Memperbaiki Link Yang Rusak Atau Broken Link di Worpdress

Memperbaiki Link Yang Rusak

Memperbaiki Link Yang Rusak atau kalian biasa menyebutnya broken link mungkin merepotkan. Bagiamana caranya memperbaikinya? Baca disini. Mungkin, ada beberapa website atau blog yang linknya sudah mati, atau lain sebagainya. Gimana sih cara memperbaiki link yang rusak atau broken link di worpdress biar ga terlalu repot cek satu per satu? Lihat sendiri caranya dibawah ya!

Cara Memperbaiki Link Yang Rusak

Sebenarnya, mengapa kita harus memperbaiki link yang rusak ini? Karena, ada beberapa hal yang akan menyebabkan blog atau website kalian dipandang kurang bagus oleh mesin pencari google dan juga untuk optimasi artikel kalian. Selain itu? Ini beberapa dampaknya buat blog atau website kalian.

Dampak Negatif Link Yang Rusak

Memiliki satu atau dua broken link mungkin tidak akan berpengaruh banyak pada sebuah situs kecuali link mati tersebut berada pada pos atau laman yang paling populer di blog kamu. Namun satu atau dua broken link tersebut bisa berakibat fatal bila terjadi pada link afiliasi yang kamu gunakan karena konversi yang seharusnya terjadi menjadi gagal akibat link yang tidak dapat diakses.

Menurut saya sendiri, satu dampak negatif yang paling utama dengan adanya link mati berkaitan dengan user experience. Bukankah kita juga akan kecewa ketika informasi yang ingin kita dapat pada sebuah link ternyata tidak dapat diakses? Dan bila hal ini terjadi pada pengunjung baru, menyuguhkan mereka dengan broken link bukanlah cara yang tepat untuk memperkenalkan situs kamu.

Plugin Untuk Memperbaiki Link Yang Rusak

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mencari broken link pada sebuah website mulai dari melalui google search console hingga menggunakan tools online. Namun bila kamu menggunakan wordpress, plugin Broken Link Checker adalah alternatif bagus untuk mencari sekaligus memperbaiki link mati yang ada pada situs kamu.

Plugin ini khusus dibuat untuk memeriksa status tautan dan melaporkannya bila ada link mati/rusak yang ditemukan. Hal ini dilakukan dengan memantau semua link yang ada pada blog dan mengeceknya satu-persatu untuk melihat apakah sebuah link bekerja dengan baik atau tidak.

Plugin ini sendiri bersifat open source sehingga kamu dapat menggunakannya secara cuma-cuma, tapi meski gratis, plugin ini memiliki banyak kelebihan dibanding sekedar memeriksa link mati dan melapokannya saja. Beberapa fitur yang ada pada plugin ini antara lain:

  • Memantau link yang ada pada pos, laman, komentar, blogroll, dan custom fields.
  • Mendeteksi link yang rusak, gambar yang tidak ditemukan dan pengalihan link (redirect).
  • Notifikasi melalui dasbor WordPress atau via email.
  • Membuat tampilan broken link tampil beda dengan link normal lainnya.
  • Mencegah bot mesin pencari untuk mengindeks broken link.
  • Mencari dan menyaring link berdasarkan URL, anchor text dll.
  • Mengubah link langsung dari panel plugin sehingga kamu tidak perlu mengeditnya secara manual di masing-masing pos.

Setelah kamu mengetahui fitur-fitur yang ada pada plugin tersebut, saatnya memerksa broken link pada blog atau website wordpress. Silahkan dihapus atau dihilangkan dari website atau blog wordpress kalian ya, sob. Ada yang punya cara lain untuk memperbaiki link yang rusak ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini