Memaksimalkan Kinerja Smartphone

7 Langkah Ini Bisa Memaksimalkan Kinerja Smartphone Kamu

Memaksimalkan Kinerja Smartphone

Saya yakin, pasti diantara kalian pernah menggunakan atau memiliki smartphone android. Tetapi, belum tahu bagaimana untuk memaksimalkan kinerja smartphone yang kamu miliki itu, bukan? Tenang, saya juga jarang saya kok. Tapi, itu dulu sebelum tahu bagaimana caranya :)

Ada banyak cara untuk memaksimalkan smartphone kamu agar tidak selalu mengeluh bahwa smartphone yang kamu gunakan selalu merasa kurang, kurang dan kurang. Mulai dari baterai drop bahkan membuka aplikasi terasa sangat lambat.

Mungkin beberapa langkah yang coba saya berikan untuk kalian semua bisa bermanfaat, syukur-syukur kalian bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari saat menggunakan aplikasi android di smartphone kesayangan kamu ya!

Ada beberapa langkah yang mungkin pernah kalian lakukan, tetapi mungkin juga ada beberapa hal lainnya yang belum kalian lakukan. Apa saja caranya? Silahkan dibaca sampai habis, ya!

Pengisian baterai.

Pada pengisian baterai di smartphone android sebaiknya dilakukan pada kondisi baterai sudah di ambang batas atau daya baterai tinggal 15% lagi. Selain itu, kalian juga harus memastikan bahwa apabila pada pengisian baterai telah mencapai 100% maka hentikan atau mencabut hp sobat dari charger. Namun, ada beberapa orang yang membiarkannya beberapa saat, karena sedang masuk dalam tahap thickle.

Nonaktifkan Automatic Brightness.

Kenapa harus dimatikan atau di non-aktifkan? Karena pada fitur ini akan membuat kenerja prosesor lebih banyak, yang pasti juga membutuhkan daya baterai dan memori yang lebih besar juga :)

Live wallpaper.

Siapa yang sering pake fitur ini di smartphone kalian? Kalau belum tahu apa itu Live wallpaper, nih saya kasih tahu. Live wallpaper sendiri adalah sebuah aplikasi android yang berjalan di background. Oleh karena itu, aplikasi tersebut tentu saja membuat kinerja prosesor dan memori lebih tinggi sehingga smartphone android kesayangan kamu akan terasa lebih lambat.

Widget.

Ini kayanya paling sering dipakai sama kalian deh, soalnya dulu saya juga begitu. Ada baiknya penggunaan widget pada layar home Android (layar utama) sedikit dikurangi. Karena, semakin banyak widget yang digunakan maka semakin besar pula porsi kerja prosesor dan memori pada android.

GPS.

Kalau memang GPS tidak diperlukan, kalian lebih baik mematikan layanan lokasi yang menggunakan GPS. Karena pada saat kita berpindah lokasi maka GPS akan memperbaharui lokasi terbaru. Cara mematikan GPS pun sangat mudah, kalian tinggal ke Setelan > Lokasi atau Settings > Location Services. Selesai sudah, aman baterai kalian!

Jaringan Data (3G).

Nah, karena saat ini era 4G sudah berkembang dengan pesat sepertinya beberapa smartphone sudah mendukung fitur ini. Ada baiknya, kurangi pemakaian jaringan 3G dan alihkan menggunakan jaringan 4G. Kenapa? Karena aktivitas dari jaringan 3G membutuhkan energi yang lumayan banyak.

Lantas, bagaimana jika smartphone kita belum mendukung jaringan 4G? Nah! Cara paling ampuh adalah silahkan tanyakan ditempat tersebut, apakah memiliki akses free Wi-Fi atau tidak. Kalau ada, silahkan tanyakan akses loginnya, ya! :)

Sinkronisasi.

Kenapa sih harus dibatasi jumlah sinkronisasi di smartphone kalian? karena semakin banyak sinkronisasi pada android kalian, maka semakin sering pula koneksi yang dibutuhkan. Semakin banyak jumlah yang digunakan, maka semakin cepat juga pengurangan baterai smartphone kalian :)

Nah, 7 langkan diatas merupakan sedikit cara yang saya gunakan untuk benar-benar menikmati smartphone saya pribadi. Tetapi, untuk kalian yang tidak terbiasa dengan cara diatas tidak perlu diikuti, ya.

Biasanya, jika kalian merasa tidak puas dengan kualitas smartphonenya pasti bakalan langsung menggantinya dengan yang baru bukan? Nah, sebelum mengganti smartphone kalian coba Pikirkan 3 Hal Ini Sebelum Mengganti Smartphone Lama Kamu. Oke deh, saya mau tahu gimana sih cara kalian mengoptimalkan smartphone kalian? Kasih tahu saya dikolom komentar, ya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


16 comments on “7 Langkah Ini Bisa Memaksimalkan Kinerja Smartphone Kamu

  1. Semua yang ditulis merupakan kesalahan yang sering saya buat. Ngecharge tunggu sampai benar2 habis sehingga begitu dicharge lama banget naiknya. Habis ngecharge suka nggak langsung dicabut, takut kalau baterai habis. GPS masih nyala pun ke mana saya pergi. Maap :( teledor sekali

     
  2. nambahin mas…katanya sih pake wallpaper hitam/gelap bisa bikin hemat juga karena layar smartphone tidak terlalu berat mengeluarkan warna, kemudian kecerahan atau brighness-nya di posisikan yang paling minim..hehe

     
  3. Mungkin bisa tambahin lagi mas wallpaper di utamakan yang gelap untuk mengurangi cahaya keluar memungkinkan daya baterai dapat berkurang secara cepat. Itu aja sih lainnya kurang tau. Pengalamanku gitu masalahnya. Hehehe

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *