aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Perbedaan Headphone, Headset, Earphone & Handsfree


By on July 21st, 2018 in Gadget

, , , mungkin sudah banyak teman-teman tahu. Tapi, ada juga yang masih salah sebut antaraHeadphone, , dan . Sama aja kaya gue, kadang headset gue sebut headphone, kadang sebaliknya. Nah, biar ga salah lagi coba gue bantu jelasinya secara detail ya.

Sebenarnya, dari keempat barang yang gue sebutkan diatas memiliki fungsi yang sama. Untuk kebutuhan mendegarkan audio, baik menggunakan mobile phone, pc ataupun laptop. Tapi, apa sih yang membedakan diantara keempat barang tersebut? Ini dia penjelasannya.

Baca Juga  Cara Menutup Aplikasi Samsung Galaxy Tab

Headphone, Headset, Earphone &

Headphone

Headphone

Headphone merupakan aksesori alat dengar sederhana yang hanya bisa digunakan untuk mendengarkan tanpa bisa digunakan untuk komunikasi. Biasa kualitas suara headphone bagus karena memang didesain hanya untuk audio saja sehingga sangat cocok buat kamu yang selalu mendengarkan musik.

Headset

Headset

Headsetmerupakan headphone dengan tambahan mikrofon sehingga tidak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan, tetapi juga untuk komunikasi. Headset idealnya diguanakan untuk berkomunikasi seperti via Skype,call center maupun video call yang lainnya. Headset maupun headphone lebih sering dipasang pada PC atau laptop.

Earphone

Earphone

Kalau dilihat dari kegunaannya,earphone sebenarnya tidak jauh beda dengan headphone. Namun earphone memiliki bentuk yang mungil sehingga gampang dibawa ke mana-mana. Makanya,earphone lebih sering dipakai untuk perangkat mobile.

Handsfree

Handsfree

Handsfree ini merupakan earphone yang diberi tambahan tertentu seperti mikrofon dan tombol fungsi. Lewat tombol fungsi tersebut, pengguna bisa menaikkan atau menurunkan volume dan menerima atau memutus panggilan.

Handsfree inilah yang biasanya disertakan dalam dashbook smartphone seperti yang kamu miliki. Berkembangnya teknologi, saat ini banyak pula bluetooth handsfree yang bisa digunakan tanpa kabel yang dianggap mengganggu. Tapi memang karena earphone dan handsfree hampir sama, banyak orang yang lebih sering menyebut earphone ketimbang handsfree.

Gimana? Udah cukup jelas sama apa yang gue tulis diatas belum? Sekarang, kalian tahu harusnya mana yang kalian gunakan ketika kalian ingin meminjam kepada teman kalian sendiri. Mulai dariHeadphone, Headset, Earphone sampai Handsfree. Jangan salah sebut lagi ya, pas mau pinjam headset.

4 thoughts on “Perbedaan Headphone, Headset, Earphone & Handsfree

  1. serupa tapi ga sama ya, saya kira headphone dan head set itu sama saja, ternyata perbedaaan mikrophone.

    kemudian handsfree ternyata berbeda juga yg saya tahu sama dgn headset

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *