Begini Cara Membersihkan Helm Motor Setelah Digunakan, Jangan Salah!

Kaca dan Busa Helm Motor

Membersihkan helm motor merupakan salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk merawat helm motor yang kalian miliki. Bukan hanya bagian shell luar helm yang kalian punya, tapi juga harus membersihkannya sampai bagian busa dalam bahkan visor atau kaca helm yang kalian gunakan saat ini apapun mereknya baik NHK, KYT, Arai, Shoei dan lainnya.

Cara Membersihkan Helm Motor

Pada dasarnya, helm motor yang kita gunakan sehari-hari akan membuat kepala kita terlindung dari hal yang tidak kita inginkan. Tentu, helm menjadi bagian yang sangat vital untuk para pengendara. Selain itu, mencuci helm motor dapat membuat kita tetap nyaman saat menggunakannya. Berikut ini cara membersihkan kaca helm yang buram agar tetap nyaman kalian gunakan:

Bersihkan Kaca dan Busa Helm Motor

Bagian Helm dan Berikan Pewangi

Hal pertama yang harus kalian bersihkan pada helm motor kalian adalah dengan membukan bagian-bagian helm yang terpasang. Mulai dari busa bagian dalam, pelindung kepala atas sampai dengan visor atau kaca helm. Saran gue, cuci kaca helm terlebih dahulu karena ini tidak terlalu sulit. Silahkan baca cara bersihkan kaca helm motor yang sudah gue berikan.

Setelah membersihkan bagian kaca, barulah kalian lepas padding atau busa bagian pipi dan busa bagian yang melindungi kepala kalian. Pastikan, busa helm motor tersebut bisa kalian lepas dan memiliki fitur remove padding. Apabila tidak memiliki hal tersebut, jangan kalian paksakan ya!

Pertanyaannya, apakah ada cara membersihkan kaca helm tanpa cairan pembersih kaca helm? Kalian bisa melakukannya dengan cara membersihkan kaca helm dengan odol, tetapi kalian harus teliti dan rajin untuk melakukannya. Salah-salah, kaca helm kalian tidak menjadi bersih.

Membersihkan Busa Helm Motor

Busa Helm Motor

Setelah bagian busa dalam,  busa pipi dan bagian kepala terlepas, untuk membersihkan bagian tersebut ada baiknya untuk tidak disikat menggunakan sikat. Melainkan, saran terbaik yang bisa gue berikan untuk bersihkan helm motor bagian tersebut adalah dengan cara merendam busanya. Jangan terlalu lama, kurang lebih 30 menit saja sudah cukup.

Apabila ingin lebih nyaman lagi saat menggunakan helm sesaat setelah membersihkan helm motor tersebut, kalian bisa merendam bagian busa helm motor yang kalian gunakan dengan pewangi pakaian agar lebih harum.

Jangan Dijemur Matahari Langsung

Matahari Langsung

Setelah kalian mencuci busa bagian dalam, yang perlu kalian lakukan adalan dengan mengeringkannya. Jangan langsung kalian jemur di bawah terik matahari, karena ini akan mengurangi umur pemakaian dari bagian busa tersebut. Sebisa mungkin, cukup kalian taruh di depan kipas angin atau terkena angin yang akan membuat busa kering dengan sendirinya.

Bersihkan Bagian Luar Helm Motor

Bersihkan Bagian Luar Helm

Sambil menunggu bagian busa tersebut kering, kalian bisa bersihkan bagian luar helm motor dengan menggunakan wax pemoles helm motor atau cairan pembersih helm yang banyak dijual di toko online. Cuci bagian luar helm dengan air jernih, lalu keringkan. Setelah itu, gosok helm dengan menggunakan kain halus atau microfiber dan wax pemoles supaya kinclong dan mulus.

Pasang Bagian Helm dan Berikan Pewangi

Kaca dan Busa Helm Motor

Setelah semua proses kalian lakukan, dan bagian-bagian helm tersebut kering kalian bisa memasangnya kembali dan berikan pewangi agar lebih nyaman dan aman saat kalian gunakan. Jangan berlebihan, karena bau pewangi yang kalian berikan akan membuat kalian kehilangan konsentrasi saat berkendara menggunakan helm tersebut.

Cara bersihkan helm motor dengan mencuci bagian helm motor diatas, kalian bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Baca Juga Rekomendasi Produk Otomotif Lainnya

Selain membersihkan atau mencuci helm motor yang kalian punya, silahkan baca beberapa rekomendasi yang pernah gue ulas dibawah ini. Silahkan dibaca!

  1. 5 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Untuk Penggunaan Harian
  2. Rekomendasi Intercom Helm Ini Bisa Kalian Lakukan Untuk Berkomunikasi
  3. 7 Rekomendasi Helm 3 Jutaan Untuk Motor Harian
  4. Rekomendasi Shock Tabung Untuk Motor Bebek Harian Kalian!
  5. Ketahui 5 Tips Memilih Oli Motor Agar Mesin Tidak Mudah Ngadat

Sampai disini, semoga kalian bisa mencuci helm motor atau membersihkan helm motor yang kalian gunakan sendiri ya!


ARTIKEL MENARIK LAINNYA