aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Lika-Liku Perjalanan Channel Youtube Aldy Terren Putra


By on January 25th, 2018 in Youtube

Channel youtube gue? Udah pada tahulah apa, kalau kalian cari nama pasti kalian nemunin gue. Tapi, dengan foto tampak samping karena gue ga ada foto tampak depan. Haha.. Iya, karena youtube punya kebijakan baru untuk mendapatkan penghasilan gue mau coba ceritain dulu asal muasal channel youtube gue disini.

Jujur, ini gue buat karena ngeliat artikelnya kakak Lia yang INI. Jadi, kenapa ga gue buat artikelnya tentang channel gue. Meskipun, gue udah sering bikin tulisan tentang youtube sih di gue ini. Kalau belum tahu, mending kalian cari, atau kalau malas tinggal klik aja DISINI buat ngeliat artikel gue tentang youtube yang lain ya.Oke, daripada kebanyakan ceritarandomnya mending gue mulai aja deh.

Awal Mulai Bikin

Gue bikin channel awalnya itu tahun 2012, tapi ya gitu tujuan awalnya iseng untuk bikin konten yang namanya re-uploaddan kontenslideshow doang. Entah mengapa, awal gue ngebuat konten itu kok ngerasa ga nyaman dan tujuan gue langsungmonetasi channel gue itu. Karena ga nyaman, akhirnya gue diemin sampai tahun 2013.

Awal tahun 2014, gue mulai berani upload video dengan kualitas seadanya. Tema yang gue angkat itu namanya #WeekdaysMagic dimana gue ngebuat konten video setiap hari 1 video dan isinya adalah trik sulap, bukan membongkar tutorialnya.

Ini video pertama gue, lihat sendiri aja gimana buruknya ini video. Meskipun, sekarang juga masih sama buruknya sih :)

Kenapa akhirnya gue bisa bikin channel ini? Apa tujuannya? Karena tahun ini, fitur monetasinya sudah tidak aktif aliasbanned. Tujuan gue adalah untuk media promosi teman-teman yang ada didunia sulap dan mengeluarkan permainan barunya di channel youtube gue. Kenapa kepikiran gitu?

Karena gue ngeliat, banyak banget toko sulap yang tidak mendapatkan promosi yang cukup menarik dan medianya hanya sebatas itu saja. Hasilnya? Jadilah channel ini.

Channel Terbengkalai Dan Sibuk Urusan Lain

Sempat memulai dan akhirnya gue gabung sama teman-teman bisamagic.com yang sekarang sudah entah kemana, tapi channelnya masih ada. Channel gue bener-bener terbengkalai dan ga ada yang urusin. Sempat mikir, apa gue matiin aja? Gue upload di channelnya bisamagic? Entah, karena gue waktu itu emang ngerjain itu dan fokusnya kesana. Sampai nama bisamagic cukup besar dan berjalan 1 tahun penuh, akhirnya menghilang juga sampai sekarang.

Setelah itu selesai, tahun 2015 gue mulai upload video yang kualitasnya masih blur karena bukan gue yang ambil videonya. Mau lihat? Lihat sendiri nih, video pertama yang ngebuat gue mulai fokus lagi karena yang nonton waktu itu sampe ribuan. Gimana ga semangat, upload video pertama lagi yang nonton ribuan. Nih videonya!

Sampai akhirnya video itu sekarang 12 ribu views. Mulai lagi deh gue upload video ke channel gue dan membuat channel itu berkembang dengan sendirinya.

Perkembangan

Jujur-jujuran sama gue, ketika gue bikin channel ini asli deh perkembangannya ngeselin. Sampai gue mikir, apa harus salins subscribe nih? Dan munculah artikelHaruskah Saling Subscribe Ketika Membuat Channel Youtube?Kenapa? Ya ga penting juga saling subscribe, percuma subscribers banyak ga ada yang nonton.

Akhirnya, gue coba sendiri gimana caranya biar penontonnya banyak, subscribersnya banyak tanpa harus melakukan itu. Munculah artikel sederhana gue gimanaCara Mendapatkan Viewers Youtube Ala Gue!Terus, sekarang gimana? Alhamdulillah, ga pernah saling subscribe tapi nambah terus dan terjadilah sebuah kecelakan akhir-akhir ini.

Munculnya Kebijakan Baru dan Penonton Berkurang

Munculnya kebijakan baru, dimana ingin mendapatkan penghasilan dari youtube harus memenuhi syarat ini:

  1. Total jumlah penonton 10.000,
  2. Total waktu tonton 4.000 jam, dan
  3. Total subscribers harus 1.000

Ini buat beberapa yang baru memulai kontennya terasa amat susah. Tapi, bagus untuk kelangsungan ekosistem youtube itu sendiri. Jadi, pembuat konten yang baru lebih memikirkan kualitas dibandingkan jumlah penonton dll. Kenapa? Kok sampe segininya sih youtube? Coba lihat aja sendiritrending tab youtube kalian, isinya apa? :)

Lantas kecelakaan dan kesalahan gue berikutnya ada pada penempatan judul video. Karena tahun 2015 gue mulai dengan konsep yang baru, banyak kesalahan yang terjadi. Kalian baca sendiri DISINI deh, udah gue tulis kok. Sekarang, orang-orang yang datang ke video gue hanya sebatas melihat judulnya. Kalau bukan tulisan TUTORIAL mereka tidak akan datang, padahal isinya tentang TUTORIAL.

Well, buat kalian yang baru mulai channel youtube tetap semangat. Konten kalian adalah rajanya, tapi jangan pernah berpikir bahwaadsense adalah segalanya. Kenapa? Karenaadsense Indonesia, tidak begitu besar & hanya sebagai bonus semata. By the way, udah subscribe channel gue? Kalau belum KLIK DISINI ya. Tapi kalau udah subscribe, selamat menikmati konten yang gue kasih ya, sob :)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Baca Juga  SEO Untuk Youtube: Pemasalahan Dengan Hashtag di Video!

One thought on “Lika-Liku Perjalanan Channel Youtube Aldy Terren Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *