Pengalaman Kartu Sim Indosat Tidak Bisa Terima SMS Dari Manapun!

Kartu Sim Indosat Tidak Bisa Terima SMS

Indosat tidak bisa terima sms? Bahkan kartu sim indosat yang gue pakai tidak bisa menerima sms otp. Tenang, ini solusi buat kalian semua. Kalau kalian merasakan itu, berarti kita sama-sama ngalamin hal yang bikin pusing seada-adanya. Setuju ga? Tapi, itu dulu sampai akhirnya kartu sim indosat gue bisa dipakai secara normal lagi sampai sekarang.

Kartu Sim Indosat Tidak Bisa Terima SMS

Pengalaman Kartu Indosat Tidak Bisa Terima Sms

Ini cerita bakalan panjang banget, kenapa? Karena asal muasal-nya udah dari 3 bulan lalu, tepatnya 15 Oktober 2019. Ini gue lupa lagi mau ngapain, kalau gak salah pas lagi mau login ke aplikasi myIM3 yang perlu verifikasi pakai OTP tapi kartu indosat tidak bisa terima sms apa-apa sama sekali. Alhasil, gue penasaran karena pas nanya sama CS-nya cuma dibilang “aktifkan sms premium” di smartphonenya. Googling sana-sini, gak ada yang sesuai, cuma dikasih tahu kaya gini:

  • Masuk Pengaturan
  • Pilih Aplikasi (Pada smartphone samsung masuk ke pilihan general lalu aplication manager).
  • Geser ke sebelah kanan pada menu Semua atau ALL.
  • Pilih aplikasi Messages (nama aplikasi bisa berbeda-beda sesuai tipe hp kamu, bisa bernama Perpesanan, Text messages, MMS, dsb, silahkan cari yang sesuai dengan hp kamu intinya aplikasi untuk pesan)
  • Geser ke bawah kemudian pada bagian Permissions. Ganti dari Never allow ke Always Allow.

Sempet coba dipraktikan ke smartphone gue yang gak bisa terima sms dan ternyata tidak berhasil. Terus, karena penasaran gue coba kirim sms dari nomor gue yang lainnya. Takutnya, kartu indosat gue sudah hangus. Tapi hasilnya? Ternyata emang kartu indosat tidak bisa terima sms, bukan hanya yang premium tapi semua provider lain.

Akhirnya, gue coba telepon nomor contact center indosat via nomor biasa (021) 30003000 atau 185 untuk membuat pengaduan. Takutnya, bukan masalah di hp gue yang gak bisa terima sms tapi emang provider yang sedang bermasalah.

Bukan cuma itu, beberapa kali juga kirim pesan melalui akun twitter resminya mereka, seperti gambar dibawah ini:

Indosat Tidak Bisa Terima SMS

Kok bisa gue DM, gue telp dll? Karena, beberapa aplikasi yang gue daftarkan mengharuskan menggunakan OTP untuk masuk ke dalam aplikasnya, cukup repot juga kalau harus verifikasi menggunakan panggilan telepon. Anehnya, ketika gue membeli paket data melalui USSID mereka gue bisa dan secara otomatis bisa langsung menggunakan aplikasi myIM3 mereka tanpa harus menggunakan OTP yang dikirimkan.

Setelah berhasil masuk, gue gunakan “Tanya Indira” melalui aplikasinya. Apa yang gue dapatkan? Ternyata, memang semua sudah terkoneksi detail karena ketika gue menanyakan hal yang sama sudah dibuatkan laporan. Alhasil, gue hanya meminta untuk proses percepatan perbaikan. Memang, disebukan maximal 3×24 jam untuk diselesaikan. Tapi, secara kenyataan cukup 2 hari saja mereka melakukannya.

Solusi Kartu Indosat Tidak Bisa Terima Sms

Lantas, bagaimana solusi kartu indosat tidak bisa terima sms? Silahkan lakukan hal yang gue lakukan:

  • Telepon CS mereka melalui nomor telepon yang gue sebutkan diatas,
  • Pastikan bertanya melalui akun social media mereka, 
  • Untuk konfirmasi apakah sudah dibuatkan laporan, bisa langsung menggunakan aplikasi myIM3 melalui fitur “Tanya Indira”
  • Ceritakan yang jelas apa yang terjadi, kapan dan semua kronologi yang kalian alami kepada semua CS yang gue sebutkan diatas.

Kalau mau dapat kuota IM3 7.5GB setiap hari, kalian bisa klik disini dan masukan kode CTYLRP

15 Oktober 2019 sampai hari ini, baru selesai diproses karena hal yang gue anggap sepele. Pada kenyataanya, hanya membutuhkan waktu 2 hari untuk selesai setelah melakukan masalah gue. Ada yang punya cerita lain mengenai hal ini? Atau mungkin ada yang masih belum bisa, boleh share pengalamannya ketika kartu indosat tidak bisa terima sms dikolom komentar, ya :)

22 Replies to “Pengalaman Kartu Sim Indosat Tidak Bisa Terima SMS Dari…”

  1. Bang gue juga punya kasus yang sama kayak cerita diatas, bedanya gue sampe sekarang belum nemu solusi, udah nyoba ke Grapari Indosat di Semarang dan udah diganti kartu baru (dengan nomor yang sama) juga ttp gk ngaruh
    Kira2 bisa bantu nggak bang? Kalo kira2 abang bisa bantu hubungi saya lewat email ya bang

    1. saya juga ngalamin bro, sempet bener selama beberapa minggu setelah ganti kartu, eh skrng error lagi dan tidak bisa nerima sms buat OTP dll

      1. gw juga ngalamin ni bro, nomer gw buat nelpon dan SMS bisa tp buat nerima sms ga bisa.

        Gw ikutin tp cuma lwt DM twitter utk laporan, Setelah buat laporan, nomorku ditelpon sistem 185 bilangnya sdg ditindak lanjuti,

        Tp sampai sekarang masih belum ada info lg. mudah2an cpet kelar, Krn butuh bgt buat nerima SMS.

  2. Saya juga punya masalah yg sama ma abang, saya da ganti kartu baru dgn nmr yg sama di gerai indosat, tetapi tetap tidak bisa. Saya da buat laporan pengaduan by online dan suruh nunggu 3×24 jam seperti abang. Kira² kalau kartu kita sudah kembali normal apa ada notifikasi dari indosatnya ya bang? Semoga berkenan menjawab. terimakasih

    1. Kalau berdasarkan pengalaman sih, langsung ada sms masuk dari Indosat / yang kirim sms.

  3. Kartu Indosat saya juga seperti itu,, gk bisa terima SMS masuk info solusinya ya terima kasih

  4. Sekarang saya lagi mengalami, awal emang ga bisa menerima sms, tapi sekarang ga ada sinyal dan kartu sim ditolak, itu kenapa ya bisa kasih solusi?

    1. Kemungkinan, kartu simnya udah hangus atau terblokir. Kalau udah kaya gitu, biasanya harus terblokir.

  5. Hallo kak, saya udah coba telfon 185 tapi hanya suara cs otomatis saja, gimana lagi caranya ya;( nomor saya juga udah lama gak bisa nerima sms?

  6. Kayaknya sama deh seperti punyaku, bisa kirim SMS tapi gabisa nerima sms dari manapun kecuali dari Indosatnya kayak dari moboindosat, 363 dan 4444, selain itu sudah gak ada. Aku uda tanya melalui DM Twitter hasilnya nihil mereka berkali2 ngomong kalo pastikan nomor sms centernya itu uda bener, boro2 ganti nomor sms centernya, tapi apa boleh buat aku coba ganti tetep gabisa aja. Blm tau ini nextnya apa harus ke Gallery Indosat langsung apa by phone soalnya pandemi gini masih takut keluar.

    1. Kalau kemarin, gak sampe ke galeri sih. Cuma langkah diatas aja, terus bisa lagi. Emang kudu diingetin terus menerus :)

  7. Saya sudah masuk via apk nya tapi saya tiba2 keluar trs ini masuk lagi GK bisa soalnya GK dpt kode verifikasi lewat sms
    Lali bagaimana ? Nama Ig Indosat apa ya kak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *