aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Perubahan Program Mitra YouTube di Mata Gue


By on January 17th, 2018 in Youtube

YouTube, hari ini berita di media sosial gue ramai banget yang bahas ini. Ada apa sih? Iya kaya judulnya, ada perubahan program mitra youtube itu sendiri. Lho, emang apanya yang berubah? Bukannya terakhir yang berubah itu untuk monetasinya? Iya, YouTube baru ngeluarin aturan baru lagi :)

Sebelumnya, persyaratan untuk menjadi Program Mitra YouTube adalah 10.000 tampilan seumur hidup (lifetime views). Mulai hari ini dan kedepannyaa akan menjadi4.000 jam waktu tayang (Watch Time) dalam 12 bulan terakhir dan 1.000 subscriber.

Nah, ini dia yang bikin ketar-ketir para pembuat konten video di YouTube. Banyak yang belum memenuhi syarat tersebut. Kenapa sih youtube harus bikin kebijakan kaya gini? Mungkin ini salah satu cara dan upaya youtube untuk terus melindungi platform YouTube dari penyalahgunaan, mereka mau mengingatkan para kreator agar selalumematuhi Pedoman Komunitas YouTube, Dasar-dasar & Kebijakan Monetisasi, Persyaratan Layanan, dankebijakan program Google AdSense, karena pelanggaran terhadap salah satunya bisa membuat channel kalian dikeluarkan dari Program Partner YouTube.

Sedikit gue kutip dan ambil dari blog resminya & forum resminya, adalah:

  • Jika Anda belum mendaftar ke Program Mitra YouTube:Anda dapat mengajukan permohonan dan kami akan meninjau permohonan Anda segera setelah saluran Anda mencapai ambang baru. Selama proses peninjauan, kami mengevaluasi aktivitas saluran Anda – hal-hal seperti video yang diupload, strikers/pelanggaran, penayangan (views), subs, dan waktu tonton (watch time) – untuk memastikannya mematuhi kebijakanProgram Mitra YouTube,Persyaratan Layanan YouTube,Kebijakan Spam YouTube, danPedoman KomunitasYoutube.
  • Jika aplikasi Anda saat ini sedang dalam proses peninjauan:Kami tahu banyak dari Anda sedang menunggu aplikasi Program Mitra YouTube yang tertunda.Jika Anda memenuhi ambang batas yang baru, permohonan tertunda Anda akan ditinjau dalam beberapa minggu ke depan,jadi lihatlah update email di sekitar periode waktu tersebut. Jika Anda tidak memenuhi ambang batas yang baru maka aplikasi Anda akan ditinjau setelah Anda mencapai 4.000 jam waktu tonton (watch time) / 1.000 subscriber.
  • Jika saat ini Anda menjadi bagian dari Program Mitra YouTube: Persyaratan baru ini berlaku untuk saluran yang ada yang saat ini menjadi bagian dari Program Mitra YouTube jadi jika Anda berada di bawah ambang batas, Anda akan memiliki tenggang waktu 30 hari sebelum iklan berhenti berjalan pada video Anda Jika Anda mencapai ambang baru selama 30 hari tersebut, Anda tidak akan dihapus dari program ini.

Sekarang, pendapat gue tentang ini gimana? Ini murni pandangan gue pribadi tentang ini ya. Gue dari 2016 mulai channel youtube gue, tapi ngeliat youtube dan video yang ada disana emang kualitas kontennya agak menurun sih. Ga percaya? Salah satu tandannya ada di bagianTrending. Kalau ga percaya, coba aja lihat sendiri videonya kaya gimana.

Nah, sesuai sama visinya mereka gue sependapat sih karena bakalan ngurangin para pembuat konten yang hanya sebatasreupload konten video orang lain. Terus, selain itu gue cukup terkesan sama resiko yang diambil sama youtube. Kenapa? Karena, dengan kaya gini bakalan ningkatin pembuat konten yang baru untuk lebih mikirin kualitas kontennya, daripada adsense semata.

Lantas, pembuat konten yang sudah memenuhi syarat gimana? Mungkin, ini jadi kabar bahagia ya karena pundi-pundi rupiah bakalan lari ke mereka semua yang sudah memenuhi syaratnya. Nah, kalau udah gitu pasti kualitas konten mereka bakalan naik lagi dong. Ya meskipun ga semuanya terpatok sama adsense sih.

Terus, buat pembuat konten yang baru mulai gimana? Gue dari awal udah bilang, jangan pernah punya patokan sama views atau adsense yang bakalan didapat, tapi berpatokan sama konten yang kalian buat. Ada manfaatnya ga? Kalau ga ada dan sekiranya ga layak ditonton, mendingan jangan buat konten di youtube. Nah, mulai sekarang ini juga jadi pelajaran gue sih buat naikin kualitas konten gue dari segala lini. Tujuannya? Ya biar makin bagus aja udah.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Baca Juga  Ini Menurut Gue Aturan Baru Youtube, Kalau Menurut Kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *