Cara Melumasi Rantai Motor

Banyak cara melumasi rantai motor yang kalian miliki, salah satunya menggunakan cairan pembersih rantai untuk merawat rantai motor.


Banyak cara melumasi rantai motor yang kalian miliki, salah satunya menggunakan cairan pembersih rantai untuk merawat rantai motor. Masih cukup banyak orang diluar sana yang menggunakan cairan pembersih seperti WD40. Sebenarnya, boleh gak sih melumasi menggunakan WD40 untuk motor? Sudah pernah gue bahas, kalian boleh baca artikel gue yang sudah gue tuliskan.

Cara Melumasi Rantai Motor

Tips Melumasi atau Merawat Rantai Motor Dengan Mudah!

  • Jangan gunakan oli bekas. Memakai oli bekas atau gemuk justru akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet.
  • Bersihkan rantai secara rutin. Pastikan kalian rutin membersihkan rantai motor ya. Selain terlihat bersih, rantai motor akan menjadi lebih awet deh.
  • Gunakan rantai dan gear yang asli. Ini tergantung kalian sih, kalau gue sudah menggantinya dengan rantai motor untuk balapan dan terbukti memang lebih awet.
  • Lakukan penyetelan secara rutin. Selain melumasi rantai motor, kalian juga harus rajin melakukan pengecekan dan melakukan penyetelan ulang pada rantai motor kalian agar lebih terjaga.

Sebenarnya, bagaimana sih untuk melakukan pembersihan pada rantai motor kalian? Misalkan, kalian berkendara dalam keadaan panas kemudian ditengah perjalanan kalian tiba-tiba hujan deras datang. Tips yang paling baik untuk melakukan pembersihan dan cara melumasi rantai motor pada saat seperti ini adalah kalian cukup menyiram rantai motor kalian dengan air bersih. Sebagai informasi, rantai motor yang gue gunakan saat ini adalah rantai motor SSS warna gold.

Baca Juga  Flat Visor NHK Terminator Akhirnya Terpasang

Fungsinya adalah untuk menghilangkan bekas pasir atau debu yang ikut pada air hujan tersebut. Setelah itu, barulah kalian keringkan dengan lap yang sudah tidak terpakai. Setelah semuanya kering, barulah kalian lumasi rantai motor kalian agar tingkat keamanan dan kenyamanan berkendara tetap terjaga sepanjang kalian menggunakannya.

Lantas, merk pelumas rantai apa yang gue gunakan untuk melumasi rantai motor gue? Kalau kalian sudah pernah baca artikel sebelumnya, gue hanya menggunakan minyak untuk membersihkan mesin jahit. Singer, kalau kalian pernah dengar atau tahu mengenai merk yang satu ini. Apa kelebihannya? Debu tidak mudah menempel, harga cukup murah dan kalian bisa bawa kemana saja didalam bagasi motor kalian.

Lantas, apa kekurangan singer ini? Berdasarkan pengalaman yang gue rasakan, kekurangannya hanya 1 yaitu apabila terkena air (baik air hujan atau air biasa), secara otomatis cairan ini akan hilang dan kalian harus melumasi kembali motor kalian. Tapi, dengan menggunakan ini rantai motor gue lebih awet sih. Kalau kalian, bagaimana cara melumasi rantai motor yang kalian punya?

Baca Juga  Sepatu Untuk Berkendara Itu Seharusnya Seperti ini!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Melumasi Rantai Motor

Waktu Untuk Membaca 2 min
2