Cara Memasang Gravatar Image

Cara Memasang Gravatar Image

Banyak yang bingung, bagaimana cara memasang gravatar image diblognya. Bagaimana cara membuat gravatar image? Tenang, gue ajarin disini kok. Mungkin informasi ini sudah tidak asing lagi untuk teman-teman blogger yang membaca ini. Tapi, masih ada juga kok buktinya yang belum tahu bagaimana caranya.

Sebelum membahas mengenai cara memasang gravatar dan bagaimana membuatnya, gue akan tulisin dulu apa itu gravatar?

Memasang Gravatar Image dan Cara Membuatnya!

Apa Itu Gravatar?

Gravatar atau Globally Recognized Avatar adalah avatar yang terasosiasi langsung dengan email yang kamu gunakan. Dengan begitu, setiap kali kamu menggunakan alamat email tersebut, maka gambar yang kamu sudah siapkan akan muncul pada situs yang mensupport gravatar.

Apa Bedanya dengan Avatar?

Secara singkat dapat dikatakan kalau avatar bersifat lokal dan gravatar bersifat global. Ini karena avatar dimasukan secara manual pada setiap website yang kamu ikuti sedangkan gravatar akan secara otomatis muncul pada setiap akun yang berhubungan dengan email yang kamu miliki.

Apa Kelebihan Gravatar Image?

  • Penggunaan avatar yang konsisten pada semua website. 
  • Kredibilitas. 
  • Banyak support pada banyak website/blog.
  • Membantu mengembangkan brand yang kamu miliki. 
  • Mendatangkan trafik. 

Lantas, setelah mengetahui hal tersebut, pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat gravatar image ini?

Cara Membuat dan Memasang Gravatar Image

  • Mendaftar ke https://en.gravatar.com/, atau melalui halaman profil pengguna Anda, pada Foto Profil klik tautan Gravatar.
  • Apabila Anda telah memiliki akun dari WordPress.com, cukup klik Sign In (login) untuk membuat avatar Anda. Tetapi apabila Anda belum memiliki akun WordPress.com, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan klik tombol Create Your Own Gravatar.
  • Isi Alamat email dengan email Anda karena email ini juga yang akan digunakan ketika melakukan komentar pada blog lain, dan email ini yang digunakan sebagai email pengguna WordPress Anda sendiri untuk menampilkan avatar.
  • Setelah mengisi form dan mengklik Lanjutkan, Anda akan di bawa ke halaman informasi konfirmasi email.
  • Buka email Anda dan periksa kiriman email permintaan konfirmasi dari WordPress.com. Klik tautan konfirmasi akun (biasanya tombol Activate Account) dan Anda akan di bawa ke halaman sukses mengaktivasi. Klik Sign in to Gravatar.

Gimana, gampangkan? Mungkin sekian tutorial sederhana yang bisa gue berikan untuk kalian semuanya. Jangan lupa, kalau bingung gimana cara memasang gravatar image ini kalian bisa lihat lagi diartikel yang gue buat ini ya!

2 Replies to “Cara Memasang Gravatar Image”

  1. berselanjar bersama Kangmas Google ahirnya terdampar disini. saran posting gan, integrasikan poto avatar ke blogger comment.. thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini