aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Belajar Banyak dari Aktivitas Blog Walking


By on July 11th, 2018 in Curhat Blog

Kejadian iseng yang terbesit di otak gue ketika sedang tidak melakukan kegiatan apapun didepan laptop adalah blog walking. Apa itu blog walking? Sudah, kalian yang mengaku sebagai blogger pasti tahu apa itu. Dimana sebuah kegiatan saling mengunjungi dan melihat artikel terbaru apa saja yang ada di blog yang kalian kunjungi. Iya ga sih?

Blog Walking

Untuk beberapa orang, kegiatan ini dilakukan setiap hari untuk tujuan yang berbeda. Tapi, ga sedikit juga yang males melakukan hal ini seperti gue. Banyak hal yang mendasari malasnya seseorang melakukan ini, tapi yang paling sering adalah ga ada waktu untuk melakukannya.

Kemarin, gue mencoba ingin melakukan hal ini dari teman-teman sekitar yang ada diranah facebook personal gue. Cukup banyak ternyata yang masih rajin menulis, dan aktif dengan menggunakan blognya. Jadi, kalau ada yang bilang blog akan tergantikan oleh vlog karena memang lagi trend saat ini sepertinya ga begitu berpengaruh deh.

Oia, ngomongin soal blog walking ini sendiri akhirnya gue banyak mendapatkan pelajaran dari mereka semua. Apa aja sih pelajarannya?

Baca Juga  Curhat Seorang Anak Kepada Ayahnya

Membuat Tulisan Bercerita Dengan Baik

Iya, sepertinya hal ini memang sedang berkembang dan buanyak banget yang menuliskan dengan gaya bahasa bercerita. Sedangkan gue, nulis kaya gini aja berasa curhat iye ga. Etapi, ada pasarnya ga tuh tulisan yang pakai bahasa curhat begini? Ah, tetap ada pasarnya meskipun ga enak dibaca. Atau sebaliknya? Entahlah.

Tapi, dari semua blog yang gue kunjungi itu semuanya memiliki ciri gaya penulisannya tersendiri. Ada yang memang bercerita dengan santainya, sampai dengan gaya formal. Semua tergantung dari pemilik blog itu sendiri. Gue akui, gaya menulis blogger dengan gaya bercerita kali ini luar biasa. Gue harus belajar banyak kayanya nih :)

Menggunakan Templates Yang Minimalis dan Ramah Pengunjung

Iya, ini salah satu kelebihan blogger saat ini. Semuanya menggunakan templates yang minimalis, dan langsung to the point pada core blog-nya masing-masing. Berbeda dengan zaman dulu, yang selalu banyak pernak-pernik yang menurut gue bikin mata rada silau aja.

Kalau ngomongin templates, ini semuanya tergantung selera lagi sih. Karena menurut gue, ada templates yang ramah untuk pengunjung, ada juga yang ramah untuk mesin pencari. Nah, dari dulu gue selalu menggunakan templates yang setengah-setengah, ini harus gue benerin dan banyak belajar dari kalian semuanya.

Terstrukur dan Lebih Jelas

Ini yang gue pelajarin, terkait dengan templates yang digunakan teman-teman blogger disana. Mulai memperjelas bagian tertentu seperti akun media sosial, sampai adanya halaman peraturan untuk blog yang dikelolanya.

Baca Juga  Ini Lho Cara Mengamankan Anak Dari Video Dewasa Di Youtube

Diantara ketiga pelajaran tersebut, sepertinya ada beberapa hal yang kurang dari sekian banyak blog yang gue kunjungi beberapa waktu lalu. Diantaranya:

Tidak Menambahkan Bagian Artikel Terbaru

Ini dia yang gue lihat, banyak diantara teman-teman yang mengguakan template bermodel berita tidak mencantumkan bagian artikel terbaru, dan membiarkan pengunjung kebingungan mencari-cari mana bagian artikel yang baru saja mereka tulis.

Ini terjadi juga sama gue yang ketika hanya diberikan URL blog mereka dan ingin mencari tulisan terbaru mereka, bingung mau lihatnya yang mana. Buka 1 halaman yang ada didalamnya, justru artikel yang paling banyak yang ditampilkan. Sebaiknya, tetap menggunakan bagian ini didalam blog kalian ya :)

Fitur Komentar Yang Menggunakan Google+

Ah, ada beberapa orang yang selalu beranggapan komentar menggunakan Google+ itu lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Ini tidak gue sanggah, tapi ada baiknya mengaktifkan yang namanya bagian Name/URL didalamnya. Banyak orang yang tidak nyaman ketika harus berkomentar menggunakan akun Google+ yang digunakan saat ini.

Tapi, itu semua tergantung sih. Kebetulan, gue sendiri mulai males komentar kalau bagian komentarnya harus menggunakan akun Google+ apalagi ada captcha sebelumnya. Daripada menggunakan captcha, lebih baik komentar dimoderasi sebelum ditayangkan.

Baca Juga  Belanja Santai Menyambut Tahun Baru

Sebenarnya, ada 1 hal lagi yang menjadi keresahan gue ketika blog walking ke blog teman-teman yang dikelola. Tapi, apalah daya kalau gue sampaikan diartikel ini akan cukup banyak pro dan kontra. Jadi, gimana kalau kita bahasnya sambil ngopi atau duduk santai bareng gitu. Gimana, mau ga?

9 thoughts on “Belajar Banyak dari Aktivitas Blog Walking

  1. Kegiatan blogwalking sangat penting menurutku karena kita saling berkunjung dan berkenalan dengan sesama blogger juga memperkenalkan artikel terbaru.

    Salam,
    Happy Blogging

  2. Kreatif sekali mas Aldy, blog walking bisa jadi bahasan ditulis di blog ya… Saya sih gak tahu mas Aldy bw ke saya atau gak, tp ketika baca tulisan ini, sy terbantu dgn artikel untuk bikin portfolio di wp. Terimakasih…

    1. Hehe apa aja bisa jadi konten sebenarnya, tinggal mengolah kata & apakah bisa bermanfaat atau ga itu yg ga tau :)

  3. soal komentar saya sebenarnya agak kurang suka sama komentar google plus di blog, karena kadang lama banget dibuka comment form nya ga tau kenapa karena koneksi atau apalah.

    saya sendiri setia menggunakan komen form yang disediaka blogger, bahkan anonymous pun bisa berkomentar dan akan muncul setelah saya approve

    1. Iyaps, itu dia salah saru kekurangannya meskipun ada beberapa kelebihannya tapi bikin repot menurutku sih :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *