ATM Tertelan

ATM Tertelan Mesin? Kebanyakan Kalian Pernah Mengalaminya!

ATM Tertelan? Hayo ngaku siapa yang pernah ngalamin kaya gini? Apa yang kalian lakukan ketika kalian mengalaminya? Jujur, gue baru aja ngalamin hal ini. Panik? Udah pasti, apalagi ketika kalian lagi ga pegang uang tunai dan mau pergi ke suatu tempat. Eits, tapi apa sih yang harus kalian lakuin? Gue bakalan kasih sedikit tips ketika ATM kalian tertelan.

Penyebab Mesin

Mesin ATM Rusak DanError

Tidak ada mesin yang sempurna, sama halnya dengan mesin ATM yang sering kita gunakan. Mesin ATM kerapkali mengalami gangguanerrordengan kerusakan yang sebabkan berbagai macam hal. Salah satunya datang dari satelit yang sedang mengalami gangguan.

Kalau kalian menggunakan mesin ATM yang rusak sebelum diperbaiki dan kalian tidak menyadarinya, kemungkinan mesin akan menelan kartu ATM yang kalian gunakan. Namun biasanya, kebanyakan mesin rusak akan menolak kartu ATM kita.

Listrik Mati Saat Menggunakan Mesin ATM

Semua orang mengetahui jika ATM memerlukan listrik untuk beroperasi, matinya listrik menjadi salah satu penyebab kartu ATM tertelan. Mesin ATM bukanlah suatu mesin yang dapat menyimpan daya sepertilaptopataupunhandphone.

Hal ini sudah ditanggulangi pihak bank dengan menyediakangenerator systematau sering dikenal dengan sebutan genset. Namun, genset tidak selalu menjamin mesin ATM akan aman dari pemadaman listrik. Jika sudah seperti ini sudah dipastikan kartu ATM tertelan oleh mesin ATM.

Salah Memasukan PIN ATM

Penggunaan kartu ATM yang dilengkapi dengan PIN akan membuat kartu ATM kalian aman sekalipun hilang dan digunakan oleh orang lain. PIN ATM harus benar-benar diingat agar kartu ATM tidak tertelan mesin. Salah satu kesalahan orang yang menyebabkan kartu ATM tertelan, yaitu karena lupa PIN.

Meskipun mesin normal, namun jika pengguna lupa PIN dan tetap dipaksakan menginputnya sampai berkali-kali, kartu ATM bisa tidak mau keluar lagi alias tertelan. PIN pada kartu ATM sangat penting kerahasiaannya, karena jika sekalipun ada orang yang mencoba membobol kartu ATM yang kalian miliki.

Cara Menangani Jika Kartu

Setiap masalah tentu ada solusinya, begitu halnya dengan kartu ATM yang tertelan. Berikut 3 langkah yang harus dilakukan jika kartu ATM yang kalian gunakan tertelan oleh mesin ATM tersebut.

Tenang dan Jangan Panik!

Jika kartu ATM tertelan, hal paling utama yang harus dilakukan adalah jangan panik. Panik hanya akan membuat suasana menjadi tambah kacau. Kalian mungkin sering lihat berita tentang modus-modus penipuan yang sering berlangsung di ATM?

Modusnya ya ga jauh-jauh seperti adanya dua orang yang menawarkan bantuan untuk mengeluarkan kartu, hingga nomorcustomer carepalsu yang ditempelkan di mesin ATM. Usahakan diri agar tetap tenang!

Jangan bergeser dari mesin ATM jika ada kejadian janggal, seperti uang dan kartu yang tak keluar meski kalian sudah memasukkan PIN dan nominal uang yang akan kalian ambil. Waspadai orang-orang di sekeliling kalian. Segera telepon kecustomer care, untuk segera melakukan pemblokiran.

Segera HubungiCustomer ServiceBank Tersebut

Jika kartu ATM tertelan, segera teleponcustomer serviceBank yang bersangkutan untuk melakukan pemblokiran sementara. Biasanya pihak bank akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk verifikasi data. Pertanyaan yang umum diajukan adalah nama, alamat, nomor rekening, dan nama ibu kandung. Pemblokiran kartu ATM penting untuk menghindari penggunaan kartu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jangan lupa tanyakan juga persyaratan apa yang harus dibawa ketika berada di kantor cabang nanti agar kalian tidak bolak-balik ke bank. Pasalnya, berdasarkan pengalaman, ada bank yang akan meminta kita untuk menyertakan surat keterangan hilang dari kantor polisi. Biasanya persyaratan yang diminta adalah KTP dan buku tabungan. Jangan lupa untuk menyiapkan sejumlah uang untuk biaya administrasi.

Segera Datangi Kantor Cabang Terdekat

Hal terakhir yang harus kalian lakukan adalah datang ke kantor cabang terdekat untuk mengambil kembali kartu ATM yang tertelan. Berdasarkan pengalaman juga, biasanya kartu diganti dengan yang baru untuk mempersingkat proses pengembalian.

Diteller, kalian akan diminta untuk mengisi formulir dan lagi-lagi akan ditanyai beberapa pertanyaan seputar kartu seperti kapan kartu tertelan, di ATM mana, transaksi terakhir, dan sebagainya. Jika tak ada kendala, kartu ATM baru kalian akan selesai di hari itu juga.

Source: finansialku

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


2 comments on “ATM Tertelan Mesin? Kebanyakan Kalian Pernah Mengalaminya!

  1. kalo aku lebih konyol penyebabnya mas
    kartu ATM tertelan gara2 lupa diambil :D
    dan 2 kali terjadi seperti itu, yang pertama tahun 2014 dan yang kadua tahun 2017 ini (tepatnya 3 bulan yang lalu)
    dan sampe hari ini yang untuk yang kehilangan kedua belum aku urus
    jadi kalo ambil duit, transfer ke rekening istri dulu, hehe #konyolkan

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *