Mengganti Sitemap Blog Dengan Plugin Lain Dengan Mudah

Sebenarnya, bisa gak kita mengganti sitemap blog tanpa menghapus plugin? Tenang, cara membuat sitemap itu ada banyak, Ini salah satunya.


Sebenarnya, bisa gak kita mengganti sitemap blog tanpa menghapus plugin? Tenang, cara membuat sitemap itu ada banyak, Ini salah satunya. Saat ini, gue sedang menggunakan plugin yang bernama Yoast SEO. Seperti yang kalian ketahui, akhir-akhir ini gue lagi rajin banget nulis di blog ini. Mungkin karena faktor bekerja dari rumah kali ya.

Kemarin, gue sempat cek google search console yang gue hubungkan dengan blog ini. Ternyata, ada cukup banyak error yang terjadi. Salah satunya terjadi di sitemap blog ini. Masalah yang muncul bukan erorr, tapi lebih kepada artikel lama gue tiba-tiba tidak terupdate di sitemap yang dibuat oleh plugin yoast.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang membuat gue untuk mempertimbangkan mengganti plugin ini. Tapi gue sempat berpikir, bisa gak ya mengganti sitemap blog ini tanpa harus mengganti plugin yang sedang gue pakai? Setelah gue cari, ternyata muncul beberapa plugin sitemap yang bisa digunakan untuk membuat sitemap blog.

Mengganti Sitemap Blog

Baca Juga  Belajar Banyak dari Aktivitas Blog Walking

5 Plugin Mengganti Sitemap Blog Untuk WordPress

  • All in One SEO Pack (Gratis dan Berbayar).Sampai dengan saat ini plugin tersebut sudah di install lebih dari 3 juta website. Kalau kalian melihat segi fitur yang ditawarkan, cukup luar biasa powerfull plugin yang satu ini. Mulai dari untuk membuat sitemap XML, optimasi SEO, dll. Tapi plugin ini akan bentrok dengan plugin Yoast yang sedang gue gunakan saat ini.
  • SEO Ultimate. Ini juga gue rekomendasikan buat kalian yang mau menggunakannya. Kalau dilihat dari jumlah pemakainya, plugin yang satu ini masih berada diangka ratusan ribu saja. tapi, gak kalah powerfull sama AIO diatas. Karena, dengan plugin ini memungkinkan kita untuk membuat Rich Snippet Creator, 404 Monitor, Slug Optimizer, Permalink Tweaker dan Canonicalizer, Link Mask Generator dsb.
  • FV Simpler SEO Pack. Pengguna aktif dari plugin SEO yang satu ini hanyalah ribuan saja. Tetapi kalian gak perlu lagu, karena plugin yang satu ini punya keunikan tersendiri. Plugin yang satu ini menawarkan interface yang cukup sederhana dan mudah dimengerti. Sangat cocok sekali, untuk kamu yang masih pemula dan ingin mendalami dunia SEO.
  • Scribe. Scribe, ya mungkin belum begitu akrab di telinga kamu. Namun perlu untuk kamu ketahui bersama bahwa plugin SEO WordPress yang satu ini juga tidak bisa kamu anggap sebelah mata. Hal ini karena tidak hanya menyuguhkan fitur untuk optimasi, akan tetapi dalam hal ini Scribe juga menyediakan fitur riset yang dapat membantu optimasi SEO.
  • Google XML Sitemap. Nah ini dia yang gue gunakan untuk membuat sitemap baru untuk blog gue. Plugin sitemap ini sudah datang dengan pengaturan default. Jadi kamu bisa menggunakannya secara gratis. Sitemap sendiri memiliki fungsi untuk memudahkan search engine yaitu seperti Google, Yahoo dan Bing dalam mengecek struktur website kalian. Paling penting, gue hanya menggunakan fitur sitemapnya saja.

Cara Mengganti Sitemap Blog

  1. Pergi kesebelah kiri dashboard wordpress kalian, pilih bagian SEO dan klik general.
  2. Klik tab features pada halaman yang sudah terbuka.
  3. Pada bagian XML sitemaps, kalian tinggal matikan saja dengan memindahkan tombol menjadi disabled.
  4. Setelah non-aktif, barulah kalian aktifkan plugin google google XML yang sudah kalian install.

Kurang lebih, kalian akan melihat seperti gambar dibawah ini.

Yoast Sitemap Disabled

Setelah kalian aktifkan plugin google xml sitemaps, kalian akan menemunkan sitemap baru kalian yang beralamtkan di [namablogkalian]/sitemap.xml. Kenapa sih akhirnya gue ganti? Karena, ada perbedaan cukup jauh dari yang sebelumnya.

Saat gue menggunakan yoast, artikel yang terindex sitemap hanya sekitar 5.000 url saja. Ketika gue menggantinya, ternyata menjadi 8000 lebih. Terlihat dari sana, memang ada sedikit keanehan bukan? Itu alasannya kenapa gue memilih untuk mengganti sitemap blog sederhana ini.

Baca Juga  Pengalaman Pertama Menggunakan Kamera Nikon D3100

2 Comments

  1. antara seo ultimate dengan scribe bagusan mana mas
    punya saya pake all in seo pack terlalu berat di pemakaian ram mau saya ganti
    makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengganti Sitemap Blog Dengan Plugin Lain Dengan Mudah

Waktu Untuk Membaca 2 min
2