aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Untung Rugi Menggunakan Rekening Bersama Ketika Belanja Online


By on May 15th, 2018 in Lain - Lain

Siapa yang belum pernah dengar tentang rekening bersama? Pasti semuanya yang suka belanja online pernah dengar dong. Biasanya banyak yang disingkat rekber. Sebenarnya, rekening bersama merupakan layanan rekening yang menampung dana transaksi jual beli online.

Fungsi utama dari rekening bersama ini adalah sebagai perantara atau pihak ketiga yang menjembatani transaksi pembayaran antara penjual (merchant) dengan pembeli sehingga nantinya tidak ada pihak yang dirugikan jika terjadi resiko pada saat proses pembelian berlangsung.

Metode pembayaran dengan menggunakan rekening bersama ini sebenarnya sudah dikenal lebih lama di luar negeri dengan istilah nama Escrow Service (ES). Di Indonesia sendiri, rekening bersama baru mulai dipopulerkan oleh KasKus. Setelah itu beberapa situs jual beli online lainnya ikut menerapkan sistem rekening bersama.

Bagaimana sistem kerja rekening bersama di marketplace online?

Cara kerja rekening bersama sebenarnya sangat simpel dan tidak ribet karena lebih mudah digunakan.Misalkan saja, kalian ingin membeli handphone seharga Rp2 juta. Saat proses pembayaran berlangsung, kalian tidak boleh mentransfer dana ke rekening toko tersebut, tapi harus melakukan pembayaran ke rekening bersama milik penyedia tempat tersebut.

Untung rugi belanja online di marketplace dengan rekening bersama

Keamanan lebih terjamin

Keamanan transaksi pembayaran akan lebih terjamin. Pasalnya kalian tidak langsung membayar kepada penjual, tapi melalui pihak ketiga yang akan bertanggung jawab pada proses jual-beli barang. Penjual tidak akan memiliki ruang untuk menyalahgunakan kepercayaan pembeli dengan melakukan penipuan karena selama barang belum sampai di tangan pembeli, maka uang tidak akan diberikan kepada penjual oleh pihak ketiga.

Barang yang tak sesuai bisa dibatalkan

Adanya penggunaan rekening bersama memang sangat menguntungkan pihak pembeli. Selain bisa terhindari dari penipuan, kalian juga bisa membatalkan transaksi jika barang yang didapat tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera.

Apabila barang tersebut cacat atau tidak sesuai dengan apa yang tertera di deskripsi produk, maka kamu bisa mengembalikan barang tersebut kepada penjual dan dana yang sudah kamu transfer akan dikembalikan kepadamu oleh pihak ketiga.

Kepercayaan terhadap penjual lebih tinggi

Keuntungan yang didapat tidak hanya bisa dirasakan oleh pembeli, tapi juga penjual. Bagi para penjual yang menggunakan rekening bersama, mereka akan mendapatkan kepercayaan dari pembeli karena kebanyakan orang yang berbelanja online selalu was-was jika akan terkena modus penipuan seperti barang yang dipesan tak kunjung datang.

Dengan menggunakan rekening bersama, pembeli akan lebih percaya pada penjual karena jika barang yang dipesan tak kunjung datang, maka dana yang sudah terlanjur di transfer bisa dikembalikan lagi.

Proses pengiriman barang lebih lama

Jika poin-poin di atas merupakan kelebihan dari penggunaan rekening bersama, poin yang ini merupakan kekurangan dari rekening bersama. Berhubung proses jual-beli tidak hanya melibatkan dua pihak (pembeli dan penjual) karena adanya pihak ketiga yang menjembatani, maka proses pengiriman barang akan lebih lama.

Kalau kalian mentransfer langsung ke penjual, maka pihak penjual bisa langsung mengirimkan barang. Tapi jika menggunakan rekening tersebut, pihak ketiga harus mengonfirmasi terlebih dahulu, baru setelah itu memberitahukan kepada penjual sebelum akhirnya penjual bisa mengirimkan barang ke alamatmu.

Tambahan beban biaya

Hal ini perlu kamu ketahui kalau ada tanggungan biaya yang harus kamu bayarkan ketika menggunakan layanan rekening bersama. Memang jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi tetap saja kamu harus mengeluarkan dana lebih setiap melakukan transaksi.

Meski dibebankan kepada pembeli, tapi kisaran biaya ini tergantung dari kebijakan penjual dan pihak ketiga yang menggunakan rekening bersama. Biasanya, tarif penggunaan rekening bersama ditentukan dari nominal total belanja.

Semoga dengan adanya informasi di atas, transaksi pembayaran yang kalian lakukan dengan rekening bersama bisa jadi lebih lancar. Selain itu, jika kalian ingin mendapatkan tambahancashback dari beberapa toko online kesayangan kalian. Silahkan langsung ke Excite Shop untuk melihat promo menarik dari toko online kesayangan kalian.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Baca Juga  Pengertian Page Impressions CTR dan eCPM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *