Mouse Wireless atau Kabel, Kalian Pilih Mana?

Banyak diantara pengguna laptop masih bingung untuk menentukan ingin menggunakan mouse wireless atau kabel untuk keseharian mereka. Nampaknya, banyak yang ingin menggunakan mouse gaming sebagai mouse sehari-hari dalam bekerja karena beberapa hal, diantaranya memiliki button disebelah sisi kiri dan juga DPI yang lebih baik.

Perbandingan Mouse Wireless vs Kabel

Sebelum kalian menentukan mouse apa yang akan kalian gunakan untuk bekerja dengan laptop kalian, ada baiknya untuk melihat beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing mouse itu sendiri agar terlihat jelas perbandingan mouse wireless vs kabel sebelum menggunakannya.

Kelebihan Mouse Kabel

Mouse Kabel

Berikut ini beberapa kelebihan mouse kabel untuk kalian ketahui sebelum kalian membeli dan menggunakannya:

Koneksi Stabil

Kelebihan pertama dari mouse kabel terbaik yang cukup terlihat adalah tingkat koneksinya. Dikarenakan menggunakan kabel berserat metal, tentu koneksi dari mouse kalian ke komputer atau laptop kalian lebih stabil. Kemungkinkan terjadi delay input terjadi sangat kecil, bahkan bisa dibilang tidak ada delay ketika menggunakannya.

Cepat Terhubung

Kelebihan mouse kabel dibandingkan dengan mouse wireless berikutnya adalah plug in time atau waktu sambung. Untuk penggunaan mouse kabel, waktu sambungnya terbilang lebih cepat dibandingkan mouse wireless.

Dalam hitungan detik, mouse kabel terbaik kalian sudah terhubung ke laptop atau pc kalian. Sedangkan mouse wireless, membutuhkan waktu yang lebih lama karena harus menyesuaikan konektifitas pada perangkat laptop atau pc kalian.

Lebih Awet

Apabila berbicara mengenai daya tahan pemakaian, salah satu kelebihan mouse kabel adalah memiliki daya tahan yang lebih awet dibandingkan mouse wireless. Apalagi, penggunaan pada klik kiri atau kanan bahkan side button akan lebih awet dan cukup sering terjadi double click pada mouse kabel.

Dengan kelebihan mouse kabel diatas, tentu harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau karena tidak menggunakan tambahan dongle bluetooth ataupun infrared. Maka, mouse kabel akan lebih murah harganya dibanding mouse wireless dengan spesifikasi yang sama.

Kekurangan Mouse Kabel

Dibalik kelebihan yang sudah gue sebutkan terkait mouse kabel terbaik, tentu ada beberapa kekurangan mouse kabel yang mungkin membuat kalian risih saat menggunakannya. Dibawah ini beberapa kekurangan mouse kabel yang biasa terjadi:

Kurang Rapi

Ketika kalian menggunakan mouse kabel, kalian akan mendapatkan kabel kurang lebih sepanjang 2 meter atau lebih. Ketika menggunakan kabel seperti ini, apabila kita menghubungkan mouse ke laptop tentu terlihat tidak rapih.

Sering Tergulung

Kekurangan kabel mouse berikutnya adalah seringnya kabel tergulung atau melintir akibat kalian jarang meluruskannya. Lama-lama, kabel tersebut akan mengeras dan menyebabkan kerusakan pada mouse kabel yang kalian gunakan untuk laptop atau pc kalian masing-masing.

Kelebihan Mouse Wireless

Mouse Wireless

Setelah mengetahui kabel mouse dan beberapa kelebihan serta kekurangannya, kalian juga harus tahu apa yang menjadi kelebihan mouse wireless terbaik sebelum menggunakannya. Dibawah ini beberapa kelebihan mouse wireless yang harus kalian ketahui:

Praktis

Kelebihan pertama dari mouse wireless terbaik adalah kalian akan lebih praktis saat menggunakannya. Dikarenakan, kalian tidak harus merapihkan kabel yang biasa kalian temui. Selain itu, kalian bisa menyimpannya dalam kantong kalian saat ingin menggunakan ditempat lain tanpa harus repot memikirkan panjang kabel yang biasa.

Fleksibel

Dengan menggunakan mouse wireless, tentu kita bisa dengan bebas leluasa menggerakan tangan tanpa adanya gangguan kabel. Biasanya, penggunaan mouse wireless bisa terjangkau sampai dengan jarang 10 meter dan kita bisa menggunakannya dari jarak jauh.

Ergonomis

Seperti yang gue bilang diatas, bahwa penggunaan mouse wireless bisa kalian bawa kemana-mana. Selain itu, apabila kalian menyimpan mouse ini didalam tas kalian tidak akan memakan tempat dan tidak harus memikirkan menggulung kabel sebelum memasukannya.

Kekurangan Mouse Wireless

Ada beberapa kekurangan mouse wireless yang harus kalian ketahui terlebih dahulu, setelah melihat keunggulan diatas. Diantaranya:

Koneksi Tidak Stabil

Apabila kita menggunakan mouse wireless, tingkat koneksi yang terhubung antara mouse dengan laptop atau pc kalian itu semua bergantung pada koneksi yang kalian miliki. Apabila penggunaan baterai sudah mulai melemah, maka gelombang yang dipancarkan atau diterima oleh mouse akan berkurang.

Menggunakan Sumber Daya

Kekurangan mouse wireless berikutnya adalah kita diharuskan untuk menggunakan baterai pada mouse tersebut. Baik menggunakan baterai AA ataupun AAA seperti pada mouse Xiaomi portable yang gue miliki saat ini.

Diatas sepertinya sudah cukup lengkap perbandingan antara mouse wireless vs kabel yang gue jabarkan. Apabila kalian masih bingung, ingin menggunakan mouse wireless atau kabel silahkan berkomentar dibawah.