Menyalin Atau Menggandakan Tulisan (Duplicate) di WordPress

Duplicate Tulisan

Untuk pengguna wordpress, terkadang ingin tahu bagaimana cara menggandakan tulisan (duplicate) yang ada didalam blognya kemudian disesuaikan kembali. Pertanyaan gue ketika ingin menulis konten yang mirip adalah “Gimana sih duplicate tulisan (duplicate post) di wordpress biar cepet? Ribet banget kalau harus copy-paste kalau temanya serupa. Ada caranya ga ya?” 

Hasil perburuan informasi yang gue dapat, ternyata ada sebuah plugin untuk menggandakan (duplicate) tulisan yang memudahkan gue untuk melakukan hal itu. Bukan cuma artikelnya aja yang digandakan, tapi semuanya bisa kita atur mana yang mau kita gandakan. Mulai dari tag, tittle, description dll. Barulah setelah terduplikasi gue sesuaikan. Pakai apa tuh? Nama plugin itu adalah Duplicate Post.

Kenapa sih harus pakai plugin untuk menggandakan tulisan? Kan bisa cara manual, satu persatu kita tetap mengeluarkan effort yang lebih. Saat itulah fitur duplikat halaman di WordPress sangat berguna. Demikian pula untuk posting, kalian mungkin perlu mengerjakan draft lama dan posting yang dipublikasikan di situs WordPress kalian.

Kalian bisa mengedit posting dan mulai mengerjakannya. Namun, ini mungkin bukan situasi ideal dalam beberapa kasus. Misalnya, beberapa penulis lain mungkin mengerjakannya, atau Anda mungkin ingin menyimpan kedua draft tersebut. Mari kita lihat cara mudah menggandakan (duplicate) tulisan atau halaman WordPress hanya dengan satu klik

Cara Duplicate WordPress Post atau Halaman

  1. Silahkan Install dan aktifkan plugin duplicate post.
  2. Untuk menggadakan (duplicate) pages, silahkan kalian klik Pages pilih All Pages.
  3. Arahkan kursor ke halaman atau post yang ingin digandakan. Ada dua opsi baru di sini – Clone dan New Draft.
  4. Klik Clone untuk membuat versi salinan dari post yang telah Anda pilih.
  5. Klik New Draft untuk membuat versi salinan dari post yang telah Anda pilih, kemudian buka editor post jika ingin mengeditnya. Di editor post, Anda bisa menyimpan atau langsung mem-publish-nya.
  6. Untuk menggandakan (duplicate) tulisan, kalian tinggal pilih ke tulisan yang ingin kalian gandakan, kemudian lakukan langkah nomor 3 dan seterusnya.

 

Gampangkan? Mulai dari install sampai cara menggunakannya sudah lengkap. Nah, sekarang tinggal kalian mau menggunakannya untuk apa? Mungkin, ada yang ga mau ribet kaya gue ya silahkan install plugin yang satu ini. Kalau kalian mau cek, apakah ada duplikat konten dalam blog kalian, silahkan baca artikel gue disana. Kalau ada yang mau kalian tanyain, silahkan tulis dikolom komentar mengenai cara menggandakan tulisan (duplicate) ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini