Authority Domain: Penilaian Sebuah Website Dari Sebuah Alat

Authority domain atau biasa yang dikenal dengan sebutan dengan domain authority merupakan sebuah hasil penilaian terhadai suatu domain yang ada di internet. Cukup banyak alat untuk melakukan pengecekan terhadap hal ini. Mulai dari moz, sampai dengan SEMRush. Kalian bisa baca lebih detail terkait hal ini di artikel lama gue disini.

Akhir-akhir ini mulai ramai lagi dengan pembahasan terkait tingkat kepercayaan terhadap sebuah domain ini. Banyak yang percaya hal tersebut berguna untuk menaikkan traffic website karena domain bisa lebih mudah bersain di SERP dengan kata kunci tersebut. Tapi, ada juga yang biasa saja dengan hal ini.

Kenapa Harus Domain Authority?

Pertanyaan ini pasti ada didalam pikiran kalian, begitu juga dengan gue. Emang, sekarang blog aldyputra.net ini angkanya berapa sih?

Domain Authority aldyputra

Bisa dilihat bukan, untuk blog ini hanya memiliki angka 21. Apa artinya ini? Silahkan kalian tanyakan pada yang lain saja, jangan gue yang menjawab. Cukup banyak juga teman-teman disana menghabiskan waktu untuk meningkatkan domain authority ini. Karena seperti diawal, banyak yang beranggapan domain tersebut akan bagus saat hasil pencarian dengan kata kunci tersebut.

Untuk kalian yang mau menaikan domain authority, saran gue ikutan kelasnya mas Irwin buat meningkatkan domain authority ini, disini. Beliau akan mengajarkan beberapa teknik yang bisa dipraktikan. Meskpun, kalian bisa mencari tahu sendiri apa saja caranya. Tapi, ah saran gue kalian ikutan saja deh.

Selain Domain Authority Ada Apa Saja?

Pertanyaannya, emang ada apa saja parameter authority domain ini selain yang diberikan oleh moz? Ada beberapa yang cukup dikenal, misalnya saja domain rating yang dikeluarkan oleh ahrefs dan juga SEMRush authority score. Kalau penasaran sama domain rating gue, lihat dibawah dulu aja.

Domain Rating aldyputra

Kecil ya? Terbilang cukup kecil untuk skala 1 sampai 100. Itu berarti? Biarkan kalian yang menilai dengan sendirinya apa artinya ini. Bagaimana dengan authority score yang dikeluarkan oleh SEMRush buat blog gue?

Authority Score aldyputra

Terbilang paling tinggi diantara ketiga authority domain tools yang ada bukan? Artinya apa? Silahkan tentukan sendiri menurut kalian bagaimana untuk blog ini ya. Gue gak mau menilai blog gue bagus, ataupun jelek.

Terus, Mana Yang Harus Diikuti?

Semua tergantung kalian, tergantung ilmu yang kalian miliki. Kenapa? Karena beberapa orang akan memiliki argumentasinya sendiri mengenai hal ini. Untuk saat ini, yang masih masuk akan buat gue adalah… Entahlah, gue gak bisa bilang ke kalian.

Coba kalian lihat lagi artikel gue mengenai cara optimasi seo yang beberapa waktu lalu gue buat. Terlihat ada yang membuat bingung disana, ketika authority domain kalian tidak sampai 10 justru bisa mendapatkan featured snippet dari google. 

Ingat, mereka hanyalah alat yang memiliki algoritma perhitungannya sendiri. Meskipun begitu, kalian bisa melakuka riset terhadap hal itu dan balik lagi, tentukan sebuah patokan yang kalian inginkan. Apakah menggunakan authority domain dari MOZ, Ahrefs atau SEMRush?

Emang Gunanya Apa Sih Authority Domain?

Kalau ditanya gunanya apa, ini jawaban menurut gue sendiri nih ya. Ada berbeda keperluan antara mereka yang ingin mendapatkan authority yang besar. Ada yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan dari agency untuk melakukan content placement dan job review, ada juga yang memang peruntukannya bersaing mencari pengunjung dari optimasi SEO.

Pada dasarnya, ketiga tools diatas hanyalah sebuah paramater sebagus apa domain kalian direkomendasikan oleh domain lain, yang nantinya akan berujung seberapa bagus pada hasil mesin pencari. Gue bukan orang yang terlalu terpaku pada hal ini, terkadang gue juga masih memikirkan itu kok untuk keperluan gue sendiri.

Sebenarnya, hal ini saling berkaitan satu sama lain. Kalian melakukan optimasi mendapatkan authority domain – hasilnya bagus – menang bertarung di SERP – traffic melimpah – blog kalian termonetisasi dengan baik. Intinya kan itu? Hanya saja, beda cara untuk mendapatkannya. Ada yang ingin meningkatkannya terlebih dahulu, ada yang terfokus pada konten yang bagus.

Saran Buat Melakukan Hal Ini Gimana?

Balik lagi, kalau gue diberikan saran untuk kalian. Tentu, gunakan ilmu dan pikiran kalian untuk memilih ingin menggunakan yang mana. Zaman sekarang kalian bisa bertanya dimanapun, berbeda dengan zaman dahulu kala gue memulai dunia blog ini.

Sekarang kalian bisa belajar kepada yang lebih ahli, bahkan sampai saat ini gue juga masih belajar untuk mengejar ketertinggalan dunia SEO kok. Malu? Buat apa malu, toh ilmu SEO akan terpakai sampai kapanpun. Investasinya mahal? Kalau murah, semua orang pasti udah bisa melakukan hal ini.

Ingat, banyak faktor untuk mendapatkan authority domain yang bagus, banyak faktor juga untuk mempelajari sebuah konten dan banyak juga faktornya untuk mempelajari masalah SEO itu sendiri. Tidak ada hal yang mudah untuk mengerjakannya, karena semua membutuhkan proses.

Bagaimana dengan kalian? Apa sih pandangan kalian terhadap hal ini? Share dong dikolom komentar tentang authority domain ini.

8 Replies to “Authority Domain: Penilaian Sebuah Website Dari Sebuah Alat”

  1. Yang paling penting bagi saya goal blog saya apakah tercapai atau enggak. Saya fokus disitu.

    Saya ngejar nilai DA buat blog saya karena salah satu goalnya dapat penghasilan sampingan dari job. Blog yang satunya lagi nggak ngejar DA karena goalnya lain lagi.

    Ngejar DA demi job pun saya nggak fokus-fokus amat. Cuma terapin SEO dan DA naik sendiri. Terutama pas habis dapat backlink yang bagus DA bisa naik 1 hingga beberapa poin. Saya lebih fokus ke SEO karena pemberi job biasanya makai DA buat filter di awal doang, selanjutnya mereka tetap ngecek trafik, kualitas konten, dll.

  2. Dulu ngejar PA/DA karena nyari job dari blog. Soalnya pernah “bertahan hidup” dari blog juga. Sekarang blog daku udah jarang update. Bukannya melupakan, tapi sulit menulis kalau dikejar deadline coding. Hehehehe.

    Btw, DA ku 30 versi ahrefs. :D

  3. Dulu ngeblog ya asal nulis aja. Sekarang harus mengurus SEO yang ternyata sulitnya luar biasa. Tapi aku jadi senang karena bisa belajar lagi. 😁✌

  4. Saya sampai sekarang masih tidak bisa menerapkan SEO, atau ngejar DA, sadar diri karena konten blog saya juga tidak memberi informasi yang penting bagi pembaca, yang biasanya ngeklik gugel untuk membantu permasalahannya. opini pribadi ttg hal remeh, siapa coba yg mau mencari.

    makanya, prihal DA blog, saya nggak tahu nasibnya. kadang naik, kadang anjlok, dan saya nggak tahu juga itu mau digimanain. pernah ikut saran temen untuk naikin DA dan baca cara-caranya, nggak ada pengaruhnya. yaudahlah. mungkin kalo konten saya berupa tutorial, bakal lebih mudah mengikuti cara menaikkan DA seperti saran bloger senior yg bertebaran.

    1. Balik lagi sih emang, tergantung keperluan blognya seperti apa. Ditambah, ingin dikenal sebagai apa atau siapa blog tersebut :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *