Simak Cara Live Streaming di Youtube, Cocok bagi Pemula

Cara Live Streaming di Youtube

Siaran langsung menjadi sesuatu yang populer di kalangan content creator, tapi masih ada yang bingung bagiamana cara live streaming di Youtube. Berbagai platform media sosial telah banyak digunakan bagi para streamer membagikan konten kreatifnya, begitu pula Youtube. Biar tahu lebih dalam, simak penjelasan mengenai cara live streaming di Youtube.

Cara Live Streaming di Youtube

Kenali Dulu Pengertian dari Live Streaming

Live streaming merupakan sebuah konten video ditayangkan secara langsung oleh streamer melalui internet tanpa adanya proses editing terlebih dahulu. Anda hanya cukup menyalakan kamera lalu memulai merekam apapun yang akan disiarkan.

Live streaming berlangsung secara interaktif sehingga penonton bisa ikut mengomentari dan menanggapi video secara langsung. Biasanya followers atau subscriber Anda akan mendapatkan sebuah notifikasi apabila mengadakan siaran langsung.

Umumnya video hasil live streaming secara otomatis telah tersimpan di akun streamers sehingga follower atau subscriber yang ketinggalan siaran bisa ikut menontonnya meskipun tidak secara langsung.

Alasan Para Streamer Melakukan Live Streamer

Live streaming merupakan salah satu content marketing untuk menarik pengguna sosial media dalam memberikan informasi atau mengadakan sesi Q&A. Dengan begitu, strategi pasaran akan lebih luas dalam menjangkau banyak audience. Berikut beberapa tujuannya:

Memberikan Konten Menarik dan Fresh

Dengan melakukan live streaming, Anda bisa membagikan konten menarik secara fresh bagi penonton. Sebab video yang disiarkan tidak melalui proses editing sehingga masih dalam keadaan mentah sudah dinikmati oleh para follower dan subscriber.

Bagi Anda berprofesi sebagai content creator akan memberikan kesan secara real time saat melakukan review sebuah produk baru. Selain itu, juga bisa mendekatkan dengan para follower sebab membagikan konten yang masih mentah bersifat “behind the scene”

Meningkatkan Brand Personality

Sebab video yang disiarkan tidak melalui proses editing maka penonton akan menemukan ketidaksempurnaan dari siaran tersebut, namun hal inilah bisa menjadi keunggulan dari adanya live streaming.

Ketidaksempurnaan tersebut akan meningkatkan brand personality sebab dibuat secara real dan apa adanya. Biasanya konsumen malah lebih tertarik pada kesalahan seperti itu. Dengan begitu proses promosi sebuah produk baru bisa menarik peminat lebih banyak.

Persyaratan Melakukan Live Streaming di Youtube

Beberapa persyaratan nyatanya harus dipenuhi terlebih dahulu apabila Anda sebagai Youtuber akan mengadakan siaran langsung. Hal tersebut perlu diperhatikan agar live streaming tetap bisa berjalan tanpa adanya hambatan.

Syarat pertama mengenai jumlah subscriber, Anda sebagai Youtuber harus memiliki paling sedikit berjumlah 1.000 pengguna akun. Apabila masih belum memungkinkan, maka tunggulah beberapa waktu terlebih dahulu untuk mendapatkan akses melakukan live streaming.

Apabia sudah memenuhi syarat minimal jumlah subscriber maka pastikan tidak memiliki pembatasan siaran langsung selama 90 hari. Kemudian Anda bisa melakukan verifikasi channel Youtube dan tunggulah sedikitnya 24 jam untuk bisa melakukan live streaming.

Membuat Penjadwalan Live Streaming

Setelah channel Anda sudah bisa melakukan akses live streaming maka langkah berikutnya melakukan penjadwalan. Langkah pertama yaitu bukalah aplikasi Youtub kemudian klik menu “Rekam” > Live Streaming.

Setelah itu, ikuti beberapa instruksinya. Apabila Anda ingin menjadwalkannya nanti maka pilihlah “Opsi lainnya”. Jika tertarik melakukan live chat, menentukan pembatasan usia, menu monetisasi dan lainnya klik lagi “Opsi lainnya” lalu pilih “Tampilkan lebih banyak” lalu tekan “Berikutnya

Saat melakukan live streaming pilihlah menu “Live Streaming”. Apabila Anda sudah selesai dan ingin mengakhirinya, maka klik opsi “Selesai”. Video tersebut akan seara otomatis tersimpan di channel Youtube Anda.

Memulai Live Streaming Terjadwal

Apabila Anda sudah melakukan penjadwalan dan live streaming pertama, maka sekarang bisa membagikan konten secara langsung sesuai yang terjadwal tersebut. Hal ini sebaiknya dilakukan secara teratur agar subscriber tidak kebingungan dengan jam tayang.

Langkah pertama setelah membuka aplikasi Youtube, klik menu “Rekam” > “Live Streaming”. Kemudian ketuk opsi “Kalender”, pilihlah live stream di channel Anda. Kemudian bisa dimulai dengan menekan “Live Streaming”.

Apabila Anda ingin menghapus video live stream sebelumnya maka bisa langsung klik pilihan “Hapus”. Cara tersebut sangat mudah terutama bagi pemula yang ingin memulai membuat konten dengan menyiarkannya secara langsung.

Melalui penjelasan tentang persyaratan dan cara live streaming di Youtube, semoga dapat membantu Anda sebagai Youtuber pemula dalam membagikan konten kreatif secara langsung. Tetap berkarya dengan cara positif dan kreatif dengan cara live streaming di youtube dengan aplikasi streaming yang kalian punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini