Cara Optimasi Video Lama di Youtube Channel Kalian

Optimasi Video Youtube

Melakukan optimasi video youtube ternyata bukan hanya dilakukan untuk video yang baru saja kalian upload di channel youtube kalian. Video yang sudah lama terupload juga harus di optimasi agar tetap mendapatkan viewers yang stabil meskipun sudah cukup lama.

Berdasarkan pengalaman gue, cara optimasi video youtube yang gue tuliskan ini berlaku untuk konten evergreen atau konten yang tidak memiliki batasan waktu. Apakah cara ini berlaku untuk konten trending? Sejujurnya gue belum pernah mencobanya, karena channel youtube.com/putraaldy terbilang sangat jarang membuatnya.

Cara Optimasi Video Youtube Lama di Channel Kalian

Optimasi Video Youtube

Sebenarnya cara ini membutuhkan waktu yang cukup banyak, apalagi kalian yang sudah cukup lama membuat video di channel pribadi kalian. Berikut ini beberapa cara optimasi video lama yang sudah ada di channel youtube kalian:

Perbaiki Metadata Video

Sama seperti cara mengoptimalkan video yang baru kalian buat dan upload ke channel kalian. Hal pertama yang kalian lakukan adalah memperbaiki metadata seperti judul, deskripsi dan juga meta tags video lama kalian. Contohnya seperti ini:

Perbaikan Metadata Video Lama

Pada gambar diatas, baru 1 video yang gue perbaiki metadata videonya. Selebihnya, kalian bisa lihat sendiri, masih perlu perbaikan untuk optimasi video yang ada di channel youtube. Kenapa perlu di optimasi metadata video lama ini?

  1. Judul menggunakan bahasa Inggris. Isi video yang gue buat menggunakan bahasa Indonesia. Dengan kata lain, ketika orang luar negeri melihat video tersebut, merasa tidak paham dengan isinya.
  2. Deskripsi tidak sesuai. Ketika melihat salah satu video diatas, tidak jarang pada bagian deskripsi tidak terisi dengan sempurna atau tidak menjelaskan isi video yang gue buat.
  3. Tag tidak ada. Saat pertama gue membuat video youtube, tentu gue tidak memikirkan sampai disini. Saat sekarang, barulah kita ubah untuk optimasi video di channel gue.

Perbaiki Cards Pada Video

Ini hal yang cukup penting untuk melakukan optimasi video youtube yang sudah lama ada di channel gue. Kenapa? Pada awal gue membuat channel youtube, fitur cards masih belum dan saat itu menggunakan annotations.

Saat ini, fitur annotations sudah dihilangkan oleh pihak youtube dan digantikan dengan cards. Dengan begitu, semua annotations yang ada di video lama gue pasti hilang bukan? Inilah saatnya untuk optimasi video dengan menambahkan cards.

Hal ini juga mempengaruhi algoritma youtube tahun ini, dimana jumlah waktu tonton yang cukup tinggi agar mendapat rekomendasi youtube. Dengan menambahkan cards pada video lama, ini membuat orang semakin betah berada di channel youtube kalian.

Perbaiki Call To Actions End Screen

Setelah kalian memperbaiki metadata dan juga cards, cara optimasi video youtube yang sudah lama juga harus ditambahkan dengan fitur end screen. Contohnya seperti dibawah ini:

Perbaikan End Screen Video Lama

Pada detik atau menit terakhir, terlihat tidak ada sama sekali bagian end screen disana. Padahal salah satu cara mendapatkan subscribers banyak dengan menggunakan call to actions, atau ajakan melakukan subscribe. 

Selain itu, fungsi end screen juga bisa membuat link building pada video lama kalian di channel youtube yang kalian miliki. Hal ini berguna sebagai SEO untuk youtube channel kalian nantinya.

Cara Melihat Video Lama Belum Dioptimasi

Bagaimana cara melihat video lama kalian sudah dioptimasi atau belum? Cara paling mudah adalah dengan melihat beberapa video lama yang ada di channel kalian. Berikut cara mudah untuk melakukan hal tersebut.

  • Buka url channel youtube kalian.

Buka URL Channel Youtube

  • Klik pada tab videos seperti yang diberikan kotak warna merah pada gambar diatas.

Buka Tab Videos Channel

  • Klik bagian yang diberi tanda merah, sort by. 
  • Pilih tulisan date added (oldest).
  • Pilih video yang ingin kalian optimasi.
  • Lakukan cara optimasi video seperti diawal gue ajarkan.

Cek Hasil Optimasi Video Lama

Setelah tahu cara melakukan optimasi video lama, tahu bagaimana melakukan pengecekan yang sudah atau belum teroptimasi, yang terakhir adalah cek hasil optimasi kalian sudah cukup atau belum

Biasanya, gue menggunakan sebuah tools yang bernama tubebuddy atau menggunakan tools seo youtube lainnya. Dengan menggunakan tools ini, kalian bisa tahu apakah tag sudah sesuai atau belum. Jumlah karakter pada judul sesuai atau tidak, dan lain sebagainya agar optimasi video youtube kalian lebih maksimal.

Kesimpulan

Cara optimasi video lama yang ada di channel youtube kalian memang membutuhkan waktu yang lama. Namun, hasil yang diberikan terbilang cukup baik dibandingkan kalian membiarkan video tersebut apa adanya.

Optimasi video bukan hanya sebatas pada metadata dan hal teknis pada video yang sudah kalian upload. Ada bagian lainnya yang perlu juga kalian lakukan termasuk backlink youtube dan lainnya. Kalian bisa baca mengenai youtube yang sudah gue tuliskan.

Sekian dulu artikel gue tentang optimasi video ini. Semoga kalian sekarang sudah tahu dengan lengkap, bagiamana cara optimasi video youtube yang sudah lama ada di channel kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *