aLdyputRa Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Kadang nulis blog ini, kadang juga upload video di aldyputra.net/youtube

Mencari Ide Menulis Dari Sosial Media

1 min read

Optimasi Artikel Lama

Mencari ide menulis untuk seorang blogger, akan sedikit merepotkan. Gimana cara gue menemukan ide menulis? Ini dia, gue bagi buat kalian. Namun, ada kalanya kita bingung mengenai ide tulisan yang cocok untuk melakukan update blog yang dimiliki. Sebenarnya, banyak cara dari seorang blogger untuk mencari sebuah ide tulisan mulai dari membaca sampai dengan berbincang dengan teman.

Bagi seseorang yang tidak terbiasa menulis, tentu mencari  ide menulis sangatlah sulit. Tetapi sebenarnya, apa yang ingin kita tuliskan bisa saja dimulai dari keseharian yang kita jalani. Seperti saya contohnya, mulai dari dunia game, hacking, internet bahkan dunia fotografi pernah saya bahas di blog sederhana saya ini.

Selain dari keseharian kita ada cara lain yang menurut saya ampuh dalam menemukan sebuah ide penulisan di blog kita. Seiring berkembangnya dunia internet dan sosial media, kita bisa mencari bahan penulisan dari sosial media yang kita miliki.

Membaca trend yg sedang dibahas di sosial media seperti twitter & facebook adalah cara termudah yang bisa kita gunakan. Mengapa? Karena akan sangat banyak ide yang muncul ketika kita membaca beberapa akun yg kita follow ketika mereka melakukan update status masing-masing.

Mencari Ide Menulis

Mencari Ide Menulis Menggunakan UberSuggest

Selain dari hal diatas, gue biasanya mencari ide menulis menggunakan sebuah tools. Dimana cara kerjanya adalah menggunakan kata kunci yang gue cari, kemudian melihat blog yang berada diatas hasil pencarian halaman kita, dan gue intip sedikit beberapa ide tulisan yang sesuai dengan blog ini. Menggunakan tools apa? Gue menggunakan UberSuggest. Apa itu?

Apa Itu UberSuggest?

Ubersuggest adalah salah satu alat yang digunakan untuk melakukan penelitian kata kunci. Seperti namanya, ia menyediakan lebih dari sekedar saran pada kata kunci. Mari kita melakukan analisis pada alat mendalam untuk digunakan sebagai alat SEO yang efektif.

Baca Juga  Siapa Bilang, Jadi Blogger Itu Enak?

Apa yang gue lakukan dengan tools ini? Seperti yang gue bilang, gue sedikit mencontek beberapa tulisan dengan kata kunci yang gue masukan. Gimana caranya?

Cara Menggunakan UberSuggest

Sejujurnya, gue tahu tools ini ketika gue membaca blog Neil Patel. Ternyata, di blog tersebut gue menemukan tools ini dan akhirnya gue mencoba menggunakannya versi yang gratis. Kalian bisa kunjungi uber suggest disini.

Tools UberSuggest

Setelah kalian masukan blog kalian, maka akan muncul beberapa analisa dari situs tersebut untuk SEO kalian. Ada didalam dashboardnya beberapa pilihan yang ingin kalian gunakan, dan yang biasa gue gunakan adalah content idea, seperti gambar dibawah ini.

Ide Konten UberSuggest

Selain itu, yang biasanya gue gunakan juga (ini paling sering) adalah fitur top pages. Dimana, kita bisa memasukan halaman sebuah blog untuk dilihat halaman mana yang paling banyak dikunjungi dan apa kata kunci yang masuk didalamnya. Setelah itu, tinggal kita optimasi artikel sesuai dengan data yang dilihat tersebut.

Tetapi, kembali lagi dengan passion yang kalian miliki. Karena, tidak semua apa yang kalian baca dapat sesuai dengan niche blog yang kalian miliki. Ada baiknya kalian tetap menyaring apa yang ingin kalian tulis kedalam blog personal kalian, karena apapun yang kalian tulis akan mendapatkan komentar dari para pengunjung blog kalian sendiri. So, selamat mencari ide menulis kalian masing-masing ya.

Baca Juga  Beberapa Keuntungan Berpikir Positif
aLdyputRa Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Kadang nulis blog ini, kadang juga upload video di aldyputra.net/youtube

8 Replies to “Mencari Ide Menulis Dari Sosial Media”

    1. Akupun niche-nya ga ada, mba. Tapi, kalau aku daftar ke penyedia jasa CPC / sejenisnya. Blogku dikasih tag Techno :)

      Nah, karena blog ini ga jelas isinya. Makanya aku buat lagi yg blogdetik, isinya sulap semua :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *