Membuat Recent Post Sesuai Kategori di wordpress

Membuat Recent Post Sesuai Kategori di wordpress

Membuat recent post atau artikel terbaru merupakan salah satu cara agar pengunjung tahu tulisan terbaru yang ada di blog wordpress kalian. Bagaimana cara membuat recent post agar tampil sesuai dengan kategori artikel kalian? Ada beberapa cara yang bisa digunakan, mulai dengan menggunakan plugin atau dengan cara manual seperti yang akan gue jelaskan ini.

Untuk kalian yang menggunakan wordpress, sebenarnya juga sudah ada beberapa plugin yang memungkinkan untuk membuat recent post berdasarkan kategori. Namun, efeknya akan membuat blog kalian akan terasa lebih lambat karena kinerja hosting harus menampung plugin tersebut.

Membuat Recent Post Sesuai Kategori di wordpress

Cara Membuat Recent Post Atau Artikel Terbaru

Berikut ini langkah mudah yang bisa kalian gunakan untuk membuat recent post atau artikel terbaru yang ada didalam wordpress kalian sesaat setelah kalian mempublikasikan sebuah artikel.

Membuat Recent Post Tanpa Plugin

  • Masuk ke dalam dashboard wordpress blog yang kalian ingin tambahkan.
  • Pilih appearance kemudian pilih editor.
  • Pilih pada bagian sidebar atau dimanapun kalian ingin menaruh recent post yang kalian buat.
  • Masukan script berikut ini.

<ul>
<li>
<h3>Tittle</h3>
<ul>
<?php $my_query2 = “cat=22&showposts=5“; $my_query2 = new WP_Query($my_query2); ?>
<?php while ($my_query2->have_posts()) : $my_query2->the_post(); ?>
<li><a target="_blank" href=”<?php the_permalink(); ?>”><?php the_title(); ?></a></li>
<?php endwhile; ?>
</ul>
</li>
</ul>

Untuk yang saya berikan warna merah bisa kalian sesuaikan dengan value yang ada pada blog kalian semuanya. Pada bagian cat adalah kategori apa yang ingin kalian masukan sedangkan bagian showpost itu adalah jumlah yang akan ditampilkan dihalaman tersebut.

Membuat Recent Post Menggunakan Plugin

Untuk saat ini, gue menggunakan plugin recent post widget with thumbnail. Kalian bisa menggunakannya dengan mudah, tanpa harus menambahkan script seperti yang diatas. Kalian bisa mendapatkan pluginnya melalui dashboard wordpress kalian masing-masing. Selain karena gratis, ini akan menurunkan bounce rate blog kalian karena pengunjung akan betah berlama-lama dengan yang mereka cari.

Selain itu, kalian bisa tahu apa artikel mana yang akan menjadi popular post dalam blog kalian ketika sudah menggunakan plugin ini nantinya. Bagaimana sih cara menggunakan plugin recent post yang gue pakai sekarang?

Cara Menggunakan Plugin Recent Post Widget with Thumbnail

Pada bagian posts, kalian bisa mengabaikan post yang disticky dengan menceklist ignore sticky posts dan juga mengabaikan post yang dibaca saat ini, dengan mencentang exclude current post. Untuk menampilkan jumlah post yang tampil, kalian bisa atur pada bagian number of post to show dan settingan lainnya kalian bisa atur urutanya, status post dan tanggalnya.

Sampai disini, kalian sudah bisa menampilkan recent post sesuai dengan kategori yang kalian ingin tampilkan. Kalau ada yang masih bingung, atau ingin membagikan cara kalian masing-masing silahkan berkomentar dikolom komentar, ya. Siapa tahu dari yang gue berikan masih ada yang kurang ketika membuat recent post untuk blog wordpress ini.

8 Replies to “Membuat Recent Post Sesuai Kategori di wordpress”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *