Permasalahan Rantai Keteng Pada Honda Revo

Permasalahan Rantai Keteng Pada Honda Revo

Permasalahan Rantai Keteng Pada Honda Revo

Permasalahan  ini sudah saya alami beberapa waktu yang lalu. Mungkin, teman-teman yang memiliki kendaraan bermotor roda dua pasti pernah mengalami hal yang seperti ini. Memang, banyak para pengguna kendaraan bermotor tidak terlalu mempermasalahkan mengenai hal ini.

Namun, bagi para pengguna kendaraan bermotor roda dua akan terganggu dengan munculnya bunyi “tek..tek..tek..” pada mesin ketika memanaskan mesin atau sedang berkendara dijalan raya. Hal inipun yang saya alami ketika sedang memanaskan mesin. Bagi teman-teman yang mengalami hal serupa, berikut ini akan saya bagikan pengalaman ketika saya mengalaminya.

Awalnya, saya memang tidak menyadari ketika mesin honda revo saya mengalami bunyi “tek..tek..tek..” karena memang tidak begitu terdengar ketika saya mengendarai dijalan raya, namun ketika pagi hari saya ingin memanaskan mesin barulah terdengar dengan jelas bunyi yang satu ini.

Saya memang sudah curiga bahwa rantai keteng yang menjadi masalah, karena pengalaman saya menggunakan beberapa motor teman & membawanya kebengkel terdekat. Benar saja, ketika saya membawa ke dealer resmi honda saya dihadapkan dengan sebuah kalimat “Mas, ini rantai ketengnya yang kena. Mending diganti saja, daripada merembet ke masalah lain..” dan sayapun menggantinya.

Pada saat itu memang sudah tidak terdengar lagi suara yang mengganggu tersebut, namun 1 minggu kemudian terjadi kembali dan pada akhirnya saya membawa kembali ke dealer resmi tersebut. Ternyata, per yang ada dibawah blok mesin (penghubung dengan piston kalau tidak salah) itulah yang bermasalah. Sudah terlalu kendur, dan tidak menekan dengan sempurna akhirnya dibantu untuk menggantikan dengan yang ada oleh sang montir disana. Well, masalah selesai sampai saat ini & menempuh 90KM/jam menjadi sangat ringan.

Nah, sekarang apa sih sebenarnya rantai keteng itu? Rantai keteng atau timing chain adalah rantai yang menerima putaran dari crankshaft. Putaran tersebut digunakan untuk menggerakkan chamshaft di kepala silinder. Chamshaft merupakan peranti yang berfungsi untuk mengatur beberapa klep di mesin. Klep tersebut terdiri dari klep untuk gas masuk maupun yang keluar ke ruang bakar mesin.

Apa yang menyebabkan terjadinya permasalahan rantai keteng ini? Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya kerusakan pada rantai keteng:

  • Suhu mesin yang kerap panas melebihi standar,
  • Putaran mesin yang tinggi karena motor sering dipacu untuk balap/ngebut,
  • Serta penggantian oli yang sering terlambat.

Bagaimana mencegahnya? Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat saya berikan secara pengalaman yang dapat saya berikan untuk teman-teman semuanya:

  • Rajin mengganti oli,
  • Jangan mengangkut beban berat yang melebihi kapasitas yang ditoleransi pabrikan,
  • Gunakan teknik mengendara yang baik dan benar, terutama di kala melibas jalanan yang menanjak dengan tingkat sudut kemiringan yang besar.

Nah, semoga apa yang menjadi permasalahan saya pada honda revo yang saya kendarai ini teman-teman semua tidak mengalami dan apabila memang terjadi hal demikian cepatlah diatasi sebelum kendaraan roda dua kalian mengalami hal yang tidak diinginkan. Nah, sudah dulu ya. Semoga kalian mendapatkan pencerahan ketika membaca kisah Permasalahan .

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


6 comments on “Permasalahan Rantai Keteng Pada Honda Revo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *