Perlengkapan Berkendara Sepeda Motor

Dibalik Mahalnya Perlengkapan Berkendara Sepeda Motor

Perlengkapan Berkendara Sepeda Motor

Source: rnmmotorcycle.blogspot.com

“Gila, lu beli sepatu sama helm doang bisa sampe jutaan? Ga salah tuh?!” Cukup banyak yang beranggapan demikian ketika gue mencoba untuk mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk kedua barang tersebut. Belum lagi ketika hendak membeli sebuah jaket yang berharga lumayan mahal untuk beberapa orang yang mengenal gue, belum lagi harga sebuah sarung tangan yang mau gue beli.

Pertanyaannya adalah apakah semahal itu perlengkapan berkendara sepeda motor yang harus gue punya? Haha.. Semuanya tergantung dari pandangan masing-masing orang yang menilai, ada yang setuju dengan harga yang cukup mahal ada pula yang beranggapan gue sedikit “lebay” dalam membeli perlengkapan.

Begini teman-teman, kalian juga sepertinya sudah tahu kalau semua anggota tubuh yang ada dalam diri kita akan terasa sangat berharga ketika kalian tidak bisa menggunakannya suatu saat entah kapan itu. Setuju? Jangankan terjadi kecelakaan, ketika bagian kaki atau tangan kalian keseleo, atau yang paling mudah bagian leher kalian sakit pasti kalian akan sangat mengeluh bukan?

Lantas, apa yang kalian lakukan agar hal tersebut tidak terjadi? Pasti akan sangat berhati-hati untuk mencegahnya, kan? Begitupun dengan berkendara, mungkin bagi diri kita sendiri beranggapan kita sudah lihai atau pandai dalam berkendara apakah hal tersebut terjadi juga dengan pengendara lain? Ketika kita sudah sangat berhati-hati dalam berkendara, apakah tidak akan terjadi kecelakaan?

Jawabannya belum tentu. Ada pepatah mengatakan “sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga.” Ya, sehebat-hebatnya kita mengendara kendaraan adakalanya bukan kita yang membuat diri kita celaka bisa jadi orang lain yang akan membuat kita celaka.

Kembali ke topik awal, apakah perlengkapan berkendara sepeda motor semahal itu? Sebenarnya, yang mahal bukanlah perlengkapannya tetapi apa yang ada dibalik perlengkapan tersebut. Hal yang paling krusial adalah ketika kalian menggunakan helm.

Helm memang terkesan sepele, yang penting berlogo SNI sudah bisa kalian gunakan dan terbebas dari razia berkendara di jalan umum. Gue pernah punya helm yang berharga cukup murah dan sudah memiliki logo tersebut, tetapi ketika saya menggunakannya saya merasa kurang begitu nyaman, mulai dari bahan yang cukup tipis, ketika digunakan begitu longgar dll.

Lantas, dengan menggunakan helm seharga jutaan bahkan sampai puluhan juta bisa mencegah terjadi kecelakaan? Bukan, bukan mencegah terjadi kecelakaan tetapi mengurangi resiko yang terjadi saat kecelakaan. Bayangkan, apabila helm kalian terlepas saat terjadi kecelakaan apa yang terjadi? Bukannya aman, malah rumah sakit sudah menunggu kalian. Apa yang menyebabkan hal ini? Tentu, tali pengikatlah yang menjadi acuan kita.

Banyak saya lihat dijalan umum, tali pengikat helm dibiarkan saja tanpa terikat dengan sempurna. Jika didalam mobil kita menggunakan sabuk pengaman untuk mengurangi resiko, pada motor ya tali pengikat helm inilah yang penting. Sepele, tetapi sangat fatal akibatnya apaabila kita tidak mengkaitkannya secara sempurna. Dengan alasan itulah, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan tali helm DD ring untuk helm kesayangan saya. Mengapa? Karena tali pengikat helm itu penting!

Tali Pengikat Helm DD Ring NHK Terminator

Begitu juga dengan sepatu, jaket, protektor dan lainnya. Jangan lihat mahalnya sebuah harga barang untuk keamanan kalian berkendara, tetapi paling tidak kita bisa meminimalisir resiko yang terjadi pada diri kita. Sebenarnya, yang mahal bukanlah perlengkapan yang kita miliki tetapi apa yang ada dibalik perlengkapan berkendara yang kita miliki.

Jaket, gue berusaha menganjurkan kalian para pengendara bermotor khususnya roda dua untuk menggunakannya. Mengapa? Karena, ketika kita menggunakannya apabila terjadi sesuatu dalam perjalanan dan terjadi kecelakaan jaket dapat sedikit mengurangi efek tergores dan benturan ketika terjatuh.

Lantas, apa hubungannya sarung tangan dengan berkendara? Ya, ada beberapa orang yang kurang nyaman ketika menggunakan sarung tangan, tetapi ada yang sangat memperhatikan hal ini termasuk saya. Fungsinya apa sih? Untuk melindungi tangan dari luka gores, ketika terjatuh. Selain itu juga memberikan kenyamanan dalam menggenggam kemudi, dan melindungi dari udara dingin. Untuk perlindungan yang lebih baik, pergunakan sarung tangan dengan bahan kulit.

Sepatu Berkendara Kendaraan Roda Dua

Terus sepatu, segitu mahalnya ya? Apakah digunakan hanya untuk keperluan balap saja? Ohh, salah besar. Berkendara sepeda motor adalah pekerjaan serius, jadi harus benar-benar dipersiapkan dengan penuh keseriusan pula. Fungsinya apaan sih? Sepatu tentunya melindungi kaki dari cedera, ketika motor terjatuh terutama bagian angkle atau mata kaki kalian. Pernah ngerasain keseleokan? Sakit? Bayangkan kalau patah! So, pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki, kemudian memiliki kelengkapan tumit dan punya tapak yang tidak licin.

Ah, berbicara masalah ini semua sepertinya saya terlalu mendikte kalian untuk berbuat baik yang pada kenyataannya saya sendiri terkadang masih cukup banyak melanggar dalam beberapa waktu. Tetapi, alangkah baiknya untuk saling mengingatkan untuk kebaikan bersama. Well, tetap patuh berkendara dan harga para pengendara lain dijalan ya. Jadilah pelopor keselamatan dalam berkendara, karena ada orang yang menunggu kalian dirumah nanti.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


2 comments on “Dibalik Mahalnya Perlengkapan Berkendara Sepeda Motor

  1. Bener banget kemarin touring ke bali. Helm jaket glove sama celana sudah mendukung cuma sepatu yang memang ga memikirkan untuk pakai sepatu riding waktu itu. Hal yang tak diinginkan pun terjadi. Ane crash helm sama jaket beset badan sama kepala selamat, kaki sama paha juga aman. Cuma karna ane pake sepatu jalan” mata kaki ane keseret aspal dan luka sampai sedikit kelihatan tulangnya dan ngilu banget. Coba ane pake sepatu riding yang agak tinggi menutupi mata kaki dijamin ane pulang dengan selamat ga kurang satu apapun. So memang kelihatan sepele tapi penting. Keep safety brother!! Salam satu aspal

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *