Ini Perlengkapan Bayi Baru Lahir Untuk Diketahui Oleh Ayah, Kaya Gue!

Pakaian Bayi Baru

Tidak hanya istri yang harus mengetahui perlengkapa yang akan digunakan sang calon bayi, ayah juga harus tahu apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang nantinya akan digunakan selama 3 bulan kedepan. Sama seperti gue, awalnya cukup kaget dengan keadaan dimana setiap minggu kedatangan paket kiriman dari toko online.

Usut punya usut, ternyata istri cukup rajin membeli perlengkapan bayi waktu itu. Kalau kalian belum tahu kapan gue punya anak dan menjadi ayah, kalian bisa baca dulu artikel lama gue ya. Disana gue belum menceritakan, apa saja yang diperlukan dan apa yang dibeli oleh istri. Sekarang, mungkin waktu yang tepat karena Azzam (baca: nama anak gue) sudah berumur 3 bulan.

5 Perlengkapan Wajib Untuk Bayi Baru Lahir

Cerita singkatnya, istri gue melahirkan secara sesar karena sudah terlebih dahulu pecah ketuban. Disaat yang bersamaan, gue masih berada dikantor dan mendengar kabar tersebut gue langsung memutuskan pulang. Untung saja, beberapa perlengkapan bayi beserta gue dan istri sudah dipersiapkan jauh hari. Apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus kalian siapkan saat akan menjadi ayah?

Bedongan Bayi

Bedongan Bayi

Perlengkapan pertama yang harus kalian miliki yaitu bedongan bayi. Gue gak tau apa sebutannya untuk kalian, tapi gue menyebutnya ya bedongan bayi. Ini dibutuhkan karena bayu yang baru lahir tentu belum terbiasa dengan udara diluar kandungan ibunya.

Berdasarkan pengalaman, kalian membutuhkan cukup banyak bedongan bayi mulai dari baru lahir sampai seterusnya. Selain menghangatkan tubuh si bayi, ini juga berfungsi sebagai alas ompolnya dia saat berusia 2 atau 3 bulan setelahnya.

Perlengkapan bayi yang satu ini banyak memang pilihan bentuknya, ada yang kain seperti yang gue gunakan, ada yang berbentuk hijab untuk bayi cewek, ada juga beberapa lainnya kalian bisa lihat di beberapa toko online kesayangan kalian.

Perlak Bayi

Perlengkapan Bayi Perlak

Perlak bayi juga harus kalian miliki, meskipun pada nantinya sang bayi baru lahir akan tetap dipelukan ibu dan ayahnya. Tetapi, saat bayi sudah terbiasa dengan udara sekitarnya, maka kalian akan menaruh perlak yang dilapisi dengan bedongan bayi untuk memandikannya.

Tapi perlu kalian ingat, penggunaan perlak sebaiknya dilapisi lagi dengan kain ataupun alas yang lebih adem. Mengingat, perlak bayi sendiri terbuat dari nilon dan memiliki sedikit busa tipis yang membuat bayi kalian nyaman saat berada diatasnya.

Pakaian Bayi Baru Lahir

Pakaian Bayi Baru Lahir

Perlengkapan bayi baru lahir berikutnya adalah pakaian, termasuk juga celana yang akan digunakan ya. Untuk bayi baru lahir, sebisa mungkin jangan membeli pakaian yang terlalu banyak. Pengalaman gue saat ini, baju yang gue beli saat pertama Azzam baru lahir sudah tidak muat digunakan pada bulan ke-2 dan gue harus membelinya lagi.

Saran gue, baju bayi yang kalian beli tidak usah terlalu banyak karena hanya akan memenuhi lemari saat bayi tersebut berumur 2 bulan. Ada baiknya, kalian membeli baju bayi dengan melihat perkembangan anak saat ini.

Popok Kain Untuk Bayi

Popok Kain Untuk Bayi

Perlengkapan bayi yang baru lahir berikutnya yang wajib kalian miliki adalah popok. Ingat, popok disini yang kalian gunakan adalah popok kain, meskipun banyak diluar sana yang menyediakan diapers untuk bayi yang baru lahir.

Penggunaan diapers setiap saat akan membuat kulit bayi yang baru lahir menjadi iritasi, selain itu apabila terlalu lama digunakan pada bayi baru lahir akan menyebabkan iritasi kulit yang menimbulkan ruam. Itulah mengapa, lebih baik menggunakan popok kain.

Berdasarkan pengalaman, kalian harus menyediakan cukup banyak popok kain untuk bayi baru lahir karena jadwal buang air kecil dan buang air besar sang buah hati cukup sering. Tetapi, tergantung kalian ingin mencuci setiap hari atau tidak.

Gurita Bayi Baru Lahir (Optional)

Gurita Bayi Baru Lahir

Perlengkapan bayi baru lahir yang terakhir adalah gurita. Sebenarnya, gurita sendiri digunakan saat bayi sudah mulai terbiasa dengan udara sekitar dia setelah lahir ke dunia. Banyak yang menyarankan, gurita tidak usah digunakan dan diganti dengan kaos dalam.

Sebenarnya, apa sih fungsi gurita pada bayi baru lahir? Ini untuk menjaga bagian dada dan perut sang bayi tetap hangat meskipun sudah menggunakan pakaian dan tidak lagi di bedong, seperti Azzam saat berusia 1 bulan.

Saran gue, beli gurita bayi seperlunya saja. Karena, pada akhirnya kalian akan menggunakan kaos dalam sebagai penggantinya saat bayi berusia 3 bulan.

Dari ke-5 perlengkapan bayi baru yang lahir baik itu sesar ataupun normal, wajib kalian miliki agar tidak bingung lagi. Apakah ada yang terliwat? Silahkan tulis dikomentar yuk, apa sih perlengkapan bayi baru lahir yang biasa kalian gunakan.