aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Siapa Bilang, Jadi Blogger Itu Enak?


By on July 25th, 2018 in Curhat Blog

Jadi Blogger Itu Enak

Jadi blogger itu enak, iya ga sih? Bisa dapet ini, itu dan lain sebagainya!” Cukup banyak yang beranggapan seperti ini, terutama teman-teman dan lingkungan sekitar yang memang belum tahu mengenai dunia blog. Sebenarnya, banyak hal yang harus diperhatikan, bukan hanya sekedar menulis dan mendapatkan sesuatu yang kita inginkan.

Jadi blogger zaman dahulu kala, memang cukup menuliskan opini berdasarkan data yang mereka dapatkan dan bisa dipertanggung jawabkan. Lantas, apakah berbeda dengan blogger saat ini? Sebagai seseorang yang sudah cukup merasakan perbedaannya, gue beranggapan cukup berbeda sekali. Apa saja?

Baca Juga  Foto Selfie Dapat Hadiah? Bisa!

Itu Enak!

Masih ingat ketika dulu, tahun 2011 memulai menulis dan membuat blog pribadi dan berakhir sampai sekarang. Dulu, yang dibahas adalah SEO yang menggunakan dasar-dasar yang bikin gue mumet sampe ubun-ubun. Bahkan, gue bisa ga tidur buat cari tahu informasi tentang ini. Selain itu, masih banyak blogger yang menulis hanya menulis saja tanpa memikirkan apapun dan ketika blogger lain ada topik yang menarik mereka akan berkunjung dengan senang hati.

Dulu, masih cukup ramai dengan lomba SEO yang dimana algoritma google masih belum sekeras sekarang. Masih banyak keseruan yang ketika mengikuti lomba saling berjuang, tapi ketika bertemu justru biasa saja dan ga jarang saling berbagi ilmu.

Setidaknya, itulah yang gue rasakan dan alami pada masanya. Belum banyak “brand” atau “client” yang menggunakan blog sebagai media publikasi terhadap apa yang ingin dikeluarkan oleh mereka. Jadi, semuanya tidak terlalu bergantung dengan penulisan, pengunjung dan lain-lain. Bagaimana dengan sekarang?

Itu Enak?

Begini teman-teman yang budiman, ketika kalian melihat betapa enaknya seorang blogger untuk mendapatkan sesuatu dari blognya, itu yang kalian lihat hanya luarnya saja. Bagaimana prosesnya? Apa yang terjadi di belakang layar tersebut?

Menulis Dengan Bagus

Blogger Itu Enak

Ini hal yang pertama harus kalian lakukan, bagus disini dalam artian untuk pengunjung yang akan melihat tulisan kalian. Tapi, tidak mengenyampingkan tulisan tersebut untuk bagus dibaca oleh mesin pencari. Banyak hal yang kemudian harus diperhitungkan, berapa lama kalian menulis, gambar ilustrasi yang seperti apa, mempelajari bagaimana gaya menulis yang cocok, dll.

Bukan hanya tulisan, tetapi desain blog yang cocok dengan kalian atau pengunjung kalian sampai dengan navigasi yang tidak membingungkan pengunjung bahkan robot dari si mesin pencari yang akan datang melihat tulisan yang kita buat. Ini semua saling berkaitan dengan seberapa banyak pengunjung yang akan datang membaca tulisan kalian tersebut?

Mempelajari Cara Promosi & Menganalisa

Tulisan yang bagus tentu ingin banyak yang membaca bukan? Itulah mengapa, selain harus menulis yang bagus kalian juga harus mempelajari bagaimana promosi tulisan kalian, bagaimana menggunakan SEO untuk tulisan kalian, sampai dengan membuat judul atau apapun semenarik mungkin untuk menarik pengunjung yang akan datang membaca artikel atau tulisan kalian.

Sampai sini, masih bilang jadi blogger itu enak? Sudah terbayang betapa jatuh bangun seorang blogger membuat blognya menjadi berharga? Selain itu bagaimana kalian membuat tulisan dikemudian harinya? Disinilah kalian harus bisa menganalisa, konten seperti apa yang disukai pengunjung? Provider apa yang digunakan oleh pengunjung kalian? Dan lain sebagainya.

Menjaga Relasi

Nah, ini sebenarnya bukan hal yang sulit tapi bukan hal yang gampang juga. Ini kalian harus bisa menjaga relasi entah kepada blogger lain ataupun “brand” yang bekerjasama dengan kalian. Menjaga sikap selama di dunia media sosial dan lain-lain. Penting? Ini penting untuk kalian lakukan, tidak hanya sebatas secara lisan tetapi juga di media sosial yang kalian gunakan.

Baca Juga  Vape dan Beragam Pandangan Mengerikan dimata Umum

Kesimpulan

Masih ada yang bilang menjadi seorang blogger itu enak? Dibelakang layar yang kalian lihat dari seorang blogger itu mereka harus belajar banyak hingga terlihat sampai saat ini. Bukan semata menulis, tapi menyajikan data dengan gaya bahasa masing-masing dan membuat orang tertarik untuk membaca artikel yang dibuatnya. Tidak hanya hard skill, soft skill juga dibutuhkan untuk hal tersebut. So, masih mau bilang jadi blogger itu enak?

2 thoughts on “Siapa Bilang, Jadi Blogger Itu Enak?

  1. #imo: itu tergantung dilihat daribkacamata apa dulu. tapi kalau admintanya enak jadi bloger? saya jawab enak dan menyenangkan. karena ini relative. relativenya bagimana. karena tidak semua blogger punya niche yg sama. contoh emak2 blogger. mereka senang menulis karena ingin curhat. walaupun gaya tulisan amburadul. walaupun g dibayar mereka have fun saja. beda lagi kli niatnya cari uang. beda lagi kalau freelance. beda-beda. tapi sekali lagi kalau ditanya enak g jadi blogger. saya jawab enak dan menyenangkan. ngapain dilanjutin jadi blogger klo diawali dgn kata g enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *