Pengertian DoFollow dan NoFollow

Pengertian DoFollow dan NoFollow

Pengertian dofollow dan nofollow ini masih banyak yang belum tahu dan banyak bertanya-tanya. Daripada bingung, ini jawabannya untuk kalian. Baiklah, artikel gue kali ini bakalan mencoba menjelaskan apa sih sebenarnya pengertian dari link dofollow, dan link nofollow itu sendiri. Kalau mau didengar, dengan senang hati ya.


Pengertian DoFollow dan NoFollow

Pengertian Link Dofollow dan Nofollow

Link Dofollow

Link dofollow yaitu bahwa Link yang kita masukan pada saat berkomentar itu akan dianggap sebagai backlink oleh mesin pencari google atau bisa juga diartikan menginstruksikan search engine agar memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink.

Link Nofollow

Sedangkan link nofollow adalah atribut kode HTML yang digunakan untuk menginstruksikan search engine agar tidak memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Secara default memang setting komentar sebuah blog itu nofollow, tujuannya untuk mengurangi spam, tapi kita bisa ubah menjadi dofollow.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Jenis Link

Baiklah, tadi kita sudah membahas mengenai pengertianya, sekarang mari kita lihat beberapa keuntungan dan kerugian yang kalian dapatkan ketika menggunakan tipe link dofollow dan link nofollow.

Keuntungan & Kerugian Dofollow

  1. Jumlah komentar lebih banyak terutama dari pengunjung yang oportunis yang ingin mengambil keuntungan backlink gratis. tentunya ini merupakan tambahanpoin untuk meningkatkan pagerank.
  2. Sebagian besar komentar adalah SPAM dan tidak berkualitas
  3. Pengunjung terutama pengunjung oportunis akan lebih sering berkunjung untuk meninggalkan komentar sehingga jumlahnya makin meningkat
  4. Google Page Rank akan lebih rendah karena efek page rank. Tapi Google juga kurang suka dengan blog yang memiliki terlalu banyak outbound link di banding internal link untuk itu perlu diimbangi dengan backlink dari luar.
  5. Peringkat alexa umumnya cepat turun atau rendah untuk blog tipe ini karena traffic blognya makin ramai yang berarti makin baik.

Keuntungan & Kerugian Nofollow

  1. Jumlah komentar lebih sedikit dan berasal dari pengunjung setia blog atau pengunjung baru yang ingin berkenalan atau pun hanya blogwalking.
  2. Kualitas komentar lebih baik dan umumnya komentar diberikan karena isi tulisan bermanfaat atau berupa pertanyaan
  3. Pengunjung terutama adalah pengunjung setia atau pengunjung baru yang hanya akan kembali lagi bila isi blog bermanfaat menurut mereka
  4. Google Page Rank tidak akan terpengaruh
  5. Peringkat alexa umumnya lebih lambat turun kecuali isi blognya menarik dan bermanfaat sehingga ramai dikunjungi pengunjung.

Setelah tahu apa artinya, dan apa saja keuntungan kerugian menggunakan 2 jenis link ini. Sekarang, mari kita lihat bagaimana kita mendapatkan link dofollow untuk blog kita. Pada mau tahukan?

Cara Mendapatkan Backlink Dofollow untuk Blog

Guest Posting

Membuat tulisan untuk blog lain yang mengijinkan kita untuk memasukkan setidaknya 1 link ke blog kita. Intinya sih, kita harus pastikan dulu kalau blog itu menerima penulis tamu dan mengijinkan kita memberikan link untuk blog kita. Kalau tidak, ya percuma dong.

Menulis di Forum

Menulis di forum pun juga harus perhatikan benar-benar ya. Ada forum yang mengijinkan kita untuk memasukkan link ke blog kita ada juga yang gak. Kalaupun tidak bisa, kita bisa menaruh linknya dibagian signature atau catatan kaki profile kita di forum tersebut.

Merepurpose Tulisan Kita

Repurpose? Itu salah satu cara untuk mendapatkan traffic tambahan untuk blog kita. Yaitu dengan merubah bentuk tulisan kita dalam beberapa bentuk lainnya, seperti dalam bentuk infografis, powerpoint (slideshare) dan lainnya. Ini juga cara mendapatkan backlink dofollow untuk blog kita, atau kalian bisa baca bagaimana cara optimasi artikel lama untuk dipublish ulang.

Setelah kalian apa artinya, kelebihan dan kekurangannya, dan cara mendaptkannya. Apa yang kalian inginkan? Tentu, mencobanya bukan? Saat mencoba, pastikan semua yang kalian lakukan senatural mungkin, dan tidak terkesan untuk memaksakan. Well, sekarang kalian sudah tahu semuanya tentang pengertian dofollow dan nofollow.

25 Replies to “Pengertian DoFollow dan NoFollow”

  1. ooh jadi selama ini aku sering pake nofollow brrti baru paham aku mas :D thanks infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *