Berapa Sih Ukuran Sampul Saluran Youtube? Ini Cara Buatnya!

Untuk pembuat konten youtube, pasti akan bertanya berapa ukuran sampul saluran youtube (ukuran banner youtube) atau channel art youtube?


Untuk pembuat konten youtube, pasti akan bertanya berapa ukuran sampul saluran youtube (ukuran banner youtube) atau channel art youtube? Pasti bingung, udah bikin sesuai anjuran tapi kok ga pas ya? Entah kiri-kanannya atau atas bawahnya. Iya, kan? Gue bakalan kasih solusinya buat kalian, berapa sih sebenarnya ukurang banner youtube yang pas buat channel art kalian.

Ukuran Channel Art Youtube

Membuat atau mengedit header channel

Header channel ditampilkan sebagai spanduk di bagian atas halaman YouTube. Kalian bisa menggunakannya untuk menunjukkan identitas channel youtube yang kalian punya, selain itu kalian bisa memberikan tampilan serta nuansa yang unik buat halaman channel kalian tersebut. Bagaimana cara membuat sampul youtube? Silahkan baca artikel gue lainnya disana. 

Silahkan kalian ikuti panduan berikut ini untuk menyiapkan desain yang kalian inginkan untuk banner youtube kalian sendiri. Perlu diingat bahwa header channel terlihat berbeda-beda di layar desktop, perangkat seluler, dan TV. Jadi, pastikan untuk selalu melakukan proses pengecekan setelah kalian membuatnya.

Ukuran Sampul Saluran Youtube

Seperti yang gue sebutkan diatas, kalau Header channel yang kalian buat akan terlihat berbeda-beda di layar desktop, perangkat seluler, dan TV. Untuk mendapatkan hasil terbaik di semua perangkat, berikut ini ukuran yang sarankan oleh YouTube untuk mengupload satu gambar yang memilik ukuran 2560 x 1440 piksel.

Baca Juga  Cara Melihat Username Youtube atau ID Channel Youtube Sendiri
  • Dimensi minimum upload: 2048 x 1152 piksel.

  • Area minimum yang aman untuk teks dan logo: 1546 x 423 piksel.

  • Lebar maksimum: 2560 x423 piksel.

  • Ukuran file: 4 MB atau lebih kecil.

YouTube juga memberikan kalian templates supaya kalian lebih yakin, area mana yang bisa kalian gunakan sebagai channel art kalian. Dimana? Silahkan kalian lihat di Channel Art Templates yang diberikan oleh YouTube, nantinya kalian hanya tinggal mengikuti apa yang sudah ada. 

Bingung? Masih ga bisa ikutin juga apa yang udah dikasih sama YouTube? Kalau lebih mudah, kalian bisa baca artikel gue gimana cara membuat banner youtube tanpa harus menggunakan aplikasi editing. Bisa lihat semua tentang serba-serbi youtube yang udah gue buatin. Kemudian, kalian ga perlu panik gue bakalan kasih 1 file untuk kalian miliki dan tinggal kalian edit saja bagian yang sudah gue tandai. Jadi, kalian ga perlu repot.

Apa yang perlu kalian siapkan? Pertama, siapkan kuota internet kalian karena bakalan mengunduh cukup besar. Kedua, siapkan aplikasi photoshop dan yang terakhir ya siapin gambar yang mau kalian pakai buat channel art kalian dong, masa ga disiapin.

Channel Art Youtube

Tuh, gambar diatas kalian tinggal klik aja udah langsung bisa dapattemplates dari gue. Kalian ga perlu cari tahu lagi berapa ukuran sampul saluran youtube di google, tinggal edit dan kalian siap untuk membuat channel art kalian sendiri. Gampangkan? Selamat berkarya di YouTube, ya. Jangan bingung lagi sama ukuran banner youtube kalian sendiri!

Baca Juga  Serba Serbi Youtube Untuk Yang Baru Memulai Channelnya

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berapa Sih Ukuran Sampul Saluran Youtube? Ini Cara Buatnya!

Waktu Untuk Membaca 2 min
5