Penyebab Laptop Panas Dan Solusinya Yang Harus Kalian Ketahui!

Penyebab Laptop Panas Dan Solusinya

Teman-teman mungkin pernah mengalami laptop terasa panas pada permukaan casingnya dan bertanya apa sih penyebab laptop panas ini. Selain panas anda juga merasakan kinerja laptop semakin lambat. Hal itu patut dicurigai, karena banyak hal yang bisa saja menyebabkan laptop kalian menjadi terasa cukup panas.

Laptop terdiri dari rangkaian komponen elektronika yang di susun menjadi satu hingga dapat bekerja sedemikian rupa untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari. Berbagai komponen-komponen elektronika tersebut harus dialiri listrik untuk dapat bekerja. Dari aktifitas tersebut komponen menghasilkan kalor/panas.

Maka wajar saja kalau suatu perangkat elektronika jika dalam keadaan difungsikan menimbulkan panas. tetapi tidak wajar jika panas itu berlebihan dan mungkin akan menjadi fatal kalau dibiarkan.

Penyebab Laptop Menjadi Panas

Ada 2 hal yang paling sering menyebabkan laptop menjadi terlalu panas saat bekerja untuk kelian ketahui, diantaranya :

Kotor karena debu

Debu yang berterbangan disekitar kita, yang secara kasat mata tidak terlihat oleh kita, bisa menyebabkan permasalahan pada laptop. Selain itu penggunaan laptop yang tidak memperhatikan kebersihan lingkungan kerja dapat mempengaruhi hal ini.

Contohnya, laptop digunakan pada permukaan meja yang berdebu, user sering mengabaikan kebersihan fisik laptopnya. Hal simple seperti itu dapat mengakibatkan laptop menjadi panas/overheat lebih fatal lagi laptop menjadi sering restart tanpa ada perintah.

Jangan sepelehkan debu, meskipun dia kecil dan tak terlihat, dia bisa menyumbat heatsink (sistem pendingin) pada laptop. Cukup 2 tahun saja, debu bisa menghambat sirkulasi udara pada heatsink. Bahkan dengan penggunaan laptop secara ekstrim, debu bisa setebal karpet di sirkulasi pembuangan panas.

Cara Mengatasi Hal Ini:

Untuk mengembalikan suhu pada laptop, maka sering dilakukan pembongkaran total untuk dilakukan pembersihan pada komponen-komponen dan sistem pendingin. Sebenarnya prinsip kerja pendingin laptop sudah didesain untuk bisa mendinginkan dan membuang panas dari dalam laptop, khusunya prosesor.

Pasta prosesor habis/kering

Kalau di perhatikan di bawah permukaan laptop terdapat lubang-lubang sirkulasi yang nantinya dihisap oleh kipas yang berada dalam laptop dan kemudian dikeluarkan melalui samping atau belakang laptop. Bayangkan saja bila tiap hari yang di hisap adalah debu maka, debu akan melekat didalam komponen-komponen didalam laptop, dan menyumbat sirip-sirip heatsink.

Setelah panas bertahan sampai lama, bahkan sampai berbulan-bulan, maka pasta akan mengering bahkan menguap atau terbakar. Karena prosesor dalam keadaan panas tanpa pendingin bisa mencapai 100 derajat celcius.

Cara Mengatasi Hal Ini:

Untuk mengatasi itu, maka dilakukan dengan penggantian pasta baru pada sistem pendingin prosesor. Sebelum itu semua terjadi pada laptop kesayangan anda, maka jagalah kebersihan laptop dan bijak dalam penggunaannya.

Beberapa artikel yang bisa kalian baca terkait laptop kalian yang terasa menjadi cukup panas dan terasa lambat, kalian lihat link dibawah ini:

Semoga artikel diatas dan artikel ini dapat membantu kalian untuk menjaga laptop kalian tidak terlalu panas saat digunakan. Kalau ada yang punya tambahan penyebab laptop panas ini, silahkan tulis dikolom komentar ya.

6 Replies to “Penyebab Laptop Panas Dan Solusinya Yang Harus Kalian Ketahui!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini