Fungsi Pelindung Rem atau Proguard

Fungsi Pelindung Rem

Siapa diantara kalian yang suka melihat balapan motogp? Pasti bertanya-tanya, apa sih fungsi pelindung rem yang ada di stang sebelah kanan itu? Lantas, mengapa hanya digunakan dibagian sebelah kanan dan sebelah kiri tidak? Padahal sama-sama ada handle bar disana? Iya, kali ini gue bakal jelasi buat kalian apa sebenarnya fungsi itu!

Sebelum lebih jauh tentang fungsi proguard atau pelindung rem ini, saya mau tanya dulu. Ada yang pernah lihat pembalap di Moto GP jatuh dan tuas remnya patah, ga? Nah, sebenarnya patahan tuas rem itulah yang bisa melukai jari kelingking para pembalap motogp. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini maka dibuatlah suatu sistem pelindung rem yang dikenal dengan proguard racing.

Sebelumnya, saya sudah pernah membahas mengenai tear off helm yang dianggap tidak begitu bermanfaat untuk penggunaan sehari-hari. Apakah fungsi proguard motor atau pelindung rem ini ada manfaatnya untuk digunakan sehari-hari? Nah, alat ini pertama kali dipatenkan oleh Rizoma, terbuat dari bahan plastic yang kuat, berfungsi melindungi tuas rem ketika jatuh.

Namun alat ini bisa juga berfungsi melidungi tuas rem dari senggolan atau tekanan yang tak diharapkan akibat sentuhan dengan pembalap lain. Dimana saat start atau ketika melahap tikungan pertama kemungkinan terjadi senggolan sangat besar.

Saat menikung dengan kecepatan tinggi sedikit saja sentuhan pada tuas rem akan membuat sistem pengereman bereaksi dan memberikan pengaruh gangguan pada ban. Gangguan pada ban saat posisi miring ketika melahap tikungan tentu saja bisa berakibat fatal. Untuk itu sekarang semua kelas sudah di wajibkan untuk menggunakan proguard sebagai salah satu item pengaman.

Awalnya proguard dianggap sebagai lelucon. Namun lelucon atau tidak, alat ini bisa melindungi para pembalap dari kecelakaan. Bagaimana kalau di luar lintasan balap atau penggunaan sehari-hari? Aapakah alat ini diperlukan? Mengingat tingkat kemacetan di kota-kota besar seperti di Indonesia sekarang, motor menjadi kendaraan andalan untuk menembus kemacetan.

Nyelip diantara kendaraan lain yang rapat tak jarang terjadi senggolan pada kaca spion atau tuas rem. Jika hanya spion atau tuas rem tidak begitu masalah karena nyelip juga dengan kecepatan rendah. Tetapi, bagaimana jika yang tersenggol adalah bagian jari kelingking kalian?

Bukan hanya biru, bahkan jika sangat parah senggolan yang terjadi bisa menyebabkan jari kalian tak bisa digerakan sama sekali. Gue sendiri beberapa kali terselamatkan karena kegunaan proguard dari menggunakan proguard ini, jari kelingking sebelah kiri terlindung dan sudah 2 kali mengganti proguard dikarenakan benturan yang terjadi. Lantas, masih mau berpikiran proguard atau fungsi pelindung rem ini tidak bermanfaat?


ARTIKEL MENARIK LAINNYA