Kamu Harus Tahu 5 Tips Merawat Mouse Wireless Agar Lebih

Membersihkan Mouse Wireless

Beberapa pengguna mouse wireless biasanya akan mengeluhkan sering terjadi double klik pada mouse, klik kiri tertukar dan beberapa masalah apabila tidak bisa merawat mouse wireless yang dimilikinya. Hal ini terkesan biasa saja atau sepele. Namun apabila terjadi berulang kali, pengeluaran kalian akan menjadi boros dengan selalu mengganti mouse dengan yang baru.

5 Tips Merawat Mouse Wireless Yang Benar

Oleh karena itu, artikel ini akan memeberikan informasi kepada kalian bagaimana cara merawat mouse wireless dengan beberapa tips yang bisa kalian ikuti. Berikut ini cara merawat mouse wireless yang benar agar mouse kalian lebih awet:

Matikan Mouse Saat Tidak Digunakan

Matikan Mouse Wireless

Cara merawat mouse wireless yang pertama dan sering diabaikan oleh pengguna adalah tidak pernah mematikan mouse saat sudah tidak digunakan. Hal ini memungkinkan, fungsi klik pada mouse tersebut masih berjalan dan akan menyebabkan double klik atau fungsi klik akan tertukar saat terlalu sering tidak dimatikan.

Selain itu, hal ini akan membuat penggunaan daya baterai yang digunakan pada mouse wireless akan lebih hemat dan bisa lebih tahan lama saat digunakan.

Gunakan Mousepad

Gunakan Mousepad

Cara merawat mouse wireless berikutnya adalah dengan selalu menggunakan mousepad. Hal ini bertujuan agar sensor yang ada pada mouse bisa bekerja maksimal. Untuk lebih jelas mengenai sensor mouse wireless, silahkan dibaca artikel sebelumnya.

Selain itu, dengan menggunakan mousepad membuat sensor kalian bekerja lebih sempurna. Hal ini dikarenakan pada permukaan mousepad selalu mendatar dan tidak bergelombang, yang membuat kinjerja sensor semakin mudah.

Jangan Menggunakan Alkohol Saat Membersihkan Mouse

Membersihkan Mouse Wireless

Tips atau cara merawat mouse wireless yang kalian punya adalah dengan membersihkan mouse sesaat setelah digunakan. Namun, perlu kalian ingat untuk membersihkan mouse jangan menggunakan alkholo atau cairan sejenisnya.

Kalian bisa menggunakan cotton buds atau kapas untuk membersihkan bagian bawah yang terdapat sensor pada mouse wireless. Hal ini dapat menghindari sensor mouse wireless kalian tergores dan membuat tingkat akurasi mouse berkurang.

Jangan Membongkar Mouse Wireless

Membongkar Mouse Wireless

Meskipun kalian paham dengan seluk beluk mouse wireless, gue menyarankan untuk tidak membongkarnya. Memang tujuan kalian adalah merawat mouse wireless dengan membersihkan bagian dalam, tapi banyak komponen yang kalian tidak tahu seperti apa dan bagaimana fungsinya. Bisa saja, hal ini dapat membuat fungsi tombol klik atau yang lainnya menjadi rusak.

Bersihkan Optik (Sensor) Secara Rutin

Bersihkan Optik Mouse

Tips atau cara merawat mouse wireless yang terakhir adalah dengan membersihkan bagian optik atau sensor mouse yang kalian miliki. Sebab penggunaannya yang mengharuskan kamu menggeser-geser mouse, debu yang ada di meja akan berpindah ke ruang di mana sensor mouse berada.

Apabila hal ini kalian biarkan, kalian akan mendapati ngadatnya kursor, tingkat akurasi menurun, klik tombol yang rusak dan lain sebagainya. Jadi pastikan untuk sesekali menengok kondisi sensor mouse kamu.

Selain ke 5 tips merawat mouse wireless yang sudah gue sebutkan diatas, ada baiknya kalian menyiapkan baterai cadangan untuk kalian gunakan. Tetapi, semua tergantung jenis mouse wireless yang kalian gunakan dalam hal pengisian daya. Sampai disini, semoga kalian bisa merawat mouse wireless yang kalian gunakan agar lebih tahan lama ya.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA