Smartphone Android Sebagai Webcam

Begini Cara Menggunakan Smartphone Android Sebagai Webcam

Smartphone Android Sebagai Webcam

“Gimana ya caranya biar smartphone gue bisa dipake jadi webcam?” Mungkin itu yang menjadi pertanyaan gue selama ini, karena gue tahu kamera yang gue gunakan sekarang hasilnya tidak cukup bagus untuk sebuah video yang akan gue buat.

Pertanyaan itu bisa saja menjadi pertanyaan kalian juga, dan kali ini gue mau kasih tahu untuk kalian gimana cara menggunakan smartphone android sebagai webcam? Ya, setidaknya gue berbagi dengan apa yang gue tahu aja deh, kalau kalian udah tahu ya bagus tapi kenapa tak berbagi? Kalau belum tahu, ya semoga menjadi tahu :)

Agar kamera smartphone android kalian menjadi sebuah webcam, kalian membutuhkan sebuah aplikasi tambahan baik yang gratis ataupun berbayar yang bisa kalian dapatkan di situs resmi playstore. Apa saja aplikasi tersebut? Tenang, silahkan dlihat dibagian bawah ini ya, gue tulis beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan :)

DroidCam

Droidcam akan mengubah kamera smartphone android kalian menjadi webcam, aplikasi droidcam tersedia dalam dua versi, gratis dan berbayar. Aplikasi ini tersedia dan dapat kalian miliki melalui google playstore di smartphone kalian.

Ada dua cara agar droidcam bisa terkoneksi ke internet, pertama yaitu dengan menyambungkan kabel usb ke smartphone android, dan kamera handphone android akan langsung bisa di gunakan menjadi webcam. Kedua, dengan koneksi online, yaitu kalian cukup memasukkan alamat ip komputer ke dalam aplikasi droidcam, dan kalian sudah bisa menggunakan kamera smartphone kalian menjadi webcam.

IP Webcam

IP webcam juga bisa digunakan untuk mengubah kamera smartphone menjadi webcam, sama halnya seperti droidcam, aplikasi webcam mempunyai versi gratis dan berbayar. Namun, aplikasi ip webcam hanya bisa digunakan sebagai webcam melalui web browser.

epocCam

Aplikasi alternative webcam yang bisa gue sarankan adalah epocCam. Aplikasi ini tersedia secara gratis di google playstore, namun untuk menikmati fitur ini pengguna di wajibkan menginstall aplikasi sejenis driver di komputer.

Setelah driver komputer berhasil di aplikasikan dan aplikasi epoccam juga telah sukses terpasang di smartphone android kalian, langkah selanjutnya adalah:

  • Buka aplikasi epocCam,
  • Masuk ke menu pengaturan aplikasi epoccam, dan
  • Silahkan tambahkan alamat ip komputer atau laptop.

Sebagai tambahan, jika kalian menggunakan internet yang berasal dari beragam operator seluler yang ada di Indonesia, maka IP komputer yang akan kalian dapatkan adalah ip dinamis, sehingga jika kalian melalakukan disconnect, dan connect, maka ip address komputer anda juga akan berubah. Gimana, mudah bukan? Ada yang mau berbagi mengenai hal ini? Yuk tulis dikolom komentar, ya :)

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


6 comments on “Begini Cara Menggunakan Smartphone Android Sebagai Webcam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *