Perlengkapan Youtuber Gaming Pemula Low Budget

perlengkapan youtuber gaming pemula

Beberapa tahun terakhir cukup banyak yang berminat menjadi youtuber gaming, tapi apa saja sih perlengkapan youtuber gaming pemula yang dibutuhkan? Sebenarnya, alat yang digunakan bisa terbilang cukup low budget dan mudah digunakan. Hanya saja, banyak diantara mereka yang ingin mengikuti youtuber gaming yang sudah sukses.

perlengkapan youtuber gaming pemula

Ketika kalian ingin melakukan live streaming game, tentu ada banyak persiapan dan memerlukan cara yang berbeda. Tenang, masalah cara live streaming game sudah pernah gue bahas di artikel lainnya. Apa saja aplikasi live streaming yang digunakan kalian bisa lihat sendiri.

Perlengkapan Youtuber Gaming Pemula Low Budget

Ketika kalian baru memulai channel youtube dengan memilih sebagai youtuber gaming, tentu peralatan yang kalian gunakan harus seminimal mungkin karena kalian belum mendapatkan apapun. Berikut ini beberapa perlengkapan youtuber gaming pemula yang bisa kalian siapkan:

Smartphone, Laptop atau PC

Tergantung kalian lebih nyaman menggunakan perangkat yang mana. Saat pertama kali gue membuat channel youtube gaming, gue lebih memilih menggunakan smartphone dibandingkan laptop atau PC.

Alasannya tentu, karena gue tidak mungkin mengeluarkan budget lebih diawal. Lantas yang gue lakukan adalah memaksimalkan smartphone yang gue punya. Apa sih kelebihan membuat konten youtube gaming menggunakan smartphone?

  1. Bisa mengikuti trend gaming. Betul, ketika kalian menggunakan smartphone, kalian bisa mendapatkan permainan yang sedang trending atau baca dimainkan orang lain. Misalnya PUBGM, Mobile Legends, CODM, Free Fire dll.
  2. Lebih mudah. Selain mengikut game trending saat ini, kalian bisa lebih mudah merekam atau membuat konten. Bisa darimana saja dan dimana saja tentunya.

Selain kelebihan, tentu ada dong kekurangan yang gue rasakan ketika membuat konten gaming dari smartphone yang gue pakai. Apa saja?

  1. Memori terbatas. Betul, karena pada dasarnya smartphone yang gue gunakan sudah cukup terinstal beberapa aplikasi. Jadi, ketika merekam atau membuat konten youtube gaming menjadi bingung dengan kapasitas memori.
  2. Kendala teknis pada smartphone. Ada beberapa kendala yang biasanya terjadi, mulai dari baterai cepat habis, handphone terasa panas dan lainnya.
  3. FPS game menurun. Ini dia efek dari kendala teknis yang terjadi saat perekaman, frame per second pada game yang kalian mainkan akan turun secara tiba-tiba.

Headset atau Headphone

Kalian tentu sudah tahu dong perbedaan headphone dan eaphone? Ini yang paling penting, tujuannya adalah kalian bisa mendengar semua yang sedang terjadi saat kalian bermain game dan merekem pada layar smartphone kalian.

Ini adalah salah satu peralatan Youtuber Gaming yang wajib dipunyai. Selain bisa bermain game dengan maksimal, kalian nggak akan mengganggu orang lain meski suara game begitu berisik.

Aplikasi Perekam Layar

Namanya juga konten gaming, jadi cara bikin kontennya ya pake software perekam layar.  Ada beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa gue kasih untuk kalian jadikan salah satu peralatan Youtuber Gaming pemula.

Pertama adalah Bandicam, kalian bisa tahu FPS yang terjadi saat kalian memainkan sebuah game. Kedua adalah screen recorder, iya itu adalah namanya. Kalian bisa cari di google play store kalian untuk mendapatkannya.

Aplikasi Editing Video

Alat penting untuk menjadi youtuber gaming pemula yang harus kalian punya adalah aplikasi edit video. Percuma, setelah kalian merekam permainan kalian yang ciamik tapi tidak ada editing didalamnya.

Baik untuk menambahkan efek, lagu atau lainnya yang mendukung kalian agar dianggap youtuber gaming pemula yang pro. Kalian bisa gunakan kinemaster, viva video dll yang nyaman dengan gaya editing kalian sendiri. Tentunya, menyesuaikan dengan spesifikasi smartphone kalian.

Game / Permainan

Seperti yang gue bilang diatas, kalau mau jadi youtuber gaming katanya sih cobain bikin konten gaming yang sudah populer dulu. Tapi, kalian harus menyajikannya dengan penampilan yang berbeda dengan youtube gaming pemula lainnya.

Biasanya, game yang dimainkan itu kalau gak mobile legends, pubg mobile atau call of duty mobile. Kalau kalian lebih suka yang mana untuk dimainkan pertama kali?

Kamera

Kenapa kamera menjadi alat youtuber gaming pemula? Karena, penonton youtube ingin melihat ekspresi kalian saat bermain game. Kamera tidak perlu kalian beli kalau kalian sudah menggunakan smartphone.

Biasanya, banyak youtuber gaming pemula menggunakan aplikasi perekam layar yang sudah memungkinkan merekam wajah dengan kamera depan juga. Tergantung smartphone yang kalian gunakan juga sih. 

Tapi, kalau mau berbeda silahkan kalian gunakan kamera pada ponsel lainnya atau menggunakan kamera yang kalian punya untuk merekam ekspresi kalian saat bermain game.

Layar Green Screen

Dengan menggunakan layar Green Screen ini memungkinkan kalian untuk tampil di layar. Untuk versi ekonomisnya, bisa diakali dengan gabungan kamera dan software perekam layar yang bisa merekam layar sekaligus menggabungkan video dari kamera.

Beberapa peralatan youtuber gaming pemula diatas bisa kalian miliki dengan budget yang minimim. Semuanya tergantung konten apa yang kalian sajikan, bukan alat atau perlengkapan youtuber gaming pemula apa yang kalian pakai.