Membuat Halaman Penulis Tamu Dengan Mudah

Membuat Halaman Penulis Tamu

Membuat halaman penulis tamu memang mudah untuk kalian pengguna wordpress. Berikut langkah mudah untuk membuat halaman ini. Artikel ini untuk kalian yang menggunakan wordpress, untuk yang menggunakan blogspot akan gue kasih di artikel yang berbeda ya. Langkah yang ada disini sudah gue praktikan, tapi ada kekurangannya. Nanti gue jelaskan lebih lanjut.

Guest post wordpress plugins, itu yang gue saat ingin membuat halaman penulis tamu disini. Akhirnya, gue menemunkan plugins yang sesuai dengan keinginan gue namanya user submitted posts yang bisa digunakan secara gratis. Tapi, setelah gue coba menggunakannya ternyata ada kelemahannya yang menurut gue pribadi sih cukup enggan menggunakannya.

Langkah Membuat Halaman Penulis Tamu

Sebelum menjelaskan kekurangannya, gue kasih tahu dulu langkah membuat halaman guest post ini menggunakan plugins tersebut.

Install dan aktifkan plugins user submitted posts

Sesuai dengan namanya, plugins ini memungkinkan para pembaca blog kalian untuk menulis di blog yang mereka baca. Proses instalasi memang cukup cepat, karena plugins ini memang tidak terlalu besar ukurannya. Setelah melakukan instalasi, silahkan kalian aktifkan plugins tersebut yang nantinya kalian akan melihat halaman seperti dibawah ini.

Plugins User Submitted Post WordPress

Mengatur Plugin User Submitted Post

Setelah kalian melihat seperti diatas, bagian mana untuk melakukan pengaturannya? Kalian bisa klik plugin settings, yang nantinya beberapa pengaturan akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Pengaturan User Submitted Post

Selain itu, kalian bisa mengatur beberapa pengaturan sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Apakah menggunakan file css menyesuaikan dengan templates saat ini, ataupun kalian ingin menggunakan css lainnya agar lebih enak dilihat.

Menampilkan Halaman Penulis Tamu

Setelah pengaturan selesai, waktunya kalian menentukan dimana ingin tampilnya halaman penulis tamu tersebut. Gue pribadi, membuat 1 halaman khusus untuk penulis tamu. (Untuk saat ini saya lepas karena ada beberapa kekurangan, nanti saya jelaskan). Bagaimana cara menampilkannya, kalian bisa lihat bagian bawah plugin ini, seperti gambar berikut.

Menampilkan Halaman Penulis Tamu

Kalau kalian melihat kebagian bawah lagi, plugin ini memberikan contoh penggunaannya untuk kalian. Silahkan kalian lihat sendiri aja gimana, ya. Kalau sudah terlihat, tinggal kalian tempelkan shortcode yang mereka berikan di halaman yang ingin kalian munculkan dimana penulis tamu bisa menulis untuk blog kalian.

Aktifkan Pengaturan Registrasi Pengunjung

Setelah semua terpasang, barulah kalian aktifkan registrasti untuk siapapun yang ingin menulis disini. Kalian bisa ke bagian pengaturan (setting), kemudian umum (general). Ceklis pada bagian siapapun bisa mendaftar kemudian pilih kontributor (contributor) sebagai perannya. Kalau bingung, lihat gambar dibawah aja.

Registrasi Blog

Setelah diaktifkan, kalian tinggal melihat halamannya sudah sesuai dengan yang kalian inginkan atau tidak. Kurang lebih tampilannya akan seperti dibawah ini, tapi semua tergantung pengaturan kalian diawal seperti apa ya.

Tampilan Halaman Penulis Tamu

Selesai sudah kalian bisa membuat halaman penulis tamu dengan mudah dengan langkah-langkah diatas. Pertanyaannya, kenapa gue gak menggunakan fitur ini? Seperti diawal gue bilang, ada kelemahan yang membuat gue tidak begitu nyaman dengan guest post wordpress plugin ini. Sekarang gue kasih beberapa kelemahannya, ya.

Kelemahan Plugin Halaman Tamu

Sebenarnya, hanya 1 kelemahan ketika menggunakan plugin ini. Tapi, dari 1 kelemahan inilah yang menurut gue daleman blog wordpress kalian bisa diketahui. Betul, ketika seseorang mendaftarkan dirinya ke dalam blog kalian, mereka akan punya akses untuk melihat beberapa bagian yang ada didalamnya.

Sudah gue coba dengan akun gue yang lain, dimana beberapa pengaturan akan terlihat, berapa jumlah artikel yang ada didalam blog ini, apa yang sudah kita tulis untuk blog ini, dan lain sebagainya. Sejujurnya, hal tersebut membuat gue tidak nyaman ketika menggunakan plugin ini. Diluar itu?

Sudah cukup bagus dan mudah untuk menggunakan plugin user submitted post ini sendiri. Awalnya, gue mengira pengguna yang berkunjung ke halaman yang gue buat tidak perlu mendaftar. Setelah tahu harus mendaftarkan diri, gue urungkan niat gue untuk menggunakannya. Karena gue tau, ketika ada proses upload atau mengunggah suatu file bisa saja terjadi hal yang tidak kita inginkan :)

Kesimpulan

Sebagai penutup, gue tidak bisa melarang kalian untuk menggunakan plugin ini. Tapi, untuk gue pribadi cukup tahu saja bagaimana plugins ini bekerja. Pun kalau kalian ingin menggunakannya, gue tidak bisa bilang tidak. Karena semuanya tergantung kalian yang menggunakan. Use with your own risk, begitulah gue bisa sebut. 

Sekarang, gue masih mencari plugin yang cocok untuk ini. Ada yang punya saran buat gue gak, kira-kira pakai plugin apa untuk membuat halaman penulis tamu?

4 Replies to “Membuat Halaman Penulis Tamu Dengan Mudah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *