Pengertian Virtual Private Network Atau VPN Untuk Kalian Ketahui!

Pengertian Virtual Private Network Atau VPN

Virtual Private Network atau yang lebih dikenal dengan nama VPN ini merupakan suatu cara untuk membuat sebuah jaringan bersifat private dan aman dengan menggunakan jaringan publik misalnya internet. VPN dapat mengirim data antara dua komputer yang melewati jaringan publik sehingga seolah-olah terhubung secara point to point.

Data dienkapsulasi (dibungkus) dengan header yang berisi informasi routing untuk mendapatkan koneksi point to point sehingga data dapat melewati jaringan publik dan dapat mencapai akhir tujuan. Sedangkan untuk mendapatkan koneksi bersifat private, data yang dikirimkan harus dienkripsi terlebih dahulu untuk menjaga kerahasiaannya sehingga paket yang tertangkap ketika melewati jaringan publik tidak terbaca karena harus melewati proses dekripsi.

Pengertian Virtual Private Network Atau VPN

Anda dapat mengakses server kantor melalui VPN dimana saja, entah itu dirumah atau dijalan secara aman meskipun anda menggunakan infrastruktur jaringan internet dalam penggunaannya. Menurut pandangan user, koneksi VPN merupakan koneksi point to point antara user computer dengan server korporasi dan data terkirim di atas jaringan dedicated, padahal tidak demikian kenyataannya.

Kriteria VPN

  • User Authentication. VPN harus mampu mengklarifikasi identitas klien serta membatasi hak akses user sesuai dengan otoritasnya. VPN juga dituntut mampu memantau aktifitas klien tentang masalah waktu, kapan, di mana dan berapa lama seorang klien mengakses jaringan serta jenis resource yang diaksesnya.
  • Address Management. VPN harus dapat mencantumkan addres klien pada intranet dan memastikan alamat/address tersebut tetap rahasia.
  • Data Encryption. Data yang melewati jaringan harus dibuat agar tidak dapat dibaca oleh pihak-pihak atau klien yang tidak berwenang.
  • Key Management. VPN harus mampu membuat dan memperbarui encryption key untuk server dan klien.
  • Multiprotocol Support. VPN harus mampu menangani berbagai macam protokol dalam jaringan publik seperti IP, IPX dan sebagainya.

Beberapa artikel terkait masalah VPN ini, bisa kalian lihat beberapa artikel yang sudah gue tulis sebelumnya dibawah ini:

Mungkin sekian dulu informasi saya mengenai pengertian VPN ini ya teman-teman semuanya. Semoga dapat membantu teman-teman yang sedang mencari pengertian virtual private network atau VPN ini.

2 Replies to “Pengertian Virtual Private Network Atau VPN Untuk Kalian Ketahui!”

  1. Saya tertarik dengan postingan anda ini, informasi VPN yg sangat berguna sekali.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *