5 Tips Memilih Mouse Wireless Agar Nyaman Digunakan Sehari-hari

Untuk kalian yang lebih memilih mouse wireless dibandingkan mouse kabel, ada baiknya kalian harus tahu bagaimana cara yang tepat dalam memilih mouse wireless untuk kalian gunakan. Banyak diantara para pengguna mouse yang menyesal karena mouse yang digunakan tidak nyaman digunakan, entah saat melakukan scrolling, menekan tombol side button dan lain sebagainya.

5 Tips Memilih Mouse Wireless Untuk Digunakan

Sebenarnya apabila kalian ingin membeli produk yang berhubungan dengan gadget terutama mouse wireless, ada baiknya kalian memilih mouse dengan tepat. Berikut ini beberapa cara memilih mouse wireless yang bagus agar kalian tetap nyaman saat menggunakannya:

Periksa Jenis Konektivitas

Memilih Jenis Konektivitas Mouse Wireless

Cara memilih mouse wireless yang bagus untuk kalian gunakan, selain melakukan pengecekan DPI, klik button dan lain sebagainya adalah kalian harus memastikan konektivitas pada mouse wireless tersebut. Secara umum, ada 2 konektivitas pada mosue wireless itu sendiri.

Pertama, mouse wireless dengan USB receiver atau dongle. Kedua, adalah mouse wireless dengan menggunakan bluetooth. Masing-masing jenis konektivitas dari mouse wireless ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih mouse wireless, apabila kalian menginginkan mouse yang bisa digunakan pada perangkat laptop atau komputer tanpa setting yang terlalu rumit, gue bisa memberikan saran untuk memilih mouse dengan koneksi USB reciever ini. Kalian cukup menghubungkan receiver pada port USB dan kalian sudah bisa menggunakannya. Kekurangan dari koneksi ini adalah port USB kalian akan berkurang 1.

Apabila kalian menginginkan mouse wireless yang mudah dibawa kemana saja tanpa harus mengurangi port USB dan tidak perlu melakukan setting lagi, kalian bisa menggunakan mouse wireless dengan koneksi bluetooth. Beberapa rekomendasi mouse wireless bluetooth kalian bisa baca di artikel sebelum ini ya.

Periksa Sistem Sensor

mouse sistem sensor wireless

Tips memilih mouse wireless berikutnya adalah dengan memeriksa sensor yang digunakan pada mouse tersebut. Hal ini dapat membuat tingkat akurasi pada sebuah mouse dalam melakukan klik, scorll dan lainnya menjadi lebih baik. Secara umum, ada 4 tipe sensor yang digunakan pada mouse wireless yaitu:

Red LED

Tipe sensor ini memiliki harga yang terjangkau dibandingkan tipe sensor mouse lainnya. Selain itu, akurasi pada mouse dalam melakukan scrolling, menekan tombol, melakukan klik kanan dan kiri terbilang lebih baik. Namun, sensor yang satu ini tidak bisa dipakai pada bidang yang mengkilap, licin atau berwarna putih.

LED Infrared

Untuk mouse wireless yang menggunakan sensor LED infrared ini terbilang lebih hemat daya dan membuat mouse menjadi lebih awet. Tingkat akurasi pada mouse wireless ini hampir sama dengan sensor optik, namun memilih mouse dengan menggunakan sensor LED infrared ini membuat kalian lebih nyaman dan efisien.

Sensor Laser

Salah satu keunggulan ketika kalian memilih mouse wireless dengan sensor laser adalah tingkat respon yang lebih baik dan tingkat akurasi lebih akurat dibandingkan dengan sensor optik. Hal ini juga memungkinkan kalian menggunakan mouse wireless pada bagian yang mengkilap ataupun pada bagian yang tidak rata. Namun, ada baiknya apabila kalian menggunakan mouse dengan sensor laser kalian juga harus menggunakan mouse pad agar mouse lebih awet.

Periksa Sumber Daya

Periksa Sumber Daya Mouse Wireless

Cara terpenting memilih mouse yang ketiga adalah dengan memeriksa sumber pengisian daya pada mouse. Ada dua cara yang biasa digunakan, yaitu penggunaan baterai atau dengan melakukan proses charging pada mouse kalian.

Mouse dengan menggunakan baterai untuk pengisian daya terbilang memiliki biaya operasional yang lebih tinggi dibandingkan dengan mouse yang harus melakukan charging. Hal ini dikarenakan kalian harus membeli baterai saat daya sudah habis, tetapi mouse dengan baterai terbilang memiliki harga yang terjangkau. Silahkan kalian lihat rekomendasi mouse wireless yang menggunakan baterai pada artikel gue sebelumnya.

Periksa Berat Produk

Periksa Berat Produk Mouse

Saat memilih mouse, berat mouse wireless yang akan kalian gunakan harus kalian perhatikan juga. Beberapa mouse wireless saat ini memiliki bobot yang cukup ringan seperti kelebihan mouse Xiaomi yang gue gunakan saat ini. Tetapi, balik lagi semuanya tergantung kebutuhan. 

Apabila kalian menggunakan untuk kebutuhan gaming, biasanya ada yang lebih nyaman menggunakan mouse dengan bobot yang sedikit lebih berat. Tetapi, bagi para pekerja kantoran biasanya memilih mouse wireless yang cukup ringan agar lebih fleksibel.

Periksa Tingkat Respon Mouse

Periksa Tingkat Respon Mouse

Cara memilih yang terakhir adalah dengan memeriksa tingkat respon saat melakukan scrolling, menekan tombol atau melakukan klik kanan dan kiri pada mouse. Biasanya, tingkat respon ini berkaitan dengan DPI pada mouse wireless yang akan digunakan dan cukup berpengaruh pada para pengguna mouse yang hobi bermain game. 

Untuk para pengguna mouse wireless harian, ukuran 800 sampai 1.600 DPI sudah lebih dari cukup. Namun, akan sangat kurang bagi para pengguna mouse yang digunakan untuk bermain game. Biasanya, DPI minimum untuk mouse wireless gaming berkisar diangka 250 sampai 2.000 DPI lebih.

Sampai disini, semoga kalian bisa mendapatkan mouse wireless yang sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing. Jangan lupa, untuk memilih mouse wireless kalian harus cukup detail agar tidak salah dalam memilih mouse.