9 Tahun Menggunakan WordPress Self Hosted

WordPress self hosted akhirnya gue pilih ketika memulai blog ini 9 tahun yang lalu. Membuat blog wordpress tentu banyak yang dipikirkan. Mulai dari kemudaha, keamanan, kenyamanan sampai seberapa fleksible ketika ingin melakukan sebuah perubahan. Bulan Maret 2011 tepatnya, blog aldyputra.net ini berdiri sampai sekarang.

Gak banyak perubahan, gue hanya mengganti beberapa kali untuk template blog ini karena emang gue males aja gitu ngelakuin pengaturan dari awal lagi. Setup google analytics, menyesuaikan widget dan lain sebagainya. Emang sih, membuat blog itu mudah buat beberapa orang. Tapi, buat gue ya ribet aja gitu mindahin ini-itu kalau pakai template yang baru.

Wordpress Self Hosted

Artikel pertama gue cukup mengejutkan ya? Gue sendiri aja kaget kok ngelihat artikel ini. Seinget gue, ini ketika gue masih jadi programmer deh. Maklum, waktu itu lagi baru banget belajar buat nulis dan apa yang gue tahu saat ini ya gue tulis aja tanpa mikirin apa itu SEO, pengunjung blog, dan lainnya. Sebenarnya sih, gue udah mulai dari 2008/2009-an. Tapi, bukan buat blog ini.

Jangan tanya tulisan gue pada waktu itu seperti apa deh, memalukan. Udah kaya orang bener gue ngetik itu, bahkan gue gak tahu ketika gue nulis artikel itu ilmunya sampai atau enggak ke pembaca artikelnya. Malu sendiri gue, haha. Oh iya, gue pernah loh ngetik artikel yang menurut gue absurd banget. Lihat sendiri aja nih gue nulis apaan.

Menggunakan WordPress Self Hosted

Kurang random apa gue nulis tentang masuk angin? Tapi, seiring berjalannya waktu gue mendapatkan teman-teman yang baik kaya kalian. Iya, kalian yang baca artikel ini. Mulai dapat ilmu bagaimana menulis itu, bagaimana menggunakan SEO, gimana cara dapat uang dari blog yang gue kelola ini, pokoknya banyak lah. Sampai dimana masanya kontes SEO lagi marak, dan gue mencoba ikutan.

Kalau gak salah, waktu itu ada kontes blog yang diadakan sama bloggerjoga. Kata kunci yang dilombakan waktu itu adalah blogger jogja berhati nyaman, tahun 2011. Mendapatkan peruntungan saat lomba? Lucunya, gue yang baru belajar malah dapat juara 2 waktu itu. Gue aja gak nyangka, bisa menang lomba itu.

Menang Lomba SEO

Baca Juga  Launching Mobil Baru Toyota Etios Valco

Karena gue gak dateng pas saat kopdar mereka, seperti disebutkan di artikel diatas ya gue harus rela tidak mendapatkan hadiah. Tapi, gak masalah sih karena emang gue ikutan cuma mau mempraktikan ilmu yang gue dapat. Jadi, bukan cuma teori yang gue pelajari. Gue langsung terapkan di artikel yang dilombakan. Ah, menarik memang masa-masa itu.

Gak lama berselang, kalau gak salah ada acara yang diadakan sama kantor gue waktu itu. Mungkin kalian masih ingat sama acara blogilicious? Nah, itu adalah masa dimana gue mulai lebih menggali ilmu lagi dan mendapatkan banyak teman. Diluar sana, gue mencoba peruntungan dengan mencari teman baru untuk dapat ilmu baru tentunya. Apa yang gue hasilkan dari sana? KENAL BANYAK TEMAN DARI DAERAH LAIN!

2012 sampai 2015, mungkin 2016 awal gue merasakan begitu indah dunia blog. Bukan hanya perkara menulis saja, tapi saat kopdar juga menyenangkan. Bertemu, berbincang dan saling bertukar ilmu tanpa memegang smartphone yang digunakan. Banyak banget ilmu disana yang gue dapatkan. Teman ngeblog serasa keluarga, bertemu didunia maya saling sapa, saat bertemu tatap muka saling tertawa.

Saat itu juga, gue sempet bikin kanal khusus buat menuliskan pendapat gue tentang blog teman-teman yang gue kenal. #DariMataGue sempat berjalan, tapi berujung gue meninggalkannya. Entah gara-gara apa, kalau gak salah gue ingat sih karena pekerjaan mulai menuntut waktu yang lebih dibandingkan menulis blog :)

Event Asus

Acara blogger terakhir yang cukup besar gue ikuti kalau gak salah event ASUS Zenvolution ini deh. Kalau gak salah, ya. Tapi, ketika gue datang auranya memang bukan seperti kopdar blogger yang gue adakan. Beda banget, malah. Tapi, beberapa blogger yang gue kenal sejak lama  masih seperti biasa kelakuannya. Selesai acara atau ada waktu kosong, bikin kopdar sendiri. Jadi, ada kopdar didalam kopdar. Haha.. Setelah acara itu, gue udah mulai berhenti datang ke acara. Nulis seperti biasa, karena banyak teman-teman yang sudah mulai tidak menulis lagi di blognya.

Sekarang, gue menikmati sebuah proses 9 tahun yang gue lakukan dengan blog sederhana ini. Berbagi yang gue tahu, menulis dengan biasa saja tanpa ada beban. Apa yang gue pikirin, ya gue tulis langsung seperti artikel ini. Ah, kalau bisa dibilang kangen sama masa-masa itu ya kangen. Beruntungnya, gue masih berhubungan baik dengan teman-teman lama yang waktu itu berjalan bersama.

Gak kerasa, ya. 9 tahun nulis di blog, gak mikirin gimana bayar domain karena gue pakai wordpress self hosted, padahal harganya cukup lumayan. Tapi, yaa semuanya berjalan begitu cepat. Banyak yang masih menulis, banyak yang sibuk beralih ke youtube dan banyak juga yang sudah memulai bisnis barunya. Sedangkan gue? Masih menulis dan mencoba tetap aktif, selain karena tuntutan pekerjaan ya. Coba dong, yang masih aktif sama blog wordpressnya boleh komentar, siapa yang masih menulis di blog wordpress self hosted-nya!

Baca Juga  Foto Selfie Dapat Hadiah? Bisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 Tahun Menggunakan WordPress Self Hosted

Waktu Untuk Membaca 3 min
0