Haruskah Saling Subscribe Ketika Membuat Channel Youtube?

Saling subscribe channel youtube

Haruskah kita saling subscribe ketika membuat channel youtube? Di beberapa komunitas saling subscribe juga banyak pertanyaan begini. “Mas, saling subscribe channel youtube yuk. Aku udah subscribe, subscribe balik ya!” Pembicaraan seperti ini sering banget gue dapetin ketika pertama kali membuat channel youtube. Tujuannya apa? Ada bermacam-macam sih.

Saling subscribe channel youtube

Memang tidak bisa gue pungkiri ketika kalian pertama kali membuat channel youtube sendiri untuk mendapatkan 100 subscribers terasa amat sangat susah, ini beneran gue rasain kok. Bahkan, gue sampe capek sendiri bikin video tapi ga ada yang lihat atau yang lihat masih sedikit, sedih pokoknya mah :(

Lantas, apakah gue ikutan saling subscribe channel youtube atau bergabung dengan komunitas saling subscribe? Sepertinya gue melewati tahap itu dengan satu alasan yang menurut gue cukup logis sih. “Apakah dengan banyak subscribers akan seiring berjalan dengan banyaknya penonton yang menikmati konten yang gue buat?”

Coba kalian jawab dan tanyakan sendiri dalam hati kalian ya, bukan bermaksud untuk menjelekan atau tidak menghargai kalian. Tapi, itulah kenyataannya dilapangan. Pernah lihat ada channel youtube yang punya subscribers ribuan, tetapi setiap kali mengunggah video hanya sedikit yang lihat? Gue pernah, dan gue ga mau itu terjadi sama channel gue dimana memiliki subscriber banyak tapi view sedikit di video gue.

Secara pribadi, gue tidak menyalahkan apa yang kalian lakukan dengan cara saling subscribe channel youtube dengan teman kalian. Tapi, sangat disayangkan apabila konten yang kita buat dan unggah kedalam saluran youtube itu sendiri hanya teman-teman kita sendiri yang melihat. Padahal, youtube itu adalah mesin pencari kedua terbesar setelah google, lho.

Lantas, bagaimana caranya untuk mendapatkan viewers atau penonton dari konten yang kita buat? Gue udah pernah tulis juga, coba baca artikel gue tentang cara mendapatkan viewers yang sudah gue buatkan disana. Kalian mungkin akan tahu dan lelah sendiri ketika mengikutinya. Kalian juga bisa bagaimana cara gue untuk menambah subsciber youtube yang sudah gue buatkan disana.

Gue pernah lihat salah seorang youtube content creator yang berkata “Lebih baik lu capek diawal, jadi belakangan lu tinggal nikmatin hasilnya!” tapi gue lupa siapa yang ngomong ya? Entahlah, tapi sampai saat ini gue mencoba untuk melakukan hal tersebut, hasilnya? Bisa dilihat sendiri di channel youtube gue yang dalam waktu 7 bulan, bisa kok dapat 1.500 subscribers lebih. Padahal, kontennya hanya sederhana & sedikit bertema seperti video dibawah ini:

Lantas, ketika subscribers kalian sudah banyak dan mulai banyak yang menikmati konten kalian apa yang harus kalian lakukan? Apakah tetap saling subscribe dan bergabung dengan komunitas saling subscribe tersebut? Saran gue, tetap berinteraksi dengan mereka, balas komentar yang mereka berikan untuk kalian karena merekalah yang akan membantu kalian menyebarkan konten yang kalian buat, lho.

Terus, kalau ada komentar yang kurang mengenakan kalian bagaimana? Tetap tanggapi saja. Bukan dengan membalas komentar tersebut dengan amarah, melainkan dengan senyuman. Ingat, mereka melakukan seperti itu bukan karena konten kalian kurang bagus tetapi mereka belum siap menjadi seperti kalian.

Well, pesan gue untuk kalian yang baru membuat saluran di youtube adalah jangan pernah menyerah ketika kalian membuat konten yang bermanfaat untuk banyak orang. Jangan pikirkan apa yang orang lain bilang, fokus pada tujuan yaitu memberikan informasi menarik untuk para penikmat youtube.

Ada yang mau ditambahkan dan sudah punya saluran youtube? Yuk, tulis dikolom komentar kita saling belajar bersama mengenai dunia baru buat gue ini. Jadi, sampai sini gue tanya. Segitu penting buat saling subscribe buat channel youtube kalian?

12 Replies to “Haruskah Saling Subscribe Ketika Membuat Channel Youtube?”

  1. Kalo menurut gue, kalau ingin youtube nya banyak yang like atau subscribe yah musti fokus dan konsisten. Kapan kamu subscribe hati aku #eh ??

  2. Tipsnya berguna banget buat youtbers pemula kaya ane..
    btw ane ga bisa promote channel ane disini ya?hahaha

  3. Saya termasuk juga yang ga ikut-ikutan saling subscribe begitu. Simple sih. Kita biasanya subscribe karena ada ketertarikan atau kesamaan interest.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *