Menghasilkan Uang Dari Blog? Tidak Semudah Yang Kalian Bayangkan!

menghasilkan uang dari blog

Banyak yang beranggapan bahwa kita dapat menghasilkan uang dari blog hanya sebatas menulis artikel yang diminta oleh client yang ingin menggunakannya. Oleh karena itu, blog semakin banyak niche-nya tetapi blogger yang memiliki blog tersebut orangnya itu-itu saja. Meskipun, banyak juga yang blogger yang memang baru memulainya dan langsung memiliki pikiran untuk menghasilkan uang.

Seberapa Mudah Sih Menghasilkan Uang Tersebut?

Faktanya, untuk menulis blog dan menghasilkan uang dari internet tentu ada beberapa faktor yang akan dilihat sebelum menghasilkan pendapatan dari blog yang kalian kelola. Mulai dari hal teknis sampai dengan non teknis yang terlihat kasat mata oleh orang lain. Apalagi, orang yang meminta kalian menulis di blog kalian mengeluarkan dana untuk hal tersebut.

Seberapa Bagus Performa Blog Kalian?

Performa menghasilkan uang dari blog

Pertanyaan yang harus kalian tanya dalam hati kalian adalah apakah performa blog kalian cukup bagus untuk membantu client yang ingin dipromosikan oleh kalian? Biasanya ketika ada yang ingin mempromosikan produknya, berharap pada jumlah pembaca artikel yang kalian tulis di blog kalian sebarapa banyak.

Apa saja sih yang dinilai? Ada beberapa parameter yang biasa dinilai, seperti jumlah pembaca artikel tersebut, berapa lama pengunjung membaca artikel tersebut, seberapa besar interaksi yang terjadi pada artikel tersebut dan lain sebagainya. Itulah kenapa, kalian harus tahu seberapa bagus performa blog kalian berdasarkan google analytics yang terpasang.

Selain google analytics, akhir-akhir ini paramater lainnya untuk melihat seberapa bagus performa blog kalian adalah nilai domain authority sebuah blog. Karena, banyak yang beranggapan bahwa semakin bagus angkanya akan semakin bagus juga performanya. Padahal, untuk mendapatkan pengunjung yang banyak tentu ada faktor lainnya.

Salah satu faktor yang bisa membuat arikel kalian banyak pembacanya adalah dengan menggunakan teknik optimasi SEO, baik itu onpage ataupun offpage. Ini harus kalian perhatikan juga bagaimana cara melakukannya dengan baik. Untuk ini, kalian bisa mempelajarinya dari berbagai sumber yang kalian percayakan. Kalau tanya gue, kadang membacanya dari ahrefs blog atau semrush blog.

Yakin Bisa Mencapai Targetnya?

Mencapai Target

Setelah kalian tahu bagaimana performa blog kalian sendiri, coba tanyakan dalam diri kalian apakah bisa mencapai target yang diberikan oleh client yang meminta tulisan kalian dipromosikan di blog kalian tersebut.

Meskipun kebanyakan para client tidak memberikan target tersendiri, biasanya secara tidak tersurat kebutuhannya berbeda-beda. Ada beberapa yang meminta jumlah orang yang membaca artikel tersebut, seberapa banyak kalian menyebarkan artikel tersebut dan lain sebagainya.

Tetapi, hal paling sulit adalah ketika target yang diberikan adalah jumlah registrasi, download atau beberapa jenis CPA lainnya. Biasanya, selain mengeluarkan dana untuk tulisan kalian mereka akan membayarkan lebih dari link yang mereka berikan ketika ada pembaca yang melakukan register, download dll.

Pada kenyataannya, dibalik para client meminta kalian menulis artikel dan menyebarkan link di blog kalian, target yang tidak tersurat adalah sebuah angka yang diasumsikan dari laporan google analytics kalian sebelum memulai tulisan untuk menghasilkan uang dari blog kalian tersebut. Yakin, bisa mencapai target yang diberikan?

Effort Kalian Sebesar Apa Sih?

Effort

Performa blog kalian bagus, kalian bisa mencapai target yang diberikan, lantas berikutnya seberapa besar effort yang kalian keluarkan untuk tulisan tersebut. Mulai dari membuat gambar untuk artikelnya, seberapa dalam riset yang kalian tulis untuk artikel tersebut, dan lain sebagainya. Entah kalian membuat gambar di canva atau kalian membuat stok foto sendiri.

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog sendiri, memang tidak mudah. Karena, ada cukup banyak hal yang harus kalian perhatikan untuk menunjang tulisan tersebut secara teknis atau non teknis. Pertanyaannya, yakin masih mau membuat blog baru untuk menghasilkan uang dari blog yang akan kalian buat?