Laptop Terasa Lambat? Cari Tahu Sebab dan Cara Mengatasinya!

Laptop Terasa Berat

Banyak para pengguna laptop mengeluhkan, laptop terasa lambat saat mereka menggunakan. Banyak yang menjadi penyebabnya, namun mereka tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Hal yang cukup sering terjadi adalah mereka tahu bagaimana solusinya, namun tidak bisa mengetahui dengan pasti apa yang menyebabkan hal tersebut.

Penyebab Laptop Terasa Berat

Laptop Terasa Berat

Kenapa laptop terasa berat saat kalian membukanya? Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, seperti ukuran ram kalian, pemakaian aplikasi yang berlebihan yang mengakibatkan kinjera prosesor terasa berat.

Dibawah ini beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan laptop kalian menjadi terasa cukup berat saat menggunakannya:

Kapasitas RAM Terlalu Kecil

Lakukan pengecekan terhadap kapasitas RAM kalian, mungkin salah satu penyebab kenapa menjadi berat adalah ukuran RAM laptop yang kalian gunakan. Beberapa pengguna akan merasakan hal yang serupa ketika menggunakan RAM yang berukuran kecil.

Untuk mengatasi saat terjadi hal ini, sudah waktunya kalian untuk melakukan upgrade RAM laptop kalian dengan ukuran yang lebih besar. Kalian bisa baca tips memilih ram untuk laptop kalian di artikel gue sebelumnya yang sudah gue tuliskan.

Terlalu Banyak Program Yang Berjalan

Hal kedua yang memungkinkan laptop kalian terasa berat adalah menggunakan program aplikasi yang berjalan bersamaan (multitasking). Hal ini memicu prosesor untuk membaca seluruh data pada aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk menutup beberapa aplikasi yang bisa kalian kerjakan nanti. Usahakan menutup beberapa aplikasi yang cukup membebankan kinerja prosesor dan RAM kalian, seperti contoh ketika melakukan editing video untuk youtube. 

Jalankan aplikasi editing terlebih dahulu untuk mengedit video yang kalian punya, barulah melakukan proses editing foto menggunakan photosop. Apabila aplikasi dibuka secara bersamaan, kinerja RAM dan prosesor akan cukup berat.

Virus Bersarang Dalam Laptop Kalian

Penyebab Laptop Banyak Virus

Adanya virus yang bersarang pada laptop kalian, ini memungkinkan menjadi penyebab laptop kalian terasa berat yang berikutnya. Banyak pengguna tidak sadar saat laptop terkena virus dikarenakan tidak adanya anti virus yang terinstall.

Untuk mengatasinya, silahkan kalian gunakan anti virus pada laptop kalian. Lebih baik lagi apabila kalian menggunakan versi berbayar, karena mendapatkan beberapa keuntungan dari penyedia anti virus tersebut untuk memproteksi laptop kalian dari serangan virus.

Jika sudah terlanjur tekena virus dan sudah dibersihkan tetap saja laptop masih lambat, yang perlu kalian lakukan berikutnya adalah install ulang laptop yang kalian gunakan. Ini adalah solusi terakhir apabila sudah tidak bisa melakukan apa-apa lagi pada laptop lambat kalian.

Banyak Aplikasi Berat

Program yang terlalu banyak berjalan pada startup windows juga bisa menyebabkan laptop kalian terasa lambat saat digunakan. Meskipun saat kita baru membuka laptop, ada saja aplikasi yang sudah berjalan saat pertama kali laptop dihidupkan.

Bagaimana cara mengatasinya? Kalian bisa menonaktifkan program tersebut melalui msconfig, caranya silahkan buka run (windows+r), kemudian ketikan msconfig. Saat terbuka jendela baru, lihat bagian system configurations dan pilih startup. Silahkan nonaktifkan beberapa aplikasi yang dirasa tidak perlu.

Program Yang Terinstall Terlalu Banyak

Ini salah satu hal yang sering terjadi dan menyebabkan laptop kalian terasa berat saat digunakan. Hal ini tidak akan jadi masalah jika kapasitas penyimpanan laptop kalian besar, tapi akan jadi masalah jika hanya ratusan GB saja.

Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa uninstall beberapa aplikasi yang terdapat pada laptop kalian. Untuk melakukan hal ini, kalian bisa menggunakan fitur windows atau menggunakan aplikasi ketiga bernama revo uninstaller.

Selain hal diatas, kalian bisa melakukan penggantian hardisk menggunakan yang lebih baik atau lebih besar. Bahkan, kalian bisa menggantinya dengan SSD harddisk yang sudah beredar luas dipasaran Indonesia bahkan luar negeri.

Hapus File Temporary

Hapus File Temporary

File temporary atau tmp ini paling cukup tidak disadari oleh pengguna laptop. Tiba-tiba, mereka merasakan laptop menjadi berat karena adanya penumpukan file temporary ini pada laptop mereka. Bagaimana cara mengetahuinya? Kalian bisa lihat folder tmp pada laptop kalian, atau menghapus file yang ada di recycle bin kalian.

Untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Ccleaner yang bisa kalian dapatkan melalui situs resminya disini. Tersedia versi gratis yang menurut gue sudah cukup bermanfaat, atau menggunakan versi berbayar untuk fitur lebih yang disediakan oleh mereka.

Kerusakan Pada Hardware

Hardware kalian mengalami kerusakan bisa saja menjadi penyebab laptop terasa lambat, bahkan laptop kalian tidak mau menyala atau black screen. Bisa terjadi pada berbagai hardware pada laptop kalian, namun yang sering terjadi adalah kerusakan kipas pendingin laptop.

Untuk mengatasinya, kalian harus tahu terlebih dahulu bagian mana yang mengalami kerusakan. Untuk kipas pendingin, biasanya terjadi penumpukan debu kotoran yang membuat kinerja fan tidak maksimal. Beberapa bagian yang sering mengalami kerusakan biasanya HDD, processor dan VGA

Dari beberapa penyebab diatas, kalian sudah tahu apa saja solusi yang bisa kalian lakukan apabila mengalami laptop kalian menjadi terasa berat. Kalau masih ada yang kurang atau punya pengalaman laptop terasa lambat, silahkan kalian tuliskan dikolom komentar, ya!

2 Replies to “Laptop Terasa Lambat? Cari Tahu Sebab dan Cara Mengatasinya!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *