Helm Full Face atau Half Face?

Helm Full Face atau Half Face

Helm full face atau half face, ya? Jangan salah sebut diantara 2 tipe helm ini. Begini cara menentukan pilihan untuk kalian gunakan. Untuk para pengguna sepeda motor, tentunya akan sangat bingung dengan helm yang akan mereka gunakan. Apakah menggunakan helm full face atau cukup dengan helm half face?

Helm Full Face atau Half Face?

Pada awalnya, saya memang hanya menggunakan helm half face yang saya dapatkan dari pabrikan sewaktu saya membeli sepeda motor tersebut. Nyaman memang ketika menggunakannya, tidak perlu takut akan gerah yang melanda sewaktu berkendara, dan tentunya memudahkan saya untuk merokok karena saya seorang perokok.

Pertimbangan Memilih Helm full face atau half face

Cukup lama saya menggunakan helm half face pabrikan ini, sampai sewaktu ketika saya melihat sebuah kecelakaan dimana helm yang digunakan penumpang tersebut terpental cukup jauh dan untung saja sang pengendara masih selamat karena kepalanya tidak terbentur beda apapun disekitarnya.

Setelah berdiskusi dengan teman satu kantor saya pada waktu itu, @IzorWebId akhirnya saya memutuskan untuk mengganti helm half face standard pabrikan menjadi helm full face yang waktu itu saya belum mengetahui harganya. 

Ketika ada waktu senggang, saya menyempatkan diri untuk menanyakan harga helm tersebut ke daerah otista. Sebelumnya, saya sudah mencoba browsing harga melalui online shop yang menyediakan helm berbagai merk ini. Cukup terkejut melihat perbandingan harga yang ada di online shop & yg berada di Otista ini. Cukup jauh!

Butuh waktu 1 bulan saya mengumpulkan dana untuk mendapatkannya, dan saya memutuskan untuk menggunakan helm full face keluaran NHK, yaitu NHK Terminator. Untuk reviewnya, silahkan dilihat di artikel review helm NHK terminator.

Ada 2 alasan saya mengganti helm half face menjadi helm full face, yaitu :

  • Mengurangi resiko yang terjadi pada kepala saat terjadi kecelakaan (mudah2an sih tidak terjadi), dan
  • Mengurangi kebiasaan merokok saya sewaktu berkendara.

Nah, semua tergantung teman-teman pengendara. Apakah ingin menggunakan helm half face, atau memilih menggunakan helm full face demi keamanan kepala kalian saat berkendara. So, semua pilihan tergantung selera dan kesadaran diri sendiri.

Jenis Helm dan Perbedaannya

Selain kedua jenis helm diatas yang gue sebutkan, ternyata ada 5 jenis lainnya yang banyak diantara kalian gak kenal sama nama helm ini. Gak percaya? Gue sebutin, ya.

Open Face

Biasanya jenis helm yang kaya gini dipakai buat para pecinta motor klasik karena bentuknya juga klasik. Kalau kalian suka bepergian cukup jauh, atau touring. Helm ini gue gak saranin sih, kenapa? Karena gak ada perlindungan kaca buat nutupin bagian wajah kalian. Tapi, kalau kalian nyaman ya silahkan digunakan aja.

Off road

Helm jenis ini biasanya dipakai buat pembalap motor cross atau trail, tapi gak jarang juga banyak yang pakai buat harian untuk saat ini. Bagian dagu kalau dilihat lebih jelas, ada bagian yang menonjol dan kacamata khusus yang digunakan, tujuannya apa? Ini buat melindungi pengendara dari cedera akibat kecelakaan yang serius.

Dual Sport

Helm jenis ini cocok digunakan untuk berkendara dengan jarak yang sangat jauh maupun di medan yang sulit, kenapa? Karena mampu melindungi bagian kepala dan wajah dari berbagai halangan seperti angin, hujan, debu bahkan diharapkan mampu mengurangi risiko cedera jika terjadi kecelakaan.

Modular – Flip Up

Helm ini sebenarnya sama kaya full face, cuma bedanya helm jenis ini bisa diangkat bagian depannya sehingga menjadi seperti half face. Cocok buat kalian yang emang suka dipakai buat harian, karena pada dasarnya banyak yang gak suka sama gerah karena panas matahari ketika macet ataupun hal lainnya.

Shory Helmet

Helm jenis ini biasanya digunakan untuk para pengendara moge, helm ini hanya melindungi bagian atas kepala dan tanpa ditambah kaca atau bagian pelindung apapun untuk wajah. Penggunaan helm ini baiknya hanya untuk jarak dekat saja dan digunakan di medan aspal yang nyaman dan tenang.

Beberapa penjelasan diatas semoga bisa menambah pengetahuan kalian tentang helm ya. Semoga, kalian gak bingung lagi buat nentuin pilihan helm kalian. Mau pakai yang mana, terserah kalian. Setelah baca artikel ini kalian pilih Helm Full Face atau Half Face.

4 Replies to “Helm Full Face atau Half Face?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini