Cara Memilih Hardisk Eksternal Sebelum Kalian Membelinya

3 Cara Memilih Hardisk External

Untuk kalian yang sering menggunakan hardisk eksternal, kalian tentu tahu bagaimana cara memilih hardisk eksternal sebelum kalian membelinya. Kebutuhan akan media penyimpanan data sekarang ini sudah tidak terelakkan lagi, berbagai media penyimpanan data sudah banyak di pasaran.

Beberapa media penyimpanan yang ada diantaranya mulai dari hardisk internal, hardisk eksternal, USB Flashdisk ataupun keping CD/DVD. Semua itu tergantung dari keperluan masing-masing orang dan tergantung dari kemudahan dalam transfer data pilihan jatuh pada hardisk eksternal, UFD atao CD.

3 Cara Memilih Hardisk Eksternal

Namun media yg paling populer adalah hardisk eksternal dan USB flashdisk. Apabila data yang disimpan besar akan lebih bijak dengan memilih hardisk eksternal, meskipun USB flashdisk sekarang ini perkembangannya cukup pesat untuk kapasitasnya, namun masih dengan harga yang lumayan mahal kalau kapasitas diatas 100 Gb.

Berikut ini beberapa tips memilih hardisk eksternal yang harus diperhatikan sebelum membelinya:

Kapasitas hardisk

Hal utama yang harus diperhatikan saat memilih hardisk sebelum kalian membelinya adalah seberapa besar data yang ingin kalian simpan. Kalau memang cukup besar, ada baiknya kalian membeli hardisk yang memiliki kapasitas yang cuku besar.

Saat ini, hardisk eksternal sudah banyak tersedia dengan kapasitas 120 Gb, 320 Gb 500 Gb bahkan sampai 2 Terabyte. Semua ini tergantung kebutuhan kalian, namun kapasitas besar juga diikuti dengan harga yang mahal.

Harga

Harga hardisk eksternal ini selaras dengan kapasitas yang ditawarkan, namun ada beberapa hardisk eksternal yang harganya lebih tinggi dari yang lain meski kapasitas sama. Oleh karena itu, harga menjadi pertimbangan saat memilih hardisk eksternal yang akan kalian gunakan.

Sebelum kalian membeli hardisk eksternal tersebut, coba kalian perhatikan pasti ada beberapa fitur tambahan yang disertakan yang tidak dimiliki merk lain, biasanya ada fungsi auto backup, lock, penahan goncangan dll.

Kabel data

Tips memilih hardisk eksternal yang terakhir adalah kabel data. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan. Kabel data pada hardisk eksternal biasanya ada yang 4 pin atau 5 pin dan ujung USB nya ada yang dua kabel ada pula yang satu kabel. Saran saya pilihlah yang kabel datanya 4 pin dengan ujung satu USB.

Terkait dengan ujung USB yang satu atau dua, saya menyarankan yang ujungnya satu saja. Alasannya, selain boros colokan kalian juga akan mengalami masalah kecepatan pada proses transfer data kalian.

Untuk yang berujung dua biasanya hardisk eksternal yang digunakan adalah hardisk dari notebook hanya diberi casing saja, jadi tetap masih membutuhkan kabel lain untuk mendukung powernya.

Pada beberapa laptop kalau hanya dicolokkan satu kabel hardisk ini tidak akan terbaca, kalau yang ujung USB nya satu itu memang dari awalnya dirancang untuk hardisk eksternal sehingga manajemen power dan datanya sudah bagus.

Perlu kalian ketahui, kalian harus melakukan format hardisk eksternal terlebih dahulu sebelum kalian gunakan. Kalian bisa baca bagaimana cara format hardisk yang sudah gue buatkan.

Sekian dulu tips memilih hardisk yang bisa gue berikan untuk kalian. Semoga apa yang gue berikan bisa membantu kalian mengenai cara memilih hardisk eksternal ini.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA