Penyebab Keyboard Laptop Error dan Cara Memperbaikinya

Keyboard Laptop Error

Keyboard merupakan salah satu perangkat keras yang cukup penting dan sangat menjengkelkan apabila keyboard laptop error saat kalian mengerjakan tugas yang cukup penting. Permasalahan yang sering terjadi adalah ketika huruf yang tertukar, sampai tombol yang tidak bisa kalian tekan sama sekali.

Beberapa Penyebab Keyboard Laptop Error

Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi pada keyboard kalian. Berikut ini beberapa penyebab keyboard laptop kalian menjadi error saat digunakan:

Masalah Setelan

Banyak para pengguna keybpard laptop yang tidak memperhatikan setelah pada laptop mereka. Mulai dari pengaturan bahasa, input yang digunakan sampai setelan saat melakukan pengetikan pada laptop masing-masing.

Driver Keyboard Error atau Belum Update

Pernyebab keyboard kalian mengalami error saat digunakan yang paling sering terjadi adalah driver yang belum kalian update, atau bahkan mengalami kerusakan. Ini bisa kalian lihat pada device manager laptop kalian masing-masing.

Adanya Debu atau Kotoran

Penyebab paling sepele yang terjadi ketika keyboard kalian mengalami kerusakan adalah tombol pada keyboard laptop kalian terhalang oleh debu kotoran. Usahakan, apabila setelah menggunakan laptop kalian membersihkan secara teratur menggunakan cairan pembersih laptop yang bisa kalian beli dengan harga terjangkau. 

Kerusakan Hardware Keyboard

Berikutnya yang menjadi penyebab adalah kerusakan pada laptop kalian sendiri. Pengalaman pribadi gue ketika menggunakan laptop pada keyboard sering terjadinya tombol atau huruf tidak bisa ditekan yang mengakibatkan kalian harus menggunakan on screen keyboard.

Selain kerusakan diatas, ada beberapa kerusakan lain yang cukup sering terjadi pada keyboard laptop kalian baik pengguna laptop ASUS, Toshiba, Lenovo, HP dan merek lainnya, diantaranya:

  1. Keyboard tidak bisa mengetik untuk karakter tertentu
  2. Semua tombol tidak berfungsi/macet semua
  3. Tombol angka tidak berfungsi
  4. Tombol huruf keluar angka
  5. Tombol keyboard sekali ketik tapi keluar karakter berderet/berulang
  6. Tombol lemot atau memiliki jeda beberapa saat ketika diketik/tidak responsif.

Cara Memperbaiki (Mengatasi) Keyborad Laptop Error

Keyboard Laptop Error

Bagaimana untuk memperbaiki keyboard laptop yang error saat kalian ingin gunakan? Berikut ini adalah cara memperbaiki keyboard laptop kalian yang mengalami kerusakan:

Restart Laptop

Hal pertama yang biasa digunakan untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak bisa menekan tombol huruf atau angka pada keyboard adalah dengan melakukan restart laptop. Ini biasa terjadi apabila kalian terlalu sering menggunakan mode hibernate pada laptop yang kalian gunakan.

Sebagai langkah awal yang bisa kalian lakukan pada laptop kalian adalah dengan melakukan restart pada perangkat laptop kalian, biasanya dengan menggunakan cara ini keyboard kalian yang tadinya tidak bisa mengetikan tulisan atau tidak bisa menekan tombol akan kembali seperti semula.

Periksa Tombol Fn Atau F-Lock

Tombol ini bisa mematikan fungsi semua tombol, dengan kata lain semua fungsi pada tombol keyboard kalian tidak bisa berjalan. Beberapa laptop yang pernah gue miliki, tombol ini dilambangkan dengan huruf Fn.

Silahkan kalian coba tekan tombol Fn tersebut, kemudian kalian coba tekan salah satu huruf atau angka yang ada pada keyboard apakah sudah befungsi atau belum. Jika belum, kalian bisa menekan tombol Fn+F11 secara bersamaan.

Periksa Setelah Input dan Bahasa

Seperti yang gue bilang diawal, kebiasaan yang sering terjadi ketika keyboard laptop kalian bermasalah atau tidak berfungsi adalah kesalahan input dan bahas ayang digunakan. Cara yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke control panel,
  2. Pilih regional and language options,
  3. Pilih keyboard and languages,
  4. Pilih change keyboard,
  5. Pilih advanced key settings.

Setelah itu, silahkan kalian klik pada tulisan change key sequence setelah kalian memilih between input languages. Nantinya, akan muncul jendela baru. Kalian tinggal lihat pilih tulisan switch input language dan ganti bahasanya.

Periksa Driver Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop kalian yang error berikutnya dengan melakukan pengecekan driver keyboard. Apakah sudah menggunakan yang palin baru ada ada kerusakan pada driver yang menyebabkan tombol huruf dan angka pada keyboard tidak bisa kalian tekan.

Apabila kalian melihat tanda seru berwarna kuning pada driver keyboard kalian, itu pertanda driver kalian ada kerusakan dan kalian harus memperbaikinya dengan mendapatkan driver yang sesuai dengan driver keyboard laptop kalian masing-masing.

Bersihkan Keyboard Laptop

Apabila cara memperbaiki keyboard laptop error diatas masih belum bisa, ada kemungkinkan keyboard laptop kalian tombolnya terhalang oleh kotoran atau debu yang cukup banyak. Biasanya, hal yang sering terjadi pada tombol yang tidak berfungsi saat ditekan adalah tombol yang sering ditekan.

Misalnya tombol enter, space atau karakter-karakter huruf terutama A, i, U, E, D atau S. Silahkan kalian tandai tombol mana saja yang tidak bisa ditekan, kemudian kalian bisa melepas keyboard laptop kalian dan membersihkannya. Apabila tidak terbiasa melakukan pembongkaran pada bagian laptop kalian, silahkan panggil teknisi atau mendatangi toko servis laptop.

Semoga sampai disini kalian bisa mengatasi tombol pada keyboard kalian yang tidak bisa kalian tekan dan tidak berfungsi ini ya. Kalau kalian masih mengalami keyboard laptop error, untuk sementara kalian bisa menggantinya dengan keyboard mechanical USB untuk laptop atau pc kalian.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA