Kampas Rem Depan Motor Bendix, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Rem Depan Motor Bendix

Bagi para pengguna roda dua, tentu kampas rem depan motor kalian akan lebih cepat habis dibandingkan dengan yang belakang. Banyak juga yang mencoba menggunakan merek ternama dengan berbahan dasar keramik, salah satunya adalah produk keluaran bendix ini. Apa saja kelebihan dan kekurangan kampas rem bendix ini?

Kelebihan Kampas Rem Bendix

Ada beberapa kelebihan yang gue rasakan ketika mengganti kampas rem bagian depan menggunakan merek bendix ini, diantaranya:

Menggunakan Bahan Keramik

Salah satu hal yang sangat gue suka adalah kampas rem bendix ini menggunakan bahan keramik. Salah satu kelebihan kampas rem yang menggunakan bahan keramik ini adalah tidak menggerus bagian piringan rem pada motor kalian.

Kebanyakan, kampas rem bagian depan ketika sudah habis akan membuat pengguna motor tidak merasakannya, tiba-tiba saja piringan sudah tergerus oleh besi yang tertempel untuk menjepit kampas rem ini. Berbeda dengan bendix, kampas rem yang satu ini tidak merusak bagian tersebut. Ada yang mengalaminya?

Lebih Pakem 30%

Kelebihan kampas rem bendix berikutnya adalah tingkat pengereman terbilang lebih pakem dibanding kampas rem yang tidak menggunakan bahan keramik ini. Selain itu, kalian bisa lebih tenang dengan tingkat pengereman yang kalian lakukan, meskipun saat melakukan pengereman mendadak.

Tahan Temperatur Tinggi

Berikutnya, kampas rem depan bendix ini terbilang cukup tahan dengan temperatur tinggi sekalipun. Perlu kalian ketahui, ketika gue mengubah motor gue menggunakan footstep underbone, tentu pengereman belakang tidak menjadi begitu pakem. Kalian bisa baca diartikel tersebut suka duka menggunakannya.

Dengan demikian, proses pengereman yang gue lakukan pada motor gue tentu akan lebih besar menggunakan rem depan. Untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh, terbilang kampas rem yang terbuat dari keramik lebih tahan panas. Meskipun, ketika menjadi dingin atau kalian berisitrahat harus menyesuaikan kembali.

Umur Lebih Panjang

Kelebihan kampas bendix yang berikutnya adalah umur penggunaan lebih panjang dan tahan lama. Terbilang gue bisa mengganti kampas rem dalam hitungan tahun, seminimal mungkin gue baru menggantinya kembali dengan yang baru yaitu setelah pemakaian 6 bulan.

Suara Gesekan Rendah

Berdasarkan pengalaman, kampas rem depan yang menggunakan bahan keramik terbilang minim suara gesekan. Hal ini cukup bisa dibuktika ketika saat penggunaan rem depan cukup sering yang membuat kampas rem menjadi panas. Silahkan kalian buktikan sendiri saat menggunakan kampas rem bendix untuk motor harian kalian.

Pada dasarnya, kampas rem berbahan keramik ini digunakan untuk motor yang ingin turun ke lintasan balap. Namun, seiring berjalannya waktu kampas rem depan ini dijual secara umum dan siapapun bisa menggunakannya. 

Kekurangan Kampas Rem Bendix

Namun demikian, dibalik kelebihan kampas rem berbahan keramik ini cukup banyak. Ternyata, ada kekurangan yang dimiliki. Berdasarkan pengalaman penggunaan selama beberapa tahun terakhir, kekurangan kampas rem bendix yang gue rasakan adalah ketika berjalan pada kondisi jalan yang basah.

Entah hanya pada pemikiran gue saja atau kalian juga merasakan, kampas rem berbahan keramik terbilang kurang begitu pakem saat jalanan pada kondisi basah. Banyak juga teman yang berkata, kampas rem depan mereka menggunakan merek bendix dan biasa saja untuk pengereman saat jalan basah.

Mungkin, beberapa kelebihan dan kekurangan kampas rem bendix yang gue jabarkan kali ini bisa membantu kalian untuk memilih apakah ingin menggunakannya atau tidak. Kalau ada diantara kalian yang ingin menambahkan kelebihan dan kekurangan kampas rem depan motor merek ini, silahkan tuliskan dikolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *