pada berbagai perangkat, ada beberapa kelebihan lain dari keyboard ini. Diantaranya adalah anti air, anti shock, anti api, dan sebagainya. Keyboard ini menerapkan teknologi laser beam, sehingga sinar yang dikeluarkan bisa menampilkan bentuk keyboard secara sempurna dan bisa langsung ditekan seperti layar sentuh. Pada dasarnya keyboard virtual seperti ini sangat cocok digunakan untuk keperluan luar angkasa.

Cara Kerja Keyboard Laser

Lalu bagiamana cara kerja keyboard laser? Seperti yang tadi sudah saya jelaskan. Sinar laser yang dipancarkan dari perangkat pemancarnya akan menampilkan bentuk keyboard seperti pada umumnya. Bias sinar inframerah ini transparan dan akan diproyeksikan menjadi tampilan virtual atau nonfisik. Jika tombol pada keyboard tersebut disentuh, maka akan menghasilkan key-stroke.

Ketika jari Anda menekan salah satu tombol, maka akan terjadi pertemuan antara sinar infra merah dan pancaran. Kemudian hal tersebut akan menimbulkan refleksi langsung ke perangkat proyektor. Refleksi tersebut kemudian akan menuju ke kamera. Kamera yang mendapatkan gambaran sesuai dengan refleksi infra merah akan menerjemahkan dalam bentuk koordinat.

Selanjutnya koordinat akan diterima oleh perangkat yang terhubung dengan keyboard tersebut, kemudian terciptalah karakter di layar sesuai dengan tombol yang ditekan tadi. Canggih sekali bukan cara kerja keyboard laser ini?

Harga Keyboard Laser

Harga keyboard laser ini memang cukup mahal, yakni mulai dari Rp 600 ribu-an per unitnya. Tetapi, dengan melihat kelebihan keyboard yang kalian dapatkan ini, saya rasa cukup sebanding dengan harga laser keyboard yang ditawarkan. Untuk mendapatkan keyboard ini kalian bisa mengunjungi toko komputer kesayangan kalian.

Sekian dulu sekilas info dari saya. Selamat mencoba laser keyboard dan semoga bermanfaat.