Tips Memilih Kamera Untuk Vlog Sesuai Kebutuhan

Kamera Untuk Vlog

Kamera untuk vlog, akhir-akhir ini cukup banyak diminati orang yang ingin memulai konten di youtube. berapa harga kamera untuk vlog? Padahal, seperti kalian semua tahu bahwa sudah ada perubahan untuk mitra atau partner yang mengunggah video disana. Bisa dibaca sampai selesai, biar kalian tahu apa saja tips memilih kamera yang sesuai.

Kamera vlog sendiri pada dasarnya bisa menggunakan kamera apapun, baik itu kamera dslr yang memiliki 24 megapixel atau kamera mirorrless. Tidak terkecuali menggunakan kamera smartphone yang kalian miliki. Contoh sederhana vlog artist yang menggunakan ini adalah Soleh Solihun, dimana beliau hanya merekam tanpa menggunakan kamera seperti kebanyakan para pembuat konten yang sudah ternama.

Tips Memilih Kamera Untuk Vlog

Kamera Untuk Vlog

Pada dasarnya, untuk membeli kamera yang kalian gunakan untuk kegiatan vlogging atau membuat konten video itu sendiri harus memiliki layar yang bisa diputar-balikan. Mengapa? Karena ini memudahkan kita untuk melihat apakah wajah kita masuk didalam layar, atau tidak terlihat ataupun terpotong saat merekam video.

Layar LCD Bisa Ditekuk

Seperti yang gue bilang diatas. Ini adalah hal wajib untuk kalian yang mau memulai ngevlog. Miliki kamera yang layarnya bisa ditekuk hingga 180 derajat agar kalian bisa melihat wajah kalian sendiri. Bagaimana jika kalian hanya menggunakannya dirumah?

Ini kalian tidak perlu menggunakan yang mahal, apabila layar LCD tidak bisa ditekuk, cukup letakan kaca dibelakan kamera kalian agar bisa melihat apakah kalian “inframe” atau “outframe”, sesederhana itu.

Terdapat Penghubung Audio

Ini juga penting, karena suara yang kalian hasilkan akan sangat tergantung pada microphone yang ada pada kamera kalian. Sebenarnya, tidak menjadi begitu masalah dengan hal ini. Tapi, suara yang akan dihasilkan dengan microphone bawaan kamera kalian akan menjadi sangat lebar.

Maksudnya, suara dari manapun akan masuk dan terdengar sama dengan suara kalian. Contoh sederhana kalau kalian lagi ngevlog diluar ruangan, semua suara yang ada disekitar kalian akan memiliki kesempatan yang sama besarnya dengan suara kalian.

Nah, kalau ada “jack audio” yang bisa kita gunakan untuk menggunakan microphone tambahan agar menjadi lebih baik kualitas suara yang dihasilkan.

Lensa Wide Lebih Baik

Pada dasarnya, lensa bawaan ketika kalian membeli kamera untuk vlog sudah cukup lebar. Ada yang memulai dari 18mm sampai 10mm. Bisa dijadikan prioritas apabila lensa bawaan sudah cukup lebar, seperti 10mm yang lebih lebar dari yang biasanya.

Harga Kamera Untuk Vlog dan Tipenya

3 hal diatas sebenarnya menurut gue hal yang harus diprioritaskan ketika kalian ingin membeli kamera untuk vlog. Diluar itu, spesifikasi dan harga mungkin jadi pertimbangan lainnya sebelum membeli kamera yang ingin kalian gunakan. Apa saja sih yan harganya cukup terjangkau untuk?

Canon EOS M10

Canon EOS M10

Kamera ini cocok buat kalian yang memang baru memulai nge-vlog. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, namun memberikan kualitas yang baik, Canon EOS M10 adalah pilihan paling tepat. Kamera ini pun dilengkapi dengan LCD 3 inci dan dapat ditekuk sampai 180 derajat.

Kekurangan dari produk yang satu ini memang tidak adanya “jack audio” yang memungkinkan kita menambah microphone agar lebih baik, untuk kondisi yang lengkap dengan audio tambahan kalian bisa menggunakan EOS M3 dengan harga yang cukup Lumayan,

Tapi, bagaimana dengan hasil yang dihasilkan tanpa audio tambahan? Kalian bisa lihat video didalam ruangan yang gue rekam menggunakan Canon EOS M10, disini.

GoPro – Hero 5 Black

GoPro Hero 5

Dengan desain yang unik dan mudah dibawa, GoPro Hero 5 Black adalah rekomendasi yang tepat untuk paravlogger.Salah satu yang menjadi andalan dari kamera GoPro adalah siap dibawa ke luar ruang. Kamera ini bisa digunakan untuk merekam ke dalam air hingga 10 meter.

Kelebihannya ada pada lensa wide, dan GoPro mampu merekam video 1080P pada 120fps, 4K pada 30fps. Dengan fitur yang cukup seperti diatas,kalian bisa memiliki kamera ini dengan harga sekitar Rp5 juta. Cukup terjangkau untuk yang ingin memulai pertama kali :)

Panasonic – Lumix LX10

Lumix LX10

Panasonic Lumix LX10 ini mempunyai sensor 1 inch serta lensa 24-72 mm dengan bukaan diafragma F1.4-2.8. Sehingga setiap video yang dihasilkan akan detail dan tajam. Menariknya, kamera ini telah dibekali 5 axis Hybrid OIS+. Jadi akan tetap stabil untuk merekam video full HD. Untuk membuat video yang detail, Panasonic Lumix LX10 dijual di kisaran harga Rp 9 jutaan.

Kamera Vlog Mana Yang Sesuai?

Sebenarnya, masih ada beberapa tipe kamera yang menurut gue mumpuni dalam segala hal yang bisa kalian miliki dan gunakan untuk vlog yang ingin kalian buat. Namun, angka yang tertera berada diangka yang luar biasa. Seperti, Panasonic Lumix G85 dan lainnya.

Untuk memulai vlogging atau membuat konten video yang akan kalian unggah, sebenarnya cukup menggunakan kamera smartphone atau apapun tipe kamera yang kalian miliki. Manfaatkan apa yang kalian punya dengan mengedepankan konten apa yang akan kalian suguhkan, bukan karena seberapa bagus kamera untuk vlog yang kalian miliki.

12 Replies to “Tips Memilih Kamera Untuk Vlog Sesuai Kebutuhan”

    1. Yaps, ini beberapa aja karena alasan budget yang kalau diatas itu harganya luar biasa mengerikan :)

  1. kayaknya GoPro Hero 5 Black udah cukup powerfull bagi pemula yang ingin terjun ke dunia vlog, makasih mas jadi lebih tau. hehe

  2. Okee setuju banget , vlogger harus menghasilkan gambar yang berkualitas dalam video blognya..

    Jadi harus pakai kamera berkualitas, thanks mas tipsnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *