Penyebab Kampas Rem Motor Cepat Habis, Mungkin Kalian Melakukan Ini

Ketebalan Kampas Rem

Seperti beberapa artikel yang lalu, kampas rem motor memang memiliki beberapa bahan seperti keramik, kevlar dan lain sebagainya. Pertanyaannya, apa penyebab kampas rem pada motor kalian cepat habis? Padahal, kalian baru saja menggantinya dengan merek yang cukup mahal dibandingkan dengan produk original.

5 Penyebab Kampas Rem Motor Cepat Habis

Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan saat mengendarai motor yang membuat kampas rem cepat habis pada bagian depan atau rem pada bagian belakang, diantaranya:

Kebiasaan Menekan Tuas Rem

Kebiasaan Menekan Tuas Rem

Penyebab kampas rem cepat habis yang pertama adalah kebiasaan kalian menaruh ruas jari pada tuas rem. Pada beberapa pengendara motor, apabila diperhatikan saat kendaraan sedang melaju dengan kecepatan biasa atau kencang, ruas jari selalu diletakan pada tuas rem depan. Kaki sebelah kanan, akan selalu berada diatas tuas rem belakang.

Hal ini sebenarnya cukup mempengaruhi kinerja kampas rem kalian. Meski jari kalian hanya sedikit bagian yang menekan tuas rem, tetap saja ada dorongan yang membuat piston di kaliper rem bermain.

Usahakan, apabila sedang mengendarai motor untuk tidak selalu meletakan ruas jari kalian pada bagian tuas rem depan ataupun menginjak terlalu sering pijakan rem bagian belakang. Hal ini akan membuat kinjerja kampas rem tetap maksimal.

Ketebalan Kampas Rem

Ketebalan Kampas Rem

Penyebab kampas rem motor cepat habis yang berikutnya adalah ketebalan dari kampas rem itu sendiri. Contoh perbedaannya terlihat pada motor bebek keluaran lama ketebalanannya lebih tebal dibandingkan dengan motor matik keluaran baru.

Pada bagian kampas rem cakram depan pada motor bebek keluaran lama memiliki ketebalan 7 mm, sedangkan motor matic hanya 5,5 mm. Secara perhitungan sudah terlihat, motor bebek lama lebih tebal 1,5 mm dibandingkan kampas rem pada motor matic.

Perbedaan Kondisi Jalan

Perbedaan Kondisi Jalan

Ketika kalian menggunakan motor pada kondisi jalan yang menanjak, tentu akan berbeda ketika menggunakannya pada jalanan yang menurun. Tentu, saat melewati jalanan yang menurun kalian akan lebih sering menekan tuas rem depan atau menginjak rem bagian belakang. Inilah yang menjadi penyebab kampas rem motor cepat habis.

Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa melihat beberapa tips memilih kampas rem untuk kalian gunakan. Karena, apabila terlalu sering melakukan pengereman dapat meningkatkan suhu pada rem bagian depan atau belakang. Kalian bisa menentukan untuk menggunakan kampas rem berbahan keramik, kevlar atau yang lainnya.

Kapasitas Mesin

Kapasitas Mesin

Penyebab kampas rem cepat habis yang selanjutnya adalah kapasitas mesin motor yang kalian gunakan. Ketika kalian menggunakan kapasitas yang lebih besar, tentu membuat kinerja kampas rem bagian depan atau belakang akan menjadi lebih berat. Tidak heran, ketika motor baru kampas rem jadi lebih cepat habis.

Untuk mengatasi kampas rem cepat habis, kalian bisa mengganti dengan kampas rem yang berbahan lebih tebal. Setidaknya, ketika kalian mengganti kampas rem dengan yang lebih tebal makan umur pemakaian akan menjadi sedikit lebih lama pada bagian rem belakang atau bagian depan.

Pengaruh Gaya Berkendara

Penyebab terakhir adalah gaya berkendara motor kalian sendiri. Tentu, apabila kalian terlalu sering menggeber motor dengan kecepatan tinggi maka bisa dipastikan kampas rem depan atau belakang pada motor kalian akan lebih cepat habis.

Berbeda dengan kalian yang lebih menyukai berjalan dengan cukup santai dan menikmati perjalanan. Penggunaan rem akan berkurang dan membuat umur pemakaian akan menjadi sedikit lebih lama dibandingkan yang sering menggeber motornya.

Selain kelima penyebab diatas, ada hal menarik yang membuat kampas rem cepat habis. Berat muatan pada kendaraan kalian menjadi penyebab lainnya. Beban yang semakin berat membuat kerja rem menjadi lebih berat.

Sampai disini, semoga kalian sudah tahu ya apa saja yang menjadi penyebab kampas rem motor cepat habis. Kalau masih ada yang kurang dan belum terjawab mengenai masalah kampas rem motor ini, silahkan tanyakan atau beri masukan di kolom komentar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *