Mengatasi Munculnya Karakter atau Huruf di WordPress

Munculnya karakter atau huruf Â atau €

Munculnya karakter atau huruf atau di wordpress bagi sebagian orang memang tidak mengalaminya, tapi sayangnya beberapa waktu yang lalu (bahkan sudah berbulan-bulan) gue mengalaminya cukup mengganggu. Apalagi, ketika menuliskan kata dalam format BOLD, ITALIC, atau UNDERLINE hal ini selalu muncul ketika artikel tersebut saya tayangkan.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?Wordpress Adalah Bagian Paling Besar dalam Dunia CMS, itu karena mereka digunakan oleh banyak orang sehingga memungkinkan banyak orang bertanggung jawab juga mencari celah untuk masuk kedalam sistem kita.

Mengapa banyak muncul karakter atau huruf aneh seperti ini pada posting kita di WordPress? Itu karena database kita tidak dapat menerjemahkan huruf tersebut. Bagaimana mentagasinya? Gampang kok, silahkan ikuti aja langkahnya dibawah ini ya:

  • Login Ke Cpanel Kita
  • Masuk Filemanager
  • Cari File wp-config.php
  • Pada Barisdefine (‘DB_CHARSET’, ‘utf8’);
    define (‘DB_COLLATE’, ‘);
  • Tambahkan ” // ” didepannya tanpa tanda kutip jadi akan menjadi //define (‘DB_CHARSET’, ‘utf8’);
    //define (‘DB_COLLATE’, ‘);
  • Lalu Save

Gampang, kan? Ini cuma update singkat aja tentang ngatasi masalah itu. Semoga bisa ngebantu kalian yang cari tahu tentang ini ya. Kalau emang artikel kaya gini ada manfaatnya, mending share ke yang lain deh biar pada tau juga caranya. Sayangkan, info sederhana kaya gini ga dishare ke yang lain :)