Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11 Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Review Penggunaan iPhone 11

Seperti kita ketahui, iPhone 11 sendiri dikeluarkan oleh Apple pada tahun 2018 atau 2019. Menggunakan chipset bionic A13, iPhone seri ini menjadi yang terlaris pada masanya. Bagiamana dengan baterai 3.110 mAh dan RAM sebesar 4 GB yang tertanam? Masih layak untuk digunakan pada tahun ini kah?

Review Penggunaan iPhone 11

Sebenarnya, bagi penggunakan iPhone seri lama seperti iPhone 7+ yang gue gunakan pertama kali atau seri dibawahnya. Penggunaan RAM pada iPhone sendiri tidak menjadi pertimbangan saat hendak membelinya.

Kelebihan Menggunakan iPhone 11 Sehari-hari

Kelebihan Menggunakan iPhone 11

Bagaimana pengalaman gue menggunakan iPhone ini selama beberapa bulan terakhir? Berikut ini beberapa kelebihan atau keunggulan iPhone 11 yang gue rasakan selama menggunakan iPhone ini sebagai daily driver gue.

Baterai 3.110 mAh iPhone 11 Cukup Awet

Salah satu kelebihan yang gue rasakan ketika menggunakan iPhone ini adalah daya tahan baterainya. Meskipun memiliki kapasitas 3.110 mAh, untuk pecinta game smartphone gue merasakan cukup awet.

Ini dibuktikan ketika gue menggunakan iPhone ini untuk bermain Mobile Legends selama 1 setengah jam, kapasitas baterai 100% hanya berkurang menjadi 85% saja. Setelahnya, masih dapat bertahan selama 1 hari.

Gue sempat mencoba menggunakan iPhone ini hanya untuk kebutuhan media sosial yang gue miliki. Membuka facebook, twitter, instagram bahkan YouTube sekalipun gue baterai 3.110 mAh dengan dukungan RAM 4 GB ini dapat bertahan 1 hari setengah.

Selesai melakukan pengisian daya jam 9 pagi, gue bisa melakukan pengisian ulang pada jam 12 atau 1 siang hari setelahnya. Cukup awet bukan baterai yang memiliki kapasitas cukup kecil ini, 3.110 mAh saja :)

iPhone 11 Menggunakan Bionic A13 Yang Cepat

Kemudian, kelebihan iPhone 11 berikutnya yang gue rasakan adalah kecepatan chipset bionic A13 yang digunakan pada smartphone yang satu ini. Karena, salah satu keunggulan chipset bionic A13 itu adalah mengenai efisiensi daya.

Prosesor ini bisa mengubah bagian tertentu dalam inti chip untuk beberapa tugas spesifik. Hal ini bisa dicapai dengan menggunakan ratusan domain voltase agar sekali lagi, efisiensi daya bisa tercapai.

Selain efisiensi daya, kekuatan AI yang digunakan pada chipset ini cukup canggih. Secara keseluruhan, prosesor ini memiliki kontrol pembelajaran mesin yang memungkinkan model pembelajaran mesin dapat terjadwal di seluruh prosesor, kartu grafis, dan juga Neural Engine yang merupakan otak AI.

Desain iPhone 11 Cukup Gagah dan Tahan Air

Keunggulan iPhone 11 berikutnya menurut gue pribadi yaitu dari sisi desain dan kekuatannya terhadap air. Bentuknya yang tidak terlalu melengkung dan tidak terlalu kotak ini, cocok digunakan untuk kalian yang ingin tampil elegan.

Bukan hanya itu, gue sempat merasakan panik ketika iPhone yang gue gunakan terkena cipratan air hujan yang cukup banyak dan beruntungnya tidak mengalami kerusakan atau error saat gue mengeringkannya.

Ternyata, setelah mencari informasi terkait hal ini. Keunggulan iPhone 11 sendiri memang sudah mengantongi sertifikasi anti air IP68, yang mampu berada dalam air sedalam 2 meter selama 30 menit. Pantesan aja gak mengalami hal aneh ketika hanya terkena cipratan air hujan meskipun cukup deras.

Kekurangan iPhone 11 Yang Gue Alami

Kekurangan iPhone 11

Setelah tahu kelebihannya, gue rasa kalian juga harus tahu apa saja kekurangan iPhone 11 yang menurut gue masih cukup mengganggu saat digunakan. Beberapa kekurangannya, seperti dibawah ini:

Ukuran Notch Terlau Besar

Betul, kekurangan terbesar yang gue rasakan pada iPhone 11 ini sendiri ada pada bagian notch yang sejajar dengan kamera depannya. Sebenarnya, bagi sebagian orang mengenai keberadaan notch sendiri tidak masalah.

Tetapi, ukuran yang terlalu besar cukup menggangu pemandangan. Dengan harga yang terbilang cukup tinggi, beberapa smartphone android sudah menawarkan tanpa poni atau notch ini.

Selain masalah poni, kekurangan lain dari Apple iPhone 11 adalah bezel layarnya yang masih tergolong tebal. Untuk ukuran HP kelas atas, tentu sebaiknya iPhone memiliki bezel yang tergolong tipis. Dengan bezel yang tipis, membuat desain HP ini bisa sempurna dan lebih menarik.

Charger Bawaan Hanya Sebesar 5 Watt

Masalah kedua ada pada adaptor pengisian daya bawaannya. Dengan kapasitas baterai 3.110 mAh, menggunakan charger sebesar 5 watt tentu akan memakan waktu yang terbilang cukup lama untuk melakukan pengisian daya.

Gue sendiri sempat menghitung waktu saat menggunakannya dari kapasitas baterai 20%. Agar baterai terisi penuh 100%, memerlukan waktu sekitar 4-5 jam. Terbilang cukup lama dibandingkan dengan yang lainnya.

Layar iPhone 11 Bukan OLED dan Tidak HDR

Penggunaan layar IPS LCD sebenarnya bukan masalah karena layar HP ini tergolong bagus. Selain tidak mendukung OLED, smartphone ini ternyata tidak mendukung layar HDR. Untuk kelas harganya, tentu akan lebih baik jika layar HP ini sudah mendukung HDR.

Dari kelebihan dan kekurangan iPhone 11 yang gue jabarkan diatas berdasarkan pengalaman yang gue rasakan sendiri. Kira-kira, kalian masih ingin menggunakan smartphone ini? Tulis pendapat kalian dikomentar yuk. Selain iPhone 11, kalian ingin menggunakan smartphone apa di tahun ini?